by

Cedera Patah Tulang Selangka, Operasi Sukses, Dovizioso Siap Berlaga

KalbarOnline.com – Bintang Ducati Andrea Dovizioso sangat percaya diri bisa tampil dalam seri pertama di Jerez pada 19 Juli mendatang. Meski, dia baru saja mengalami patah tulang selangka.

Cedera itu dia dapatkan saat membalap dalam kejuaraan motocross di Monte Coralli, Faenza, Minggu lalu (28/6).

Dovi, sapaannya, langsung dioperasi. Kemarin pagi waktu setempat, dia sudah boleh meninggalkan rumah sakit. ’’Operasinya berjalan sangat lancar. Aku ingin berterima kasih pada seluruh tim medis yang melakukan pembedahan dengan sangat cepat,’’ kata Dovi dilansir GPOne.

Pembalap asal Italia tersebut mengaku tak lagi merasakan sakit. Hal itu membuatnya sangat optimistis. ’’Aku pulang pagi ini (kemarin, Red) dan siangnya aku langsung menyiapkan rehabilitasi,’’ ungkap Dovi.

’’Aku percaya diri dalam pekan-pekan ini aku sudah pulih dan sudah sepenuhnya prima sebelum hari pertama musim 2020,’’ tegasnya.

Pertanyaannya, sudah tahun musim 2020 bakal bergulir tiga pekan lagi. Bagaimana mungkin Ducati mengizinkan Dovi tampil dalam event yang cukup berisiko?

Well, dalam rilis resmi setelah kejadian, Ducati menyatakan bahwa Dovizioso telah mendapat izin untuk tampil di ajang tersebut sebagai bagian dari latihan.

’’Aku sudah berusaha sebaik-baiknya menghindari momen tersebut,’’ jelas Dovizioso. ’’Tapi, ketika mendarat, ban belakangku seperti menjauh dan aku langsung terjatuh,’’ tambah pembalap 34 tahun tersebut.

Setelah kejadian, pembalap asal Forlimpopoli, Italia, itu dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Modena untuk ditangani langsung dokter Giuseppe Poercellini.

Dokter Poercellini berpengalaman menangani cedera beberapa pembalap MotoGP. Termasuk Valentino Rossi. Dari hasil pemeriksaan, Dovizioso dinyatakan mengalami patah tulang selangka kiri.

Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti mengatakan, Dovizioso menjalani operasi pemasangan pelat. Ciabatti menyebut cedera yang dialami Dovizioso sejatinya tidak membutuhkan operasi. Namun, mereka mengambil langkah itu agar Dovizioso bisa pulih lebih cepat. ’’Targetnya adalah dia bisa tampil di Jerez,’’ ucap Ciabatti.

Jerez akan menjadi balapan pembuka MotoGP tahun ini. Pandemi Covid-19 memaksa MotoGP tinggal menyisakan 13 race sepanjang 2020. Alhasil, jika kehilangan satu balapan saja, tentu akan sangat berpengaruh bagi peluang Ducati memburu gelar juara dunia tahun ini.

Comment

News Feed