Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Perut Kosong

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan juga kualitas hidup kita. Tak hanya harus sehat, mengkonsumsi makanan yang tepat namun pada waktu yang salah juga bisa mendatangkan masalah pencernaan. Salah satunya, mengonsumsi makanan tertentu saat perutmu kosong. Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong?

Kita tahu bahwa tujuan kita makan bukan hanya untuk hidup, namun juga tetap sehat. Salah satu caranya menghindari makanan yang buruk bagi tubuh. Tujuan kita mengonsumsi makanan sehat juga untuk memperbaiki saluran pencernaan dan memaksimalkan penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Makanan yang Dianjurkan Sebelum, Selama, dan Sesudah Olahraga

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Berikut ini adalag beberapa jenis makanan apabila dikonsumsi pada saat perut kosong atau di waktu yang salah akan menimbulkan kerugian pada kesehatan. Apa saja makanan yang dikonsumsi saat perut kosong?

1. Makanan Pedas

Mengonsumsi rempah-rempah pedas dan cabai saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung yang dapat menyebabkan reaksi asam dan kram. Makanan pedas, baik olahan maupun alami, dapat memicu gangguan pencernaan. Sebaiknya hindari makanan ini saat perut Kamu belum terisi makanan lain.

2. Makanan atau minuman manis

Meskipun sebagian besar dari kita berpendapat bahwa segelas jus buah itu sehat untuk memulai hari, sebaiknya dipikirkan lagi. Mengonsumsi jus buah yang sudah ditambahkan gula dapat menambah beban pankreas yang yang baru saja terbangun setelah istirahat berjam-jam.

Dalam kondisi perut kosong, gula dalam bentuk fruktosa pada buah-buahan dapat menyebabkan kelebihan cadangan gula di hati. Gula olahan bahkan lebih buruk lagi. Jadi hindari makanan penutup sarapan dengan jus buah atau smoothie yang terlalu manis.

Baca juga: Penyebab Ingin Terus Makan Makanan Manis

3. Minuman bersoda dan minuman dingin

Minuman bersoda buruk bagi kesehatan kita, tidak peduli dikonsumsi pada jam berapa pun. Tetapi minuman ini akan lebih buruk bila dikonsumsi dalam kondisi kosong. Asam karbonat pada minuman bersoda akan bercampur dengan asam lambung yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti mual dan kembung karena terbentuknya gas.

Baca Juga :  Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Lambung kita mengeluarkan asam untuk membantu mencerna makanan. Jika tidak ada makanan di lambung dan Kamu malah memasukkan asam tambahan ke dalamnya, dapat menyebabkan kram perut atau rasa sakit.

Minuman bersoda saja sudah buruk, apalagi jika diminum saat dingin di saat perut kosong. Kamu pasti sudah mendengar bahwa yang terbaik adalah memulai hari dengan air hangat dan madu. Namun kebanyakan dari kita yang tergoda untuk menenggak segelas es kopi, air es dingin, atau jus dingin.

Minum minuman es pada waktu perut kosong dapat merusak selaput lendir di lambung dan membuat pencernaan lamban sepanjang hari. Sebailknya minuman hangat membantu saluran pencernaan siap untuk bekerja.

4. Buah jeruk dan jambu

Buah selalu sangat sehat jika dimakan pada waktu yang tepat. Makan buah jeruk saat perut kosong dapat meningkatkan produksi asam. Selain itu, terlalu banyak serat dan fruktosa dalam buah-buahan juga dapat memperlambat sistem pencernaan jika dimakan dengan perut kosong. Kamu sebaiknya menghindari makan buah-buahan dengan serat keras seperti jambu dan jeruk di pagi hari.

5. Sayuran mentah

Yang ini khusus untuk Kamu yang sedang diet dan percaya bahwa salad sayuran itu boleh dikonsumsi kapan saja sepanjang hari. Sayuran mentah atau salad mungkin bukan yang terbaik untuk dimakan dengan perut kosong. Sayuran penuh dengan serat kasar yang dapat menambah beban saat perut kosong. Makan sayuran mentah di pagi hari saat perut kosong juga dapat menyebabkan perut kembung dan sakit perut.

7. Kopi

Duuh…rasanya sulit sekali ya menghindari kopi pagi hari. Memulai hari dengan secangkir kopi adalah praktik yang sangat umum. Padahal minum kopi dengan perut kosong dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Kafein merangsang sekresi asam klorida atau cairan asam lambung yang menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

Baca juga: Minum Kopi Menyebabkan Diabetes? Yuk Cari Tahu Mitos Kesehatan Lainnya!

Lantas Makan Apa Sebagai Gantinya?

Berikut ini adalah makanan yang boleh dikonsumsi saat perut kosong, atau baik dijadikan menu sarapan pagi:

Baca Juga :  Manfaat Tomat untuk Wanita yang Perlu Kamu Tahu!

1. Buah segar

Buah adalah kelompok makanan yang sehat karena mengandung vitamin, nutrisi, serat dan juga air. Memasukkan menu buah dalam menu makanan Kamu memungkinkan sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Meskipun Kamu belum mengonsumsi makanan apapun, mulailah hari dengan mengkonsumsi buah segar. Buah dapat membantu detoksifikasi, memberikan energi, dan membantu penurunan berat badan.

Gula alami yang terkandung dalam buah akan diserap oleh tubuh sehingga ketika Kamu mengkonsumsi buah-buahan dalam keadaan perut kosong ini akan lebih mudah diproses. Ini merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari memakan buah.

2. Oatmeal dan bubur jagung

Mengkonsumsi oatmeal di pagi hari pada saat perut kosong akan memberikan manfaat. Oatmeal yang kaya serat akan membentuk lapisan di lambung sehingga mencegah iritasi dan rasa perih saat perut kosong. Oatmeal juga mengandung serat larut yang membantu menurunkan kolestrol.

Jika tidak tersedia oatmeal, Kamu bisa membuat bubur jagung yang sama sehatnya. Bubur jagung membantu menurunkan tekanan darah dan juga kolestrol, juga membantu membuang racun dan logam berat dari saluran pencernaan.

3. Madu

Madu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan pencernaan. Ini karena madu terbukti bertindak sebagai agen pembersih tubuh dari virus dan bakteri berbahaya.

3. Telur

Telur sangat baik dikonsumsi pada saat pagi hari karena memberikan manfaat dan juga membuat rasa kenyang lebih lama serta membantu dalam pengurangan lemak.

Keempat makanan di atas adalah makanan yang direkomendasikan untuk Kamu konsumsi di pagi hari saat perut dalam keadaan kosong. Jadikan menu rutin saat sarapan ya!.

Baca juga: Inilah Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan!

Referensi:

Food.ndtv.com. 7 Foods You Should Never Have On An Empty Stomach

Brightside.me. 10 Foods to Avoid on an Empty Stomach If You Want to Stay Healthy

Comment