by

Realme Hadirkan TWS In-Ear Buds Q, Suara Bass Mengesankan

KalbarOnline.com – Realme menghadirkan wearable Buds Air sebagai perangkat True Wireless Stereo (TWS) pertamanya pada awal 2020 lalu. Perangkat wireless earphone ini hadir dengan harga terjangkau namun membawa banyak fitur yang biasa hadir di kelas premium. Kini di pertengahan tahun 2020, Realme melanjutkan suksesi Buds Air dengan menghadirkan Buds Air Neo dan dilanjutkan dengan membesut TWS in-ear pertama mereka bernama Buds Q.

TWS Realme Buds Q melenggang ke pasaran bersamaan dengan hadirnya perangkat smartphone murah C11, penerus atau pengganti Realme C2 yang hadir awal 2019 lalu. Soal Buds Q, perangkat TWS in-ear ini diposisikan sebagai ‘High Quality TWS under 400K’ atau TWS terbaik dengan harga di bawah Rp 400 ribu. Penasaran seperti apa pengalaman menggunakan TWS Realme Buds Q, simak ulasannya.

Kelengkapan
Dimulai dari aspek kelengkapan produk, Realme Buds Q hadir dengan kotak kecil berwarna kuning yang mencolok. Tak lebih besar dari ukuran kotak penjualan smartphone, desain kotak ini mirip dengan perangkat TWS sebelumnya Buds Air dan Buds Air Neo. Di dalamnya terdapat keperluan standar penunjang penggunaan perangkat.

Ketika membuka kemasan, langsung dijumpai perangkat Buds Q yang tersedia dalam tiga pilihan warna yakni kuning, hitam, dan putih. Kebetulan, perangkat yang kami miliki berwarna hitam. Di balik sekat penyimpanan Buds Q di kotak penjualan, ada buku petunjuk pemakaian, kabel USB Micro untuk pengecasan dan dua buag karet ear piece tambahan sebagai cadangan atau pilihan lain sesuai ukuran lubang telinga.

Kelengkapan dan perangkat Realme Buds Q (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Jika dibandingkan dengan Realme Buds Air yang sudah menggunakan USB Type-C untuk kemudahan pengecasan dan kecepatan transfer daya, Buds Q masih dibekali USB Micro yang menurut kami agak ketinggalan.

Buku petunjuk pemakaiannya juga berfungsi sebagai kartu garansi resmi. Jadi, simpan buku tersebut baik-baik. Ketika perangkat bermasalah dan dibutuhkan perbaikan, kamu bisa membawa buku tersebut. Selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi perlengkapan lainnya di dalam kotak penjualan Realme Buds Q.

Desain
Selanjutnya aspek desain. Realme Buds Q membawa desain yang menurut kami mirip dengan desain TWS in-ear kebanyakan dari banyak merek yang membesut produk serupa. Namun jika dibandingkan dengan perangkat lain sejenis di pasaran yang sudah pernah kami jajal juga, Realme Buds Q di kotak penyimpanannya hadir membawa bentuk oval serupa telur.

Desain tersebut menurut penjabaran pihak Realme terinspirasi dari batu yang berbentuk bulat (cobble) tanpa garis lurus. Menariknya lagi, TWS in-ear ini di sisi desain juga dikatakan dirancang oleh Jose Levy, seniman sekaligus desainer yang bekerjasama dengan Hermes, brand fesyen kenamaan dunia. Membawa jargon ‘Music Never Ends’ di sisi desain Realme Buds Q terbilang menarik.

Untuk mengurangi bobot, Realme Buds Q menggunakan bahan komposit polimer PC + ABS yang kuat dan ringan serta desain struktur internal yang ramping, sehingga bobot seluruh bodi hanya 35,4 gram ditambah bobot satu buds seringan 3,6 gram, bahkan lebih ringan dari kertas A4, dan sangat nyaman dipakai di telinga dalam jangka waktu yang lama.

Casing kotak berbentuk bulat batu ini hadir tanpa dilengkapi dengan tombol apapun. Untuk notifikasi dan beberapa fungsi lainnya, hanya ada satu buah lampu LED di bagian depan dekat dengan area buka-tutup casing penyimpanan. Lampu LED akan menyala merah jika menunjukan indikasi baterai lemah dan saat melakukan pengecasan atau saat hendak dipasangkan dengan perangkat smartphone dan di bagian belakang ada slot USB Micro untuk fungsi pengecasan.

Masih dari sisi desain, Realme menjelaskan, dengan Buds Q ini mereka ingin membentuk sebuah “trendsetting co-creation alliance” guna membangun citra tech trendsetter yang dare to play and leap: melalui kerjasama dengan desainer Hermes. Realme mendirikan “trendsetting co-creation alliance” secara global untuk menciptakan realme Design Studio yang terdiri dari desainer kenamaan seluruh dunia yang didedikasikan untuk menciptakan produk trendi dan stylish untuk anak muda.

Setelah membuka casing, ada dua earbud Realme Buds Q dengan bentuk yang juga membulat. Realme Buds Q memiliki desain earpiece yang ergonomis masuk ke dalam telinga (in-ear) yang panjang seperti paruh, sesuai dengan bentuk telinga bagian dalam kebanyakan orang. Bentuk earpiece-nya terbuat dari ukiran halus 48 derajat di bagian atas dan 97 derajat di bagian bawah. Menurut kami, bentuk ini membuat realme Buds Q sangat cocok dengan lubang telinga manusia untuk kenyamanan dan mengisolasi kebisingan luar untuk pengalaman suara yang lebih mendalam.

Pengalaman Penggunaan
Di samping harganya yang terjangkau, TWS in-ear ini cukup kaya fitur untuk harga yang dibawanya. Beberapa fitur antara lain teknologi Bluetooth 5.0 yang menawarkan koneksi instan, kontrol sentuh yang bisa dikustomisasi, latensi super rendah untuk gaming, Single Mic Noise Cancellation dan banyak fitur lainnya lagi.

Perangkat ini membawa banyak kemudahan dengan mendukung kontrol sentuh. Misalnya saja ketuk dua kali untuk menjawab panggilan telepon, play/pause musik, ketuk tiga kali untuk memainkan lagu selanjutnya, tekan dan tahan di salah satu Buds untuk mengaktifkan asisten suara atau mengakhiri panggilan telepon, serta tekan dan tahan di kedua Buds untuk masuk atau keluar Gaming Mode. Menariknya lagi, semua fungsi kontrol sentuh dapat diatur dalam aplikasi Realme Link

Realme Buds Q juga sudah menjanjikan Super Low Latency dengan cip R1Q dan Bluetooth 5.0. Perangkat Buds Q bisa tetap optimal menerima sinyal hingga jarak 10 meter.

Pengalaman mendengarkan berbagai genre musik, video dan bermain game dengan Buds Q terasa menyenangkan. Untuk musik, kami suka lantaran Buds Q tetap memberikan kemampuan bass yang mumpuni. Hal tersebut didukung dengan Dynamic Bass Boost Driver 10 mm sehingga, suara yang dihasilkan bisa ditelaah oleh sistem untuk kemudian disampaikan ke telinga pengguna dengan porsi yang pas.

Bagi penyuka musik dengan irama bass menghentak telinga, Buds Q cocok buat kamu. Namun tetap perhatikan waktu penggunaan untuk kesehatan telinga.

Untuk ketahanan perangkat, Realme Buds Q memiliki baterai 40 mAh bawaan dan baterai 400 mAh dalam cangkang (case). Ini dapat memberikan 3 jam bertelepon secara terus menerus dan 4,5 jam waktu mendengarkan musik tanpa henti, yang hampir sama dengan menonton 2 film dan 4-5 episode dari serial TV.

Dengan case pengisian daya, Realme Buds Q mendapatkan total pemakaian 20 jam, merupakan waktu yang cukup bagi kami yang jika dihitung sama dengan waktu untuk menonton 8 film atau mendengarkan 400 lagu, atau menonton 2 musim Game of Thrones. Dengan rata-rata penggunaan 3 jam per hari, Realme Buds Q hanya perlu diisi ulang daya seminggu sekali. Selain itu Realme Buds Q mendukung pengisian daya melalui lubang Micro-USB dan butuh 2 jam untuk mengisi earpiece hingga penuh dan 2 jam untuk mengisi ulang case hingga penuh dan perangkat ini sudah diberikan sertifikasi IPX4 untuk tahan cipratan air.

Kesimpulan
Realme Buds Q cukup memuaskan. Harganya terjangkau dibanding kompetitor. Semua fitur cukup membuat perangkat ini menarik untuk dibeli. Realme Buds Q juga tahan lama. Kami suka lantaran tidak perlu repot mengecas, jadi bisa diandalkan untuk menemani berbagai kegiatan sehari-hari atau hanya sebagai piranti bawaan di dalam tas jika ingin menggunakannya suatu waktu.

Dari segi desain, Realme Buds Q juga cukup menarik. Saran kami, bagi konsumen wanita, beli Buds Q dengan warna putih atau kuning. Dengan desain membulat dan padanan warna terang, perangkat ini akan cocok bersanding di dalam tas bersama dengan kotak make-up.

Comment

News Feed