by

Mi TV 4 Layar 55 Inci, Harga Terjangkau dan Dilengkapi Fitur Berlimpah

KalbarOnline.com – Berdasar hasil survei Nielsen Media (Indonesia) yang dirilis pada Maret 2020, terlihat adanya peningkatan akses internet melalui smart TV sebanyak 17 persen pada 2019 dari hanya 7 persen pada 2017. Hal ini menggambarkan masyarakat Indonesia semakin familiar dengan kegunaan dan keunggulan smart TV.

Menangkap situasi tersebut, kini banyak merek perangkat elektronik membesut smart TV alias TV pintar. Tak sampai di situ, perusahaan teknologi lain semisal pembuat smartphone juga kini mulai banyak yang terjun ke bisnis ini, salah satunya Xiaomi.

Di Indonesia, belum lama ini Xiaomi membesut satu lagi smart TV anyar. Perangkat tersebut adalah Mi TV 4 yang ditawarkan dengan pilihan 43 inci dan 55 inci. Seperti smartphonenya, TV pintar Xiaomi ditawarkan dengan harga yang menggiurkan dan boleh juga di bilang merusak harga pasar. Betapa tidak, untuk top varian 55 inci saja hanya dijual seharga Rp 4,9 jutaan sementara model dengan layar 43 inci di rentang harga Rp 3,3 jutaan.

Soal Mi TV 4, seperti biasa sebagai perangkat teknologi terkini, KalbarOnline.com berkesempatan menjajal dan tentunya mengulas perangkat TV pintar itu. Adapun yang kami ulas adalah varian tertinggi yakni Mi TV 4 55 inci yang menurut kami sangat menjadi penantang merek-merek lain untuk fitur dan teknologi yang ditawarkan. Simak ulasannya.

Desain
TV menjadi salah satu produk yang penting di sektor desain. Pasalnya, TV biasa diletakan di area yang cukup terlihat seperti di ruang tamu, ruang keluarga atau kamar yang dalam hal ini cukup mempengaruhi detail estetika dari sebuah ruangan. Aspek desain bagi TV saat ini sangat penting mengingat fungsinya tidak hanya sebagai perangkat entertain tetapi juga bagian dari elemen desain sebuah ruangan.

Di sisi desain, hadir dengan warna hitam dan penutup belakang logam, Mi TV 4 55 inci menawarkan desain minimalis yang menurut kami elegan. Desain smart TV ‘murah’ ini bagi kami tak terkesan murahan, itulah mengapa kami sebut ini sebagai penantang merek lain dengan harga yang mungkin jauh lebih mahal. Itu baru aspek desain, masih ada yang lain.

Secara hitung-hitungan, Mi Tv 4 55 inci memiliki dimensi tinggi, lebar dan ketebalan hanya 1232.1 x 730.6 x 4.9 mm. Selain itu, bobot keseluruhan TV ini juga hanya berada di kisaran angka 17,8 Kg saja ditambah dengan dua kaki penyangga di bagian bawah.

Kendati memiliki layar besar, Mi TV 4 55 inci dengan desain dan hitung-hitungan dimensi demikian menurut kami cukup bisa menyatu sempurna dengan dekorasi ruangan dengan warnanya yang hitam mengkilap. Ukuran bezel (frame luar) TV ini juga tipis, yaitu 11 mm yang terlihat elegan namun fungsional saat digunakan.

Di bagian lain, sebagai identitas, di TV ini terdapat logo MI yang berada di tengah bezel di bagian bawah TV. Ukurannya kecil namun cukup terlihat. Di sudut lain seperti kanan, kiri, atau bawah nyaris polos. Di area tersebut tak akan dijumpai tombol fisik apapun.

Satu-satunya tombol adalah tombol power yang letaknya tepat di bawah TV, persis berada di kolong logo MI. Semua fungsi lain diatur lewat remote control yang tak kalah cerdasnya. Sementara di bagian belakang, tampak beberapa port untuk berbagai kebutuhan koneksi seperti satu port RCA, Ethernet, 3 port HDMI, 2 port USB dan tak ketinggalan satu port antenna analog untuk yang masih menginginkan fungsi TV konvensional berbasis Free To Air pada smart TV ini. Selain itu, untuk koneksi nirkabel, TV ini juga sudah dibekali dengan opsi nirkabel termasuk Wifi 2.4/5 Ghz dan Bluetooth 4.2.

Spesifikasi Teknis
Dari sisi jeroan, TV pintar Xiaomi ini untuk bisa menyala dibutuhkan daya listrik 140 W. Di sisi hardware, TV ini ditenagai prosesor High Speed Amlogic Quad Core 64 bit. Prosesor datang dipadukan dengan prosesor grafis Mali-450MP dan ruang penyimpanan 8 GB eMMC dengan 2 GB RAM DDR yang bisa membuat fungsi TV ini menjadi semakin andal.

Spesifikasi lain, Mi TV 4 kini dilengkapi dengan pengaturan 2 speaker 10W dengan sistem refleksi yang mendukung kualitas suara DTS-HD dan Dolby. Seri lanjutan dari Mi TV 4A ini berdasarkan pengujian kami memiliki kualitas suara yang baik tanpa butuh speaker eksternal tambahan. Sajian suara detail, efek Dolby yang hadir juga memukau bak nonton TV di bioskop.

Bicara teknis dan spesifikasi, TV dengan bentang layar 55 inci ini kendati dijual dengan harga murah juga sudah dibekali dengan resolusi tinggi. Layar 55 inci ini punya resolusi 4K yang tajam dan warna yang cerah dengan HDR 10-bit.

Dari segi spesifikasi layar, perangkat TV ini membawa resolusi 4K atau Ultra HD dengan 3.840 x 2.160 piksel. Refresh rate dari layarnya sendiri adalah 60 Hz dan sudah didukung oleh Vivid Picture Engine untuk gambar yang semakin tajam. Dari segi output, TV ini dengan spesifikasi yang dibeberkan di atas mampu menampilkan gambar MPEG, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, H.263, H.264, H.265 dan VP8 serta VP9, cukup lengkap untuk berbagai kebutuhan penyuka konten dari banyak saluran.

Tak ketinggalan, untuk kontrol jarak jauh, smart TV ini sudah dibekali dengan remote control yang tak kalah pintar. Remotenya pun sangat minimalis, Anda tak akan menemukan tombol angka untuk pindah channel seperti pada TV biasa, semua fungsi bisa diakses lewat tombol navigasi yang akan bisa diarahkan pada menu yang ada di MI TV.

Selain itu, pada remote control juga terdapat tombol shortcut untuk langsung masuk ke PrimeVideo, channel TV milik Amazon dan ada tombol short cut ke Netflix serta MI. Remote control MI TV 4 juga bisa digunakan untuk menulis lewat keyboard virtual yang ada.

Hal tersebut memungkinkan untuk mencari judul film atau mencati judul aplikasi. Ada juga tombol Google Assistant yang bisa Anda gunakan dengan perintah suara. Anda cukup menyebutkan judul pencarian lewat dengan cara berbicara lewat Remote Control jika malas mengetik manual. Sangat mudah.

Fitur
Pengoperasian TV ini juga mudah. Berbagai fitur unggulan hadir pada TV ini. Jika dibandingkan dengan model terdahulu yang juga pernah kami ulas, peningkatan pada TV ini cukup kentara.

MI TV 4 menjalankan OS Android dan untuk melakukan penyetingan awal, seperti menghubungkan TV ke Wifi bisa dilakukan dengan mudah. Anda cukup mengikuti instruksi yang ada di layar TV pada saat mengaktifkannya.

Karena sudah menjalankan OS Android, penambahan berbagai aplikasi lainnya dari Google Play Store juga dimungkinkan. Misalnya aplikasi VPN, yang biasanya diperlukan untuk mengakses layanan Netflix dari provider internet yang membatasinya. Atau, bisa juga menambah aplikasi layanan video lainnya yang banyak tersedia termasuk menambahkan aplikasi games.

Keistimewaan lainnya dari TV cerdas ini ada pada antarmuka atau User Interface (UI) PatchWall 3.0 milik Xiaomi yang dirancang khusus untuk Indonesia. PatchWall 3.0 ini menyatukan beragam mitra penyedia konten seperti Netflix, Vidio, Catchplay Plus, dan IFlix, menghasilkan lebih dari 700.000 jam tayangan untuk hiburan yang tak terbatas.

Pencarian universal PatchWall membuatnya mudah untuk menemukan konten, bersama dengan rekomendasi yang dipersonalisasi dan kategorisasi cerdas. Didukung oleh Android TV, seperti sudah disinggung di atas, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menonton video dari YouTube serta memanfaatkan keseluruhan fitur seperti Chromecast yangada di dalamnya dan Google Voice Search.

Channel TV konvensional seperti RCTI, SCTV dan saluran lain bisa dengan mudah menggunakan layanan streaming. Kalau tetap mau yang konvensional atau menggunakan layanan TV analog dengan antenna biasa juga tetap bisa.

Berbagai kebutuhan menonton dari TV ini dapat digunakan dengan mudah. Mau nonton apa? Via platform Video on Demand (VoD) apa? Bisa tinggal klik. Misalnya mau menonton via Netflix, tinggal klik platform tersebut yang sudah terinstal dan konten dapat dengan mudah dan cepat disaksikan. Begitupun dengan platform lainnya.

Kesimpulan
TV pintar Xiaomi ini membawa banyak keunggulan namun tetap mudah dioperasikan. Orang-orang yang tak paham smart TV pun berdasarkan pengalam kami dapat dengan mudah dan cepat akrab dengan berbagai program dan fitur di TV ini.

TV ini untuk kebutuhan entertainment dan konsumsi konten video sangat mengagumkan mengingat harga yang ditawarkannya. Gambar dengan resolusi tinggi, kualitas suara mumpuni serta banyak pilihan platform VoD menjadikan TV ini cocok bagi mereka yang gemar menonton.

Dari segi penggunaan, TV ini juga ramah pengguna baru. Bagi yang pertama memiliki smart TV, mungkin Mi TV 4 55 inci ini bisa jadi pilihan. Operasional perangkat tak merepotkan dan bisa juga dijadikan layar pengganti smartphone dengan Chromecast built in di dalam TV ini.

Foto-foto: Rian Alfianto/KalbarOnline.com

Comment

Terbaru