Tidak Selalu Indah, Inilah 7 Sumber Masalah dalam Hubungan!

Tidak ada hubungan yang bebas dari masalah. Kalau kata orang-orang sih, masalah dalam hubungan justru menjadi ‘bumbu-bumbu’ yang membuat Kamu dan pasangan semakin erat satu sama lain.

Ketika Kamu dan pasangan bisa menyelesaikan masalah, berarti kalian sudah dewasa dan mampu menunjukkan bahwa kalian mampu mempertahankan kehidupan cinta. Bagi pasangan baru, penting nin untuk mengetahui apa saja masalah yang paling sering terjadi dalam hubungan asmara. Dengan begitu, Kamu dan pasangan bisa dengan bijak menyikapinya.

Baca juga: Apakah Hubungan Anda dan Pasangan Sudah Sehat?

Masalah dalam Hubungan yang Paling Sering Ditemui

Menjalani hubungan dengan seseorang berarti mempertemukan dua kepribadian dan pemikiran yang berbeda. Hal ini tentu saja tidak mudah dan bisa memicu banyak masalah serta perselisihan.

Akan tetapi, bukan berarti Kamu dan pasangan jadi menghindarinya. Sebaliknya, Kamu perlu mengenali dengan betul faktor pemicu timbulnya masalah tersebut, sehingga Kamu dan pasangan bisa mencari solusi yang tepat.

Berikut ini beberapa masalah umum dalam hubungan yang mungkin bisa Kamu dan pasangan alami.

1. Komunikasi

Semua masalah dalam hubungan umumnya berawal dari komunikasi yang buruk. Perlu diingat bahwa Kamu tidak akan pernah bisa berkomunikasi dengan baik pada pasangan jika Kamu masih terus sibuk dengan gadget, menonton televisi, atau sambil membaca majalah.

Solusi:

Buatlah perjanjian bersama, misalnya jika sedang dengan pasangan, Kamu dan Dia tidak boleh terus menerus mengecek handphone. Lalu, jika Kamu dan pasangan terbiasa berkomunikasi dengan nada suara yang keras, cobalah untuk pergi ke tempat umum, di mana Kamu akan merasa malu untuk saling berteriak.

Usahakan juga untuk tidak menyela pasangan saat ia sedang berbicara. Gunakan bahsa tubuh yang menunjukkan bahwa Kamu memang fokus mendengarkan saat pasangan berbicara.

2. Seks

Seks bisa mempererat hubungan, atau justru menjadi masalah bahkan pada pasangan yang saling mencintai sekalipun. Seks juga membutuhkan komunikasi, waktu yang tepat, dan kesamaan frekuensi. Jika ada salah satu yang tidak sesuai, bukan keintiman yang didapat melainkan kekecewaan.

Baca Juga :  Apa Saja Sih Manfaat Susu Kedelai untuk Anak?

Solusi:

Rencanakan momen intim bersama pasangan, tidak harus selalu di malam hari. Kamu bisa mencobanya melakukan saat pagi hari atau saat akhir pekan tanpa ada gangguan. Ketika hubungan seks direncanakan, Kamu dan pasangan pasti akan berusaha mempersiapkannya dengan baik.

Selain itu, cobalah juga untuk lebih mengeksplorasi hal-hal baru yang mungkin bisa membuat pengalaman seksualmu dan pasangan terasa lebih panas. Jika masalah hubungan seksual ternyata tidak bisa Kamu selesaikan secara pribadi dengan pasangan, cobalah untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli seperti terapis seks guna mendapat solusi yang tepat.

3. Uang

Masalah keuangan dalam hubungan bahkan bisa terjadi sebelum kehidupan rumah tangga dimulai. Ini bisa saja terakumulasi jauh sebelumnya, misalnya dari biaya pacaran atau tingginya biaya pernikahan. Jika Kamu dan pasangan termasuk yang mengalami kondisi ini, maka pastikan untuk membicarakannya secara terbuka.

Solusi:

Jujurlah dengan kondisi keuangan saat ini dan belajarlah untuk mulai menyesuaikannya. Tak perlu saling menyalahkan. Sebaliknya, carilah penyelesaian dengan membuat anggaran bersama dan menentukan siapa yang lebih bisa mengontrol keuangan dalam hubunganmu. Tentukan juga tujuan jangka pendek dan panjang, baik bagi diri sendiri ataupun bersama.

Baca juga: 5 Tanda Hubungan yang Sarat Kekerasan Psikologis

4. Pekerjaan rumah

Sebagian besar pasangan bekerja di luar rumah dan seringkali lebih dari satu jenis pekerjaan. Jadi, penting untuk saling membagi pekerjaan rumah tangga, agar salah satu pihak tidak merasa kelelahan sendiri.

Solusi:

Bersikaplah teratur dan buatlah kesepakatan yang jelas satu sama lain mengenai kewajiban rumah tangga yang perlu dilakukan. Selain itu, Kamu dan pasangan juga bisa menggunakan jasa layanan rumah tangga untuk membantu pekerjaan yang mungkin belum selesai.

5. Tidak menjadikan hubunganmu prioritas

Jika Kamu ingin kehidupan cinta berjalan dengan baik, maka menjadikan hubunganmu sebagai prioritas sangatlah penting. Mungkin setelah cukup lama bersama, Kamu akan merasa hubungan ini tidak semenarik pada awalnya, namun sebisa mungkin tetap jadikan hubunganmu prioritas.

Baca Juga :  Mahasiswa FK Untan Edukasi Ibu-ibu di Rasau Jaya Pentingnya Gizi Anak

Solusi:

Cobalah untuk melakukan lagi hal-hal yang sering Kamu dan pasangan lakukan pada saat awal. Rencanakan waktu kencan atau momen berdua yang romantis. Tunjukkanlah bahwa Kamu selalu menghargai keberadaan pasangan, ucapkan terima kasih atau berikan pujian untuk dirinya. Hal-hal yang terkesan sepele seperti ini justru bisa membuat pasangan merasa bahwa dirinya penting dalam hidupmu.

6. Perselisihan

Perselisihan adalah bagian dari kehidupan. Tetapi, jika Kamu dan pasangan merasa masalah yang diperdebatkan selalu sama tanpa ada solusinya, maka ini saatnya bagi kalian untuk mengevaluasi kembali dan berusaha memperbaikinya.

Solusi:

Saat berdebat, rasanya sulit untuk mengalah, terlebih jika memang bukan Kamulah yang melakukan kesalahan. Namun, sebisa mungkin usahakan untuk meredam emosi dan berdebatlah dengan cara yang lebih sopan.

Berusahalah tetap tenang, pikirkan kembali setiap kata yang Kamu lontarkan saat berdebat, apakah kata-kata tersebut hanya untuk menyerang, atau justru untuk meredakan perdebatan yang terjadi. Jika memang Kamu merasa perdebatan ini bermula darimu, maka jangan malu untuk segera mengakuinya. Minta maaflah pada pasangan dan cari solusi untuk memperbaikinya.

7. Kepercayaan

Kepercayaan adalah bagian penting dalam hubungan. Lalu, bagaimana jika Kamu merasa ada hal-hal yang membuatmu jadi sulit percaya pada pasangan?

Solusi:

Untuk meningkatkan kepercayaan satu sama lain, Kamu dan pasangan bisa melakukan beberapa hal, misalnya bersikap konsisten dengan apa yang telah dikatakan, jangan menutupi hal sekecil apapun dari pasangan, jadilah pendengar yang baik, dan libatkan pasangan dalam setiap aspek kehidupanmu.

Setiap hubungan pasti tidak akan luput dari masalah. Akan tetapi, ketika Kamu dan pasangan bisa melewatinya, percayalah bahwa hubunganmu akan menjadi semakin kuat di kemudian hari. (BAG)

Baca juga: Hubungan yang Tahan lama, Punya 9 Karakteristik Ini!

Sumber:

WebMD. “7 Relationship Problems and How to Solve Them“.

Comment