by

Bupati dan Ketua DPRD Ketapang Hadiri Pembukaan TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp

Pembukaan TMMD Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp

KalbarOnline, Ketapang – Pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-108 Kodim 1203/Ktp berlangsung di ruang data Makodim 1203/Ktp, Selasa (30/6/2020).

Kali ini Pembukaan TMMD tanpa diwarnai upacara di lapangan lantaran Kodim 1203/Ktp turut melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga pembukaan TMMD dilaksanakan di dalam ruangan dengan tetep menjalankan protokol kesehatan.

Pembukaan TMMD tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan TMMD oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan kepada Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Jami’an.,S.I.P.

Dalam sambutannya, Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Jami’an mengatakan kalau pembukaan TMMD Regelur ke-108 tahun anggaran 2020 ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya yang dibuka melalui upacara TMMD di lapangan.

“Hal ini sesuai dengan arahan pusat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” katanya.

Ia menyebutkan kalau TMMD Regelur ke-108 tahun anggaran 2020 ini akan dilakukan di wilayah Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi dengan membagi dua pekerjaan yaitu fisik dan non-fisik. Untuk kegiatan fisik sendiri ada tujuh sasaran yakni, merenovasi rumah ibadah tiga sasaran dengan meliputi Mushola dan Gereja Santo Yohanes, serta pembuatan Pagar Gereja Pante Kosta.

“Juga ada pembangunan sarana air bersih dan pengerjaan pipanisasi atau suatu metode anti rayap dengan cara menanamkan beberapa pipa PVC ke tanah sekitar pondasi bangunan, rabat beton dua titik sasaran, serta Penerangan Jalan sebanyak sembilan unit,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kalau untuk kegiatan nonfisik, pihaknya telah menyiapkan beberapa kegiatan, namun pihaknya tetap melakukan pertimbangan terkait dengan adanya upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Namun kita akan lebih menyesuaikan kepada kebutuhan masyarakat mengenai pola hidup bersih dan berbagai kegiatan yang dapat bermanfaat, baik jangka pendek maupun panjang,” sebutnya.

Sementara Bupati Ketapang, Martin Rantan mengatakan kalau pelaksanaan kegiatan TMMD tahun 2020 yang akan berlangsung mulai tanggal 30 Juni 2020 ini akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar di Desa Beringin Rayo.

“Kegiatn TMMD ini harus kita dukung penuh karena diperlukan sinergi antara TNI dengan Rakyat serta Pemerintah Daerah, agar desa dapat menjadi lebih berkembang dan mampu menggali dan mengelola potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada di desa dengan tetap bercirikan kearifan lokal,” ujarnya.

Martin juga mengatakan kalau Desa Beringin Rayo merupakan satu di antara desa berkembang yang diharapkan melalui TMMD ini dapat mendorong desa ini menjadi lebih maju dan ke depan dapat menjadi sebuah desa mandiri. Menurutnya kegiatan TMMD yang akan akan dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ini merupakan contoh kegiatan produktif di masa Pandemi Covid-19.

“Diharapkan agar dalam penyuluhan hendaknya dapat pula diberikan edukasi kepada masyarakat desa Beringin Rayo untuk tetap produktif di masa pandemi Covid-19 dengan beraktivitas tetap menjalankan protokol kesehatan karena kita sedang berada di masa tatanan kehidupan normal baru atau New Normal,” paparnya.

Senada dengan Bupati Ketapang, Ketua DPRD Ketapang, Febriadi juga menyambut baik dilaksanakannya TMMD Ke-108 di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi oleh Kodim 1203/Ktp beserta jajaran. Ia menilai pelaksanaan TMMD di wilayah itu akan menimbulkan hasil yang positif bagi perkembangan Desa.

“Kita memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim 1203/Ketapang beserta jajarannya. Selamat menjalankan tugas semoga TMMD di Tahun 2020 yang dilaksanakan di Desa Beringin Rayo ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ucapnya.

Kegiatan pembukaan TMMD Regelur Ke-108 Kodim 1203/Ketapang yang dibuka secara resmi oleh Bupati Ketapang itu dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan TMMD oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan kepada Dandim 1203/Ketapang, Letkol Kav. Jami’an. (Adi LC)

Comment

News Feed