Ramah Lingkungan, Malaysia Ciptakan Drone dari Serat Daun Nanas

KalbarOnline.com – Banyak gawai atau aksesorisnya yang mengandung komponen plastik. Sayangnya, seperti diketahui plastik bukanlah bahan yang ramah lingkungan.

Limbah plastik pun akan menimbulkan masalah baru jika tidak pandai mengolahnya. Melihat hal tersebut, para peneliti di Universiti Putra Malaysia (UPM) menciptakan inovasi.

Tim peneliti itu membuat gadget dalam hal ini sebuah drone dengan material yang sangat ramah lingkungan, yakni terbuat dari daun nanas. Seluruh bagian drone terbuat dari daun nanas? Tentu saja tidak.

Hanya bagian tubuh atau kerangka utamanya yang terbuat dari daun nanas, lebih tepatnya serat daun nanas. Serat nanas yang digunakan sebagai bahan baku bingkai memiliki sifat tidak menghantarkan listrik.

Baca Juga :  Waze Hadirkan Karakter Batman Dan The Riddler Sebagai Navigator

Kelebihan ini mencegah mesin drone mengalami atus pendek saat dioperasikan. Selain itu, rasio kekuatan drone dengan bahan baku serat nanas juga diklaim lebih unggul dibandingkan dari serat sintetis seperti plastik.

Dikutip dari Lowyat, Minggu (26/7), Prof Dr Mohamed Thariq bin Hameed Sultan menjelaskan, bahan-bahan alami juga lebih murah dan mudah tersedia. Di sisi lain, jika sudah rusak maka komponen ini gampang terurai sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan.

Baca Juga :  6 Hal Ini Bisa Mencegah Baterai Smartphone Cepat Rusak

Ini tentunya berbeda dari gadget yang terbuat dari material plastik yang butuh penanganan khusus agar tak menjadi masalah lingkungan baru.

Daun dipanen setelah nanas tumbuh. Alih-alih dibakar, yang biasanya merupakan prosedur standar, mereka dapat digunakan kembali untuk membantu membuat drone ini.

Namun, dari sisi usia pakai, drone dengan kerangka berbahan serta daun nanas masih perlu pengujian. Meski demikian, ini adalah ide yang menarik terkait dengan inovasi teknologi yang ramah lingkungan.

Comment