by

Ini Tipsnya Berciuman untuk Tingkatkan Keromantisan Hubungan

Mencium pasangan bisa menjadi salah satu ekspresi rasa sayang. Selain itu, mencium juga bisa menjadikan momen romantis kian memanas. Para ahli bahkan mengatakan bahwa berciuman memainkan peran penting dalam setiap hubungan. “Ini akan memupuk keromantisan,” kata Michael Christian, penulis The Art of Kissing. Semakin sering seseorang mencium pasangannya, maka semakin romantis pula tingkat komunikasi mereka dalam hubungan.

Baca juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berciuman

Tips Berciuman dalam Hubungan untuk Meningkatkan Keromantisan

Jika ini adalah hubungan pertamamu, Kamu mungkin bingung untuk memulainya. Nah, untuk membantumu, berikut ada beberapa tips berciuman dalam hubungan yang bisa dilakukan. Dijamin pasanganmu tidak akan menolaknya, deh!

1. Bicarakan

Banyak pasangan ragu-ragu dan malu membicarakan tentang momen berciuman. Jika ternyata momen berciuman di luar harapan, inilah saatnya untuk membicarakan hal tersebut dengan pasangan.

Jangan malu untuk memberi tahu pasangan apa yang Kamu sukai atau bertanya apa yang dia sukai. Hanya saja, jangan lakukan itu saat Kamu sedang berciuman karena pasangan akan menganggapnya sebagai sebuah penolakan atau kritikan. Jadi, pastikan Kamu mencari waktu lain untuk membicarakannya dengan pasangan.

2. Hindari kesalahan saat berciuman

Sebagian besar dari kita tentu memiliki preferensi yang berbeda-beda ketika berciuman. Namun, Michael mengatakan bahwa kesalahan terbesar pria saat mencium pasangannya adalah mereka terlalu agresif dengan lidah mereka. Sebaliknya, pria merasa bahwa wanita tidak ingin membuka mulut mereka cukup lebar saat berciuman.

Terkadang, keluhan utama saat berciuman adalah kurangnya variasi. Oleh karena itu, Michael merekomendasikan setiap pasangan untuk mencium bagian-bagian berbeda dari wajah pasangan dan memberikan perhatian khusus pada telinga dan leher. Michael juga menyarankan untuk menggigit bibir bagian bawah serta daun telinga pasangan dengan lembut sebagai variasi.

Baca juga: Wow! Ada Manfaat Ciuman & Pelukan Dengan Pasangan?

3. Selalu jadikan momen berciuman berkesan

Beberapa orang akan mengingat momen ciuman pertama mereka meskipun sudah berlalu sangat lama. Hal ini menunjukkan bahwa ciuman pertama menjadi momen yang berkesan bagi setiap orang.

Kendati demikian, bukan berarti ciuman kedua, ketiga, atau kesekian kali sudah tidak lagi berkesan. Justru sebaliknya, inilah tugasmu dan pasangan untuk membuat setiap momen berciuman menjadi momen yang berkesan.

Dua kunci ciuman yang berkesan adalah menyenangkan pasangan dan tentunya diri sendiri. Marilyn Anderson, penulis Never Kiss a Frog: A Girl’s Guide to Creatures from the Dating Swamp, menyarankan agar setiap kali Kamu mencium pasangan, pastikan Kamu mencurahkan seluruh kekuatan tubuh dan pikiranmu ke momen-momen tersebut.

“Meski tanpa mengucapkan kata-kata, bibirmu seakan bisa mengisyaratkan keromantisan selama berciuman,” ujar Marilyn.

Marilyn juga menyarankan untuk cobalah memulai dengan ciuman lembut di leher, naik ke telinga, lalu berakhir pada bibir. Jangan lupa untuk mengambil jeda sejenak lalu kembali mencium bibirnya. Tak perlu terlalu terpaku dengan apa yang ingin Kamu lakukan atau bagian mana yang akan Kamu cium selanjutnya, cukup nikmati momen-momen tersebut.

Untuk semakin meningkatkan gairah ketika berciuman, cobalah untuk meletakkan tanganmu pada bagian leher pasangan. Ciuman yang baik itu memiliki arti yang dalam dan penuh perasaan, sehingga Kamu dan pasangan bisa merasakan cinta satu sama lain.

4. Jangan kehilangan gairah untuk berciuman

Di awal hubungan, setiap momen memang terasa manis. Kamu dan pasangan rasanya ingin berciuman sesering mungkin. Hal ini mungkin akan berbeda ketika Kamu dan pasangan mulai menjalani hubungan cukup lama. Tak jarang, pasangan berhenti berciuman setelah beberapa tahun hidup bersama dan akhirnya kehilangan momen intim tersebut. Dalam sebuah jajak pendapat Redbook, sekitar 79% wanita mengatakan bahwa mereka tidak lagi mencium suami mereka.

Marilyn mengatakan bahwa pasangan harus tetap berciuman selama menjalani hubungan bersama. Hubungan emosional yang dibangun dari ciuman tidak hanya dibentuk ketika awal Kamu dan pasangan menjalin hubungan, melainkan setiap saat. Jangan biarkan gairah untuk melakukannya menghilang.

5. Hindari bau mulut

Tidak ada yang lebih buruk dari mencium seseorang dengan bau mulut. Rutinlah menggunakan penyegar mulut, praktikkan kebersihan gigi, dan hindari makanan yang meninggalkan bau tidak sedap sebelum berciuman, seperti bawang putih, susu, dan jagung.

Berciuman merupakan salah satu ekspresi untuk menunjukkan bahwa Kamu sangat mencintai pasangan. Jadi, pastikan momen tersebut berkesan bagi dirimu dan juga pasangan, ya! (AS)

Baca juga: Bagi Wanita, Ciuman Lebih Romantis daripada Seks

Sumber:

WebMD. “Kissing Secrets Revealed“.

Comment

Terbaru