by

Realme C Series Hadirkan C15, Gendong Baterai Besar 6.000 mAh

KalbarOnline.com – Belum genap satu bulan, Realme di Indonesia menghadirkan perangkat smartphone ekonomis C Series dengan model C11. Kali ini sudah meluncurkan varian yang lebih tinggi lagi untuk segmen yang sama, entry level. Perangkat yang baru tersebut adalah Realme C15, handset yang dijagokan sebagai ‘6.000mAh Mega Battery dengan 18W Quick Charge’.

Seperti jargon utamanya, handset ini tampil dengan menonjolkan aspek ketahanan baterai besar 6.000 mAh dengan fitur pengisian cepat 18 Watt. Baterai besar 6.000 mAh dengan 18 Watt quick charge di Realme C15 sendiri merupakan yang pertama bagi Realme dengan menjanjikan waktu stanby perangkat atau waktu siaga superpanjang hingga 57 hari.

Soal handset Realme C15, KalbarOnline.com sudah menjajal perangkat ini sebelum meluncur ke pasaran. Soal pilihan penyimpanan, Realme C15 hadir dengan tiga varian RAM/ROM yakni 3/64 GB, 4/64 GB dan 4/128 GB yang kesemuanya dapat diekspansi ruang simpannya hingga 256 GB. Perangkat yang kami jajal adalah varian 4/64 GB. Berikut ulasannya:

Kelengkapan
Untuk Realme C15, seperti halnya perangkat terdahulunya yakni Realme C11, tak banyak yang bisa diulas dari aspek ini. Sebagai perangkat dengan label harga terjangkau, Realme C15 seperti halnya perangkat terjangkau kebanyakan.

Dari aspek kelengkapan, selain masih datang dengan boks penjualan berwarna kuning seperti handset Realme lainnya beberapa tahun ini, perangkat C15 juga hadir minim aksesori mirip perangkat murah Realme terdahulu. Selain buku-buku panduan dan garansi, kabel USB Micro, charger dan SIM Tools Ejector tak ada lagi aksesori tambahan menyertai perangkat ini dalam kardus penjualannya. Hanya saja perangkat ini sudah terpasang anti gores layar langsung dari pabrik.

Desain dan Layar
Realme C15 tampil mirip dengan Realme C11 yang notabene adalah penerus dari Realme C2. Handset ini kini juga tampil segar dengan desain yang lebih kekinian dan sentuhan baru ala perangkat smartphone masa kini kebanyakan.

Dari sisi desain, Realme C15 yang disebut-sebut sebagai pilihan terbaik di segmen Rp 2 jutaan ini tersedia dengan dua pilihan warna menarik yang disebut sebagai Marine Blue (biru) dan Seagull Silver (silver). Realme C11 di bagian desain, utamanya di bagian belakang membawa sentuhan baru. Berbeda dari seri C sebelumnya, bagian belakang perangkat ini kini lebih bertekstur yang disebut Realme sebagai desain geometrik.

Diklaim diproses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi, setelah 300 menit pemolesan akhirnya 450+ lekukan diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus. Penggunaan teknologi ini membuat Realme C11 lebih berwarna, menarik, nyaman digenggam dan minim bekas sidik jari serta efektif mencegah goresan dan terpeleset dari tangan. Ini mungkin alasan juga mengapa Realme tak membekali perangkat C15 dengan aksesori jelly case tambahan.

Perangkat smartphone Realme C15 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Terbaru dari perangkat yang diklaim sebagai Entry-Level King smartphone untuk kelas harga Rp 2 jutaan ini dan sekaligus menandakan bahwa Realme siap hijrah ke desain baru juga adalah modul kamera yang kini dirancang berbentuk kotak atau square seperti yang sedang tren belakangan ini. Tren ini sebelumnya dipakai Google Pixel, Apple iPhone 11 Series, Samsung Galaxy S, A dan M Series baru dan Huawei P Series baru.

Dengan housing berbentuk square atau persegi, handset ini di sisi desain juga tampil apik dengan kini memiliki empat kamera atau quad camera utama. Ini merupakan kali pertama juga bagi Realme, menempatkan empat kamera utama di line-up C Series. Di bagian lain kamera, ada sebuah lampu senter atau LED Flash dan area pemindai sidik jari yang tepat diletakan di area tengah atas bagian belakang perangkat.

Pada bagian muka, Realme C15 hadir dengan bentang layar mini drop seluas 6,5 inci yang lega dengan rasio layar ke bodi yang juga tinggi yakni mencapai 88,7 persen. Panel layarnya sendiri masih LCD, khas perangkat smartphone murah untuk bisa menekan harga dengan kemampuan atau resolusi HD Plus 720 x 1.600 piksel.

Pengalaman selama menggunakan smartphone ini meski layarnya masih LCD, di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya cukup bisa tampil dengan baik. Tingkat kecerahan tinggi yang ditawarkan cukup bisa mengimbangi penggunaan siang hari yang terik. Interaksi di dalam layar juga terbilang baik, responsif dan pengalaman sentuh dan bidang genggam yang cukup halus.

Perangkat smartphone Realme C15 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Pada bagian depan tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home dan Back tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual bersama sistem operasi Android 10 dengan user interface anyar besutan Realme, yakni Realme UI.

Realme C15 pada sisi kirinya masih terdapat slot SIM-Card dan MicroSD yang bisa ditampung semua dalam satu laci. Laci tempat menyimpan SIM-Card dan MicroSD-nya dirancang untuk menelan dua kartu SIM dan MicroSD dalam satu tempat (dedicated slot). Berpindah ke sisi kanan, terdapat tombol volume ‘up and down’ dan ada tombol power yang fungsinya bisa juga dipakai untuk Google Assistant.

Berada di bagian bawah ada barisan elemen penting lainnya, seperti micro USB, microphone, jack headphone, dan tak lupa lubang speaker sebagai pengeras suara. Sementara pada bagian atas polos dengan bagian sisi kanan, kiri, atas, dan bawah Realme C15 masih dibuat senada dengan warna keseluruhan bodi.

Performa
Handset Realme C15 di sektor performa disokong chip MediaTek Helio G35. Chip ini adalah chip yang sama yang menopang kemampuan perangkat C11 yang hadir belum lama ini. Chip ini diklaim cukup andal mengimbangi kebutuhan pengguna lantaran diproduksi sebagai chip gaming.

Bicara teknis, chip ini adalah sebuah chip prosesor delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12 nm dan kecepatan 2,3 Ghz, mengadopsi struktur Cortex A53, menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya Berdasarkan pengujian kami atas chip yang sama di banyak perangkat berbeda, prosesor ini sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah dan berat yang banyak digunakan.

Screenshot uji benchmark smartphone Realme C15 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Realme C15 tersedia dengan tiga varian yang ditenagai oleh LPDDR4X RAM. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis meningkat sebesar 20 persen dan kinerja RAM meningkat 100 persen. Adapun pilihan penyimpanannya yakni 3/64 GB, 4/64 GB dan 4/128 GB RAM/ROM yang lagi-lagi menjadi yang pertama bagi Realme di lini C Seriesnya hadir dengan penyimpanan internal hingga 128 GB.

Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, juga menyimulasikan dalam uji benchmark. Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, perangkat Realme C15 mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 111464. Angka ini cukup terlihat selisihnya jika dibandingkan dengan model sebelumnya yakni Realme C11 dengan perolehan hanya 107491.

Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme C15 berhasil membukukan skor 5958. Dengan hasil benchmark demikian, cukup menjawab kalau Realme C15 bisa diandalkan untuk segmen harganya yang ekonomis.

Gaming
Gaming saat ini juga penting bagi konsumen. Bagi mereka yang gemar bermain game, smartphone dengan kemampuan tersebut saat ini cukip diminati dan menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen.

Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, smartphone cukup capable untuk diajak bermain game. Sekali pun dengan ukuran dan kebutuhan grafis yang agak berat.

Handset Realme C15 untuk kebutuhan gaming sendiri memang tak terlalu menonjol. Saat kami jajal dengan beberapa game sekaligus seperti game FPS, MOBA, dan game beraliran Racing, saat memainkan game Call of Duty: Mobile yang sedang hits, perangkat ini saat memboot awal game pengaturan grafisnya langsung menunjukan ke opsi ‘Rendah’. Meski demikian, pada aspek Frame Rate, pengaturan grafis masih bisa dibuat tinggi atau high dengan pengaturan awal berada di ‘Medium’.

Screenshot uji coba gaming dengan smartphone Realme C15 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Grafisnya tak terlalu menonjol, tapi cukup menghibur. Game lainnya seperti aksi ngebut di jalan raya dengan Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, juga tidak mengecewakan dengan kendala lag yang sedikit. Pun dengan game MOBA semisal Arena of Valor (AoV).

Perangkat ini juga mampu menjalankan kewajibannya dengan cukup baik. Ketika diajak main game pun Realme C15 tidak terasa panas pada sektor bodinya.

Daya Tahan Baterai dan Keamanan
Keunggulan Realme C15 selain desain, kamera dan performa, lainnya adalah sektor baterai yang besar yakni 6.000 mAh. Dengan daya baterai segitu, ponsel ini sanggup bertahan hingga lebih dari dua hari lebih pada penggunaan normal. Dalam mode standby, Realme bahkan menjanjikan C15 bisa betahan hingga 57 hari.

Keunggulan lainnya pada perangkat Realme C15 di sektor baterai adalah selain besar dan dapat digunakan dalam jangka waktu panjang untuk perangkat itu sendiri, Realme C15 juga bisa bertindak sebagai power bank. Hal tersebut dimungkinkan mengingat Realme C15 memiliki fitur reverse charging, jadi, Realme C15 juga dapat menjadi baterai cadangan perangkat smartphone yang lain atau membantu teman.

Selain itu, untuk mendukung pengisian baterainya yang besar, Realme C15 juga sudah hadir dengan pengisian daya 18 Watt quick charge. Dengan fitur pengisian cepat tersebut, berdasarkan pengalaman kami perangkat ini hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi 25 dayanya.

Untuk optimasi daya tahan baterai, Realme C15 juga sudah hadir dengan beberapa fitur baterai seperti pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze) dan pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization) diterapkan pada realme C15. App Quick Freeze sendiri dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Sementara Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Anda juga dapat mengaktifkan pengoptimalan siaga tidur (sleep standby) untuk menghemat lebih banyak energi saat Anda tidur. Jika Anda memerlukan masa pakai baterai yang lebih lama, Anda dapat mengaktifkan mode hemat daya, yang akan menurunkan kecerahan layar, mempersingkat waktu screen-off menjadi 15 detik, dan menonaktifkan sinkronisasi latar belakang untuk memperpanjang usia baterai.

Sementara untuk keamanannya, Realme C15 hadir dengan fitur yang lumayan bisa diandalkan. Sebut saja fitur keamanan standar semisal kode sandi, pola, dan keamanan biometrik berbasis face unlock yang nempel di kamera depannya dan juga pemindai sidik jari di bagian belakang. Fitur keamanan tadi tak hanya bisa digunakan mengunci layar smartphone. Fitur keamanan itu juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjadi brankas pribadi untuk melindungi files yang ada di dalamya.

Pada bagian sidik jarinya berdasarkan pengujian kami, Realme C15 sudah mendukung sendor sidik jari ultra cepat. Hanya dibutuhkan waktu 0.27 detik untuk membuka kunci perangkat dan juga mendukung pengenalan wajah untuk mempermudah membuka kunci dengan sekali klik atau sekali lirikan wajah dan aman untuk privasi.

Kamera
Untuk kebutuhan fotografi, Realme C15 yang peluncurannya di Indonesia adalah debut global perdananya, di sektor kamera cukup bisa diandalkan berkat hadirnya empat kamera utama. Realme C15 hadir dengan AI quad camera yang diklaim menghadirkan cara yang lebih mudah untuk menangkap momen kehidupan. Masing-masing ukuran kamera Realme C15 adalah 13 MP PDAf/2.2 dan 8 MP lensa ultra wide f/2.25, 2 MP lensa black and white dan 2 MP retro lens. Sementara di bagiab depan ada kamera selfie 8 MP 5P lens AI beauty.

Penggunaan kamera Realme C15 masih sama seperti perangkat Realme lainnya, terbilang mudah dioperasikan. UI kameranya tersaji dengan sederhana namun fungsional. Pilihan seperti Time Lapse, Ultra Macro, Panorma, Mode Pro dan Slow Motion dan mode lainnya bisa ditemukan dan dioperasikan dengan mudah.

Tak lupa, Realme memiliki teknologi Chroma Boost yang canggih untuk menghasilkan gambar dengan detail tinggi. Sementara untuk hasilnya, kamera Realme C15 juga bisa disebut baik. Gambar hasil jepretan kamera Realme C15 dalam berbagai skenario tersaji dengan cukup oke dengan berbagai angle diambil dari keempat kameranya.

Kamera smartphone Realme C11 (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hal yang membuat aspek kamera Realme C15 jadi tertolong adalah adanya fitur atau mode Nightscape alias mode malam yang khas dari Realme. Algoritma dari Mode Nightscape akan mengambil beberapa foto dalam exposure berbeda lalu menggabungkannya menjadi sebuah foto dengan memilih bagian terbaik dari setiap foto. Sebagai hasil dari Mode Nightscape, foto malam hari akan menjadi lebih terang dan jernih tanpa flash tambahan.

Bagi yang senang kesan retro dengan nuansa hitam putih, Realme C15 juga hadir dengan lensa B&W dan Retro memberikan dua efek artistik khusus. Kedua lensa ini dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap. Dalam mode Portrait, eksposur, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Bersamaan dengan simulasi karya potret master, foto disesuaikan dengan gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambah tekstur pada gaya potret akhir.

Kesimpulan
Realme C15 dari segmen harga dan keunggulan baterainya sangat pas bagi yang punya budget sedang, namun tetap ingin bergaya dengan smartphone kekinian.

Realme C15 bisa jadi pilihan karena selama kami jajal cukup memuaskan. Selain desain, performa Realme C15 juga lumayan berdasar segmen harga. Selain itu, Realme C15 juga bisa jadi pilihan tepat dengan fitur baterai yang tahan lama dengan kekuatan 6.000 mAH dan fitur pengisian cepat 18 Watt ditambah dengan reverse charging.

Berikut hasil foto-foto menggunakan Realme C15 dalam berbagai skenario:

Foto-foto dengan kamera smartphone Realme C15: Rian Alfianto/KalbarOnline.com

Comment

News Feed