by

Kaya akan Serat dan Air, Ini 7 Buah yang Baik untuk Menjaga Pencernaan Anak

Si Kecil sering mengalami sembelit saat BAB? Hmm, jangan-jangan selama ini menu hariannya kurang serat. Memasuki tahapan balita, asupan gizi yang tepat tidak hanya menunjang pertumbuhan anak, melainkan juga melancarkan pencernaannya.

Menu yang banyak mengandung air dan serat sudah terbukti dapat mengatasi sembelit pada anak. Salah satu contohnya buah-buahan. Tidak hanya itu, buah-buahan dapat membuat kulit wajah si Kecil menjadi lebih halus. Kaya akan serat dan air, inilah buah-buahan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anak!

1. Apel

Setiap anak menyukai renyahnya apel. Kandungan 3,6 gram serat dalam 1 porsi kecil buah apel dapat memenuhi kebutuhan serat dan air si Kecil. Selain manis dan mudah didapatkan, buah ini juga tampak menarik. Mau yang hijau atau merah? Jika apel merah, rasanya lebih manis daripada apel hijau. Namun, bukan berarti apel hijau kalah baik dengan apel merah ya, Mums!

Buah untuk MPASI Pertama Bayi | GueSehat

2. Keluarga Beri

Raspberry mengandung 4 gram serat, blueberry mengandung 1,8 gram serat, sementara stroberi mengandung 1,5 gram serat dalam takaran ½ gelas. Bila belum musimnya, Mums bisa membeli buah beri beku. Buah beri beku dapat dicampur dengan menu lain yang tak kalah sehat dan kaya akan serat, seperti sereal. Mau dijadikan minuman smoothie atau dicampur dengan yoghurt polos juga bisa.

Baca juga: Tips Memilih Buah Pisang yang Baik

3. Pir

Ingin buah yang tidak hanya banyak air, tetapi juga banyak serat? Pilihan lainnya adalah buah pir. Bayangkan, 1 buah pir ukuran sedang mengandung sekitar 5,5 gram serat! Lumayan mengenyangkan dan melancarkan pencernaan si Kecil kan, Mums.

4. Alpukat

Dalam ½ cangkirnya, buah alpukat berisi 5 gram serat. Alpukat juga kaya akan lemak sehat, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Anak-anak biasanya menyukai rasanya. Mums bisa mencampurkan alpukat ke dalam smoothie si Kecil untuk memenuhi kebutuhan seratnya. Sebagai tambahan, alpukat juga dapat diolah menjadi saus krim, menjadi bagian dari guacamole (menu khas Meksiko), hingga dioleskan di atas roti panggang.

Baca juga: Cantik dan Sehat dengan Alpukat

5. Mangga

Buah ini terasa manis dan tersedia hampir di setiap musim, terutama di daerah tropis. Mangga juga bisa dibeli dalam bentuk yang sudah dipotong-potong dan dibekukan. Secangkir perasan mangga saja sudah mengandung 3 gram serat. Mums bisa menghidangkannya dalam bentuk smoothie kepada si Kecil.

Menariknya, meski diblender untuk menjadi minuman jus atau smoothie, mangga tetap tidak akan kehilangan kadar seratnya. Hmm, baru membayangkan minum jus mangga saja rasanya sudah segar ya, Mums?

6. Plum

Juga dikenal sebagai prem, buah ini dapat disajikan dengan cara dikeringkan. Secangkir plum mengandung 3,5 gram serat. Jika dikeringkan, buah plum sekilas terlihat seperti permen, sehingga mudah menarik minat si Kecil.

7. Nanas

Buah nanas tidak hanya mengandung air dan serat, melainkan juga aman untuk pencernaan anak. Secangkir potongan nanas mengandung 2,3 gram serat. Selain dihidangkan sebagai buah utuh, nanas juga bisa dicampur dengan wortel dan dijadikan puree.

Kreasikan 7 buah di atas agar si Kecil jauh dari sembelit ya, Mums! (AS)

Baca juga: Buah dan Sayur yang Memiliki Kadar Serat Lebih Tinggi Daripada Apel

Referensi

EatingWell: 10 Best High-Fiber Foods for Kids

Healthline: 10 High-Fiber Foods Your Kids Will Actually Eat

My Little Moppet: 30 High Fiber Foods for Babies and Toddlers

Comment

Terbaru