Garuk Telinga saat Tenggorokan Gatal? Yuk, Pelajari Body Hacks Lainnya!

Body hack adalah istilah teknik yang bisa digunakan untuk membuat tubuh kita nyaman. Tubuh yang nyaman tentunya akan meningkatkan kualitas hidup, mental, dan kesehatan. Hack tubuh bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan ringan yang biasa kita alami sehari-hari.

Body hack ini umumnya diperoleh dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak selalu diakui secara resmi dalam dunia medis. Jadi, body hack bisa berhasil pada beberapa orang, namun belum tentu berhasil pada orang lain. Yang bisa dilakukan untuk mencari tahu apakah suatu body hack berikut ini bekerja pada tubuh Kamu adalah dengan mencobanya sendiri.

Nah, apa saja body hack yang bisa Geng Sehat? Di bawah ini merupakan body hack yang sering dilakukan. Enggak perlu khawatir Gengs, semua body hack yang ada di artikel ini sangat mudah dan aman untuk dilakukan!

Baca juga: Jangan Ulangi Kesalahan Memakai Celana Dalam Berikut Ini!

5 Body Hack Mudah yang Bisa Dicoba

Berikut merupakan lima body hack yang bisa Kamu coba. Tapi, Kamu perlu ingat bahwa body hack ini tidak berhasil pada semua orang. Jadi, tidak bekerja pada tubuh Kamu, tidak perlu khawatir!

1. Atasi Tenggorokan Gatal dengan Menggaruk Telinga

Tenggorokan gatal merupakan masalah kesehatan yang umum, namun bisa sangat mengganggu. Nah, ada cara unik dan mudah yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi tenggorokan gatal. Cobalah menggaruk telinga!

Baca Juga :  Arti Pohon Bagi Manusia, Salah Satunya Mengurangi Gejala Gangguan Mental

Tindakan ini akan menstimulasi saraf di telinga. Cara ini bisa menimbulkan refleks di tenggorokan dan menyebabkan kejang otot, sehingga akhirnya menghentikan rasa gatal pada tenggorokan.

2. Gunakan Telinga Bagian Kanan Saat Menerima Telepon di Keramaian

Menurut penelitian dari UCLA David Geffen School of Medicine, ditemukan bahwa dibandingkan dengan teling kiri, telinga kanan lebih baik dan cepat dalam menerima suara atau percakapan. Sementara itu, telinga kiri memiliki fungsi lebih baik dalam menerima nada musik.

Baca juga: Bisa Merangsang Wanita, Salah Satu Fakta Keringat Pria yang Unik!

3. Mengatasi Sakit Gigi dengan Menggosokkan Es Batu di Jari-jari

Kamu bisa meredakan sakit gigi dengan cara menggosokkan es batu pada area di antara ibu jari dan telunjuk selama 5-7 menit. Pasalnya, area tersebut merupakan area ujung saraf yang terhubung dengan pusat stimulasi rasa nyeri di otak. Jadi, jika suatu saat Kamu mengalami sakit gigi, cobalah body hack ini.

4. Mengatasi Kesemutan dengan Menggerakkan Kepala dari Kiri ke Kanan atau Sebaliknya

Kesemutan bisa terjadi akibat salah postur tubuh yang menyebabkan saraf terjepit, dan menimbulkan sensasi seperti ditusuk jarum. Jika mengalami kesemutan pada tangan, cobalah gerakkan kepala Kamu dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Hal ini bisa mengatasi terjepitnya saraf di leher. Jadi, jika suatu saat Kamu mengalami kesemutan, cobalah cara ini.

Baca Juga :  Siapkan Generasi Emas 2045, Harisson-Windy Turun Langsung Edukasi Gizi Warga Batas Negara Indonesia-Malaysia

5. Mengatasi Brain Freeze dengan Menekan Lidah di Langit-langit Mulut

Ketika saraf di langit-langit mulut terkena sesuatu yang dingin, hal ini bisa menyebabkan brain freeze (kepala terasa ngilu setelah makan atau minum dingin). Kondisi ini membuat otak mengalami peningkatan suhu secara mendadak akibat rasa dingin tersebut, dan menyebabkan kepala Kamu terasa ngilu.

Nah, kondisi tersebut bisa diatasi dengan cara menekan lidah di langit-langit mulut ataupun memipihkan lidah selebar mungkin. Cara ini akan menghangatkan langit-langit mulut, sehingga otak tidak perlu bekerja keras untuk menghangatkan suhu tubuh.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini Gejala Tak Biasa yang Muncul Saat Stres!

Referensi

Bored Panda. Awesome Body Hacks You Probably Didn’t Know. Agustus 2017.
Brainz. Body Hacks to Supercharge Yourself. Juli 2018.

Comment