by

Peringati Harganas ke-27 di Tengah Pandemi, Muda : Rumah Tangga Benteng Terakhir

Peringati Harganas ke-27 di Tengah Pandemi, Muda : Rumah Tangga Benteng Terakhir

KalbarOnline, Kubu Raya – Memperingati momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BP3KB) Kabupaten Kubu Raya menggelar pelayanan sejuta akseptor KB terhadap pasangan suami istri yang dilaksanakan secara serentak oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di sembilan kecamatan Kabupaten Kubu Raya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyatakan, pelayanan akseptor KB ditargetkan 634 pasangan suami istri diseluruh kecamatan. Walaupun momentum Harganas ditengah pandemi, edukasi terhadap masyarakat untuk membentuk keluarga yang berkualitas sangatlah penting.

“Walaupun di tengah pandemi tetapi semangat kita untuk memperkuat sektor rumah tangga ini justru lebih ditingkatkan, karena benteng terakhir adalah di rumah tangga,” ucap Bupati Muda Mahendrawan ditemui usai meninjau pelayanan KB sejuta apsektor di Komplek Perkantoran Terpadu Jalan Adi Sucipto Kubu Raya, Senin (29/6/2020).

Menurut Bupati apabila disetiap rumah tangga terutama kepala rumah tangga saling melindungi, menjaga serta mengingatkan merupakan wujud keluarga yang sejahtera serta berkualitas. Dengan setiap rumah tangga mengikuti program Harganas maka perencanaan dalam membentuk rumah tangga yang bahagia dapat terwujud.

“Program peningkatan kesehatan rumah tangga juga telah dilakukan Pemerintah Kubu Raya, contohnya program pelayanan kesehatan terpadu Salju (selasa-jumat) yang dipadukan dengan program KB bersama tenaga kesehatan yang ada disetiap Puskesmas,” terangnya.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BP3KB) Kubu Raya, Diah Tut Wuri Handayani mengatakan, melalui momentun Harganas tahun 2002 ini aplikasinya berupa gerakan sejuta apsektor. Yang mana untuk hari ini dilakukan serentak yang dilakukan di semua Puskesmas dan jejaringnya. Untuk di Ibukota Kabupaten Kubu Raya dilakukan di Balai Penyuluh KB Kecamatan Sungai Raya.

“Untuk Balai Penyuluh KB Kecamatan Sungai Raya, kita melayani calon apsektor sebanyak 103 peserta dan calon peserta apsektor dari 3 Desa, diantaranya Desa Arang Limbung, Desa Kuala Dua dan Desa Limbung, namun kami juga tetap melayani bagi peserta apsektor yang mendaftar dari desa lainnya,” terangnya.

Diah menambahkan, jumlah keseluruhan apsektor yang dilayani pada hari ini sebanyak 634 peserta yang tersebar di 20 Puskesmas di 9 Kecamatan. Pihaknya juga mengapresiasi dan berterima kasih atas  kolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan DPMD dalam membantu mensukseskan kegiatan pelaksanaan gerakan sejuta apsektor dalam rangka Harganas ke-27.

“Harganas tahun 2020 ini mengusung tema ‘Dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir di Dalam Keluargamu’. Sesuai arahan dari Pemerintah pusat kegiatan ini hanya untuk pelayanan apsektor KB. Mengingat ini merupakan upaya untuk mengatasi kunjungan apsektor KB ke Puskesmas karena kondisi pandemi Covid-19. Semua ini merupakan bentuk pelayanan yang diberikan diluar pelayanan rutin yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan,” ucapnya. (ian)

Comment

News Feed