Boleh Tidak Anak Kerokan?

Orang yang merasa pusing, mual, dan ingin muntah tanpa sebab biasanya langsung dikira masuk angin. Selain pengobatan lewat pijat, kerokan termasuk teknik yang sering dilakukan dan dianggap ampuh menyembuhkan masuk angin bagi orang Indonesia. Pertanyaannya, boleh tidak anak kerokan?

Sekilas tentang Kerokan dan Prosedurnya

Ternyata, kerokan bukan hanya dilakukan di Indonesia lho, Mums. Kerokan alias menggosokkan koin ke kulit adalah bentuk pengobatan tradisional yang juga dilakukan di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur, seperti Laos, Thailand, Kamboja, Vietnam, Korea Selatan, dan Cina selatan. Di Vietnam dan Kamboja, praktik ini disebut cao gio dan di Cina gua sha. Kerokan sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang artinya ‘mengikis’.

Kerokan adalah terapi untuk mengobati gejala flu ringan, seperti mual, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, dan pusing. Biasanya masalah tersebut disebabkan oleh infeksi virus, yang akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 5-7 hari. Orang yang sakit hanya perlu istirahat, minum banyak air, dan makan makanan bergizi.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Gigitan Hewan Peliharaan pada Anak?

Kerokan menjadi salah satu cara untuk menghangatkan tubuh karena menggosokkan kulit dengan koin atau benda sejenis dapat menghasilkan panas. Kerokan sebagian besar dilakukan di area punggung, leher, bahu, dan dada. Kerokan lazim diawali dan diakhiri dengan pijatan. Sesi pijat biasanya akan menggunakan salep yang mengandung kapur barus, seperti balsem atau minyak kelapa.

Baca Juga :  Mums, Waspada Gejala Diabetes pada Bayi

Kerokan akan menghasilkan garis merah secara paralel. Meskipun kerap menggunakan koin, ternyata kerokan juga bisa dilakukan dengan alat-alat lain, seperti sendok, tulang, atau tongkat kayu. Bila yang dikerok adalah anak-anak, prosedurnya menggunakan bawang merah dengan minyak kelapa.

Setelah itu, orang yang sudah kerokan biasanya akan mengonsumsi aspirin dan parasetamol sebelum beristirahat. Setelah tidur selama beberapa jam, mereka pun akan merasa lebih sehat.

Tubuh terasa lebih enteng dan tidak ada lagi rasa mual, pusing, ingin muntah, hingga pegal-pegal. Namun, bagi sebagian orang kerokan dapat menimbulkan efek samping, seperti iritasi kulit dan tanda merah.

Baca juga: Meningkatkan Sistem Imun Si Kecil di Tengah Pandemi Covid-19

Amankah Kerokan untuk Anak Balita?

Karena anak, terutama balita, masih dalam masa pertumbuhan, kulit mereka masih sangat peka. Tidak disarankan untuk kerokan terlalu keras karena bisa menyebabkan kulit si Kecil mudah terluka. Yang ada, ia menjadi trauma.

Itulah mengapa prosedur kerokan khusus anak menggunakan bawang merah dengan minyak kelapa. Namun boleh tidak anak kerokan, termasuk si Kecil yang masih balita? Jawabannya, tentu saja boleh asal dilakukan dengan cara yang aman.

Baca Juga :  Di Talkshow HANI 2022, Kadis Kesehatan Kalbar Sampaikan Program Pemerintah Terkait Rehabilitasi 

Baca juga: Pertolongan Pertama jika Lidah si Kecil Terbakar

Prosedur Kerokan yang Aman bagi Balita

Inilah prosedur kerokan yang aman bagi balita:

  • Potong bawang merah kecil-kecil lalu campurkan dengan minyak kelapa.
  • Jangan gosok bawang merah terlalu lama ke kulit si Kecil. Bila terlalu panas, yang ada malah mengiritasi kulitnya.
  • Hindari menggosok tubuh si Kecil terlalu keras saat kerokan.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, berilah ia makan makanan bergizi dan minum air putih yang banyak. Sup ayam merupakan salah satu menu populer untuk mengobati masuk angin karena dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, sup ayam mengandung protein dan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Si Kecil juga harus banyak beristirahat. Biasanya, setelah 2 hingga 3 hari, kondisinya akan membaik dan kembali ceria. Jadi, boleh tidak anak kerokan? Boleh, selama caranya tidak seperti prosedur kerokan pada orang dewasa dan tidak terlalu sering dilakukan ya, Mums. (AS)

Baca juga: 5 Cara Mempertahankan Daya Tahan Tubuh Anak Tetap Kuat

Boleh Tidak Anak Kerokan? 2

Referensi

The Conversation: Got a cold? In coin rubbing Indonesians trust

Vice: We Asked an Expert to Explain, Medically, What Happens When You Catch Masuk Angin

Humanities & Social Sciences Reviews: SCIENCE CONCEPT IN KEROKAN

Comment