Bupati Martin Buka TMMD Kodim 1203 ke-108

Bupati Martin Buka TMMD Kodim 1203 ke-108

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1203 ke-108 di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, bertempat diruang data Makodim 1203/ Ketapang, Selasa (30/6/2020).

Bupati Ketapang mengatakan, pelaksanaan TMMD tahun 2020 akan berlangsung mulai tanggal 30 Juni 2020. Pelaksanaannya diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di Desa Beringin Rayo.

Menurutnya, kegiatan TMMD harus didukung seluruh pihak. Karenanya diperlukan sinergi antara TNI dengan rakyat serta Pemerintah Daerah. Sehingga desa dapat lebih berkembang dan mampu menggali semua potensi yang dimiliki, serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada dengan tetap bercirikan kearifan lokal.

“Desa Beringin Rayo merupakan salah satu desa berkembang. Melalui TMMD diharapkan dapat membantu mendorongnya menjadi sebuah desa yang lebih maju dan ke depan dapat menjadi desa mandiri,”

Baca Juga :  DPD BKPRMI Ketapang Masa Bakti 2023 - 2027 Resmi Dilantik

TMMD juga dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Bahkan merupakan salah satu contoh kegiatan produktif di masa Pandemi Covid-19. Sebab itu, diharapkan agar dalam penyuluhan hendaknya dapat pula diberikan edukasi kepada masyarakat Desa Beringin Rayo.

“Tujuannya agar mereka tetap produktif di masa pandemi Covid-19, yakni beraktivitas tetap menjalankan protokol kesehatan. Terlebih kita sedang berada di masa tatanan kehidupan normal baru atau new normal”.

Selain itu, Bupati mengajak kepada segenap anak bangsa di Kabupaten Ketapang untuk terus peduli membantu para korban yang terdampak bencana, baik akibat pendemi Covid-19 maupun akibat banjir yang baru-baru ini melanda di beberapa desa di Kecamatan Jelai Hulu dan Manis Mata.

“Bupati memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 1203 Ketapang beserta jajaran. Selamat menjalankan tugas, semoga TMMD tahun 2020 berjalan dengan lancar dan sukses,” ucapnya.

Baca Juga :  Dukung FOLU Net Sink Tahun 2030 dan Pemulihan Hutan Kalbar, Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Laksanakan Penanaman Pohon Serentak

Selanjutnya Dandim 1203, Letkol Kav Jami’an mengatakan, TMMD adalah program TNI yang tidak bekerja sendiri, melainkan melibatkan lintas sektoral. Seperti Polri, Kementerian, Lembaga Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“Tujuannya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan sekaligus membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” ungkap Dandim.

Selain itu, kegiatan TMMD merupakan suatu upaya TNI membantu pemerintah memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta membangkitkan kesadaran bela negara dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan.

“Yang tidak kalah penting adalah ikut menciptakan kondisi sosial masyarakat yang dinamis guna mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai hakekat ancaman,” lanjut Dandim.

Comment