by

7 Jenis Seafood untuk Penderita Diabetes

Tubuh penyandang diabetes tidak dapat memanfaatkan dan menyimpan gula yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Ini terjadi karena hormon insulin yang bertanggung jawab untuk memanfaatkan glukosa, gagal berfungsi dengan tepat. Itulah kenapa, banyak komplikasi yang dialami penderita diabetes apabila mereka tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Lantas, siapa bilang penderita diabetes tidak boleh makan seafood? Pakar diabetes merekomendasikan penderita diabetes makan ikan untuk kesehatan jantung.

“Ikan merupakan pilihan protein yang bagus, sumber lemak sehat karena mengandung vitamin dan mineral penting,” kata Cassandra Rico, MPH, RD, direktur nutrisi di American Diabetes Association. Beberapa jenis seafood untuk penderita diabetes berikut ini sangat direkomendasikan.

Baca juga: Apakah Singkong Bisa Menggantikan Nasi untuk Penderita Diabetes?

Beberapa Jenis Seafood untuk Penderita Diabetes

Makanan laut hampir tidak mengandung karbohidrat. Asam lemak omega-3 pada makanan laut sangat membantu dalam menangani komplikasi terkait jantung yang sangat umum pada semua pasien diabetes. Namun begitu, tidak semua seafood boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

“Ada beberapa seafood yang harus dikonsumsi dalam batas wajar, tidak boleh berlebihan. Untuk ikan, Kamu bisa menambahkan beberapa bumbu dan memanggangnya dalam oven karena jauh labih mudah untuk dipersiapkan. Jadi, jangan ragu memasukkan seafood ke dalam diet diabetes tipe 2 Kamu,” beber Cassandra.

Inilah jenis seafood untuk penderita diabetes yang direkomendasikan:

1. Salmon

Salmon berada di urutan teratas jenis seafood yang direkomendasikan untuk penderita diabetes karena mengandung asam lemak omega-3, lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, kulit, dan otak.

Untuk penderita diabetes, pilihan tepat untuk mengonsumsi salmon adalah dengan cara merebus atau memanggangnya dalam oven dengan suhu 176 derajat Celsius hingga 205 derajat Celsius. “Jika irisan salmon tidak tebal, Kamu bisa menumisnya atau memanggangnya. Jangan lupa tambahkan perasan lemon segar,” kata Cassandra.

2. Ikan Nila

Nila merupakan ikan rendah lemak dengan kandungan protein tinggi. Ikan nila cukup mudah ditemukan dalam bentuk fillet segar dan beku. “Saya suka menumis nila. Tambahkan sayuran kukus atau panggang serta beras merah atau roti gandum,” jelas Cassandra.

3. Trout

Rainbow trout merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Untuk penderita diabetes, cobalah masak ikan ini dengan memanggangnya tanpa garam atau tambahkan sedikit perasan jeruk lemon.

Jika ingin menambahkan garam, jangan terlalu banyak karena penderita diabetes harus mengonsumsi kurang dari 2.300 mg garam per hari berdasarkan American Heart atau 1.500 mg jika memiliki tekanan darah tinggi.

Baca juga: Jangan Dibuang, Banyak Manfaat Tinta Cumi untuk Kesehatan!

4. Udang

Karena udang mengandung kolesterol yang cukup tinggi dibandingkan makanan laut lain, banyak penderita diabetes yang menghindari makan udang. Tapi, makan satu porsi udang yang dimasak sehat seminggu sekali atau dua minggu sekali tidak akan memberikan dampak negatif terhadap diet diabetes, terutama jika Kamu melakukan diet rendah lemak. “Satu porsi udang dengan berat 3 hingga 4 ons udang mengandung kolesterol sebanyak satu butir telur,” jelas Cassandra.

5. Lobster

Diabetesfriends, Kamu boleh kok makan lobster. Asalkan dengan porsi kontrol, tidak berlebihan. Daripada menambahkan garam, rebuslah kerang dengan daun salam.

6. Tuna

Tuna segar atau beku bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. “Pilih tuna yang dikalengkan dalam air daripada dikemas dalam minyak untuk setengah kalori dan hampir tanpa lemak. Campur dengan sedikit yoghurt atau masukkan ke dalam salad.

7. Sarden

Ikan sarden kalengan merupakan pilihan sehat untuk penderita diabetes. Itu karena, sarden kaya akan kalsium, vitamin D, dan asam lemak omega-3. Inilah mengapa, sarden merupakan makanan yang sangat baik untuk dimasukkan sebagai bagian dari diet diabetes dan program kesehatan tulang. Pilih sarden yang mengandung rendah garam.

Baca juga: Inilah Pilihan Seafood Terbaik dan Terburuk untuk Dikonsumsi

Referensi:

EverydayHealth. The Best Seafood for People With Diabetes

Diabetes Self Caring. What Are The Best Seafood For Diabetics?

Comment

News Feed