by

Realme Watch, Arloji Pintar Pertama Realme, Praktis dan Tangguh

KalbarOnline.com – Realme di Indonesia mulai mengumumkan kesiapannya masuk ke sektor bisnis lain selain menjual smartphone. Perangkat terkoneksi internet atau Internet of Things (IoT) dikonfirmasi akan mulai banyak masuk mulai 2020 ini termasuk earphone nirkabel, gelang pintar atau smart band, sampai smartwatch atau arloji pintar.

Realme kemudian memulainya dengan membesut smart band pertamanya pada akhir April 2020 lalu. Kini, melanjutkan strateginya yang mulai merangsek masuk ke pasar perangkat IoT, Realme resmi membawa smartwatch perdananya yang disebut Realme Watch.

Peluncuran Realme Watch sendiri selain berbarengan dengan dua perangkat smartphone X3 SuperZoom dan Realme Narzo juga turut memperbarui model earphone True Wireless Stereo (TWS) Realme Buds Air Neo. Earphone wireless anyar Realme itu kini hadir dengan fitur tambahan seperti playback 17 jam, super low latency, 13 mm bass boost driver, gaming mode dan fitur unggulan sebelumnya open up auto connection.

Realme Watch sudah KalbarOnline.com kami jajal di awal. Dengan banderol harga yang ekonomis dan membawa tagline ‘Time to be Smarter’, berikut ulasan Realme Watch.

Desain
Dari segi desain, perangkat smartwatch ini hadir dengan faktor bentuk yang familiar. Bentuk dan desain pokok arlojinya berbentuk square atau persegi, persis dengan smartwatch lain dari kompetitor termasuk Apple dengan Apple Watch.

Realme Watch hadir dengan layar sentuh berwana yang besar 1,4 inci (3,5 cml) dengan resolusi 320 x 320 pixel (323 PPI) yang menampilkan visual cukup jelas dan nyata. Sentuhan responsif memungkinkan pengguna mengontrol jam tangan dengan mudah.

Dengan kecerahan maksimum hingga 380 nits dan penyesuaian kecerahan layar hingga 10 tingkat, pengguna dapat melihat layar secara jernih di mana saja. Permukaan layar juga sudah dilapisi dengan menggunakan Gorilla Corning Glass 2.5D, dikombinasikan dengan bingkai membulat, cukup memberikan sentuhan mulus dan lebih nyaman.

Terdapat dua desain tali yang tersedia (classic design dan fashion design) dan empat warna (hitam, biru, merah, dan hijau) untuk strap jam tangan yang unik. Dengan tombol khusus untuk melepaskan strap, pengguna diklaim akan lebih mudah untuk mengganti strap jam tangan. Selain itu, jam tangan pintar ini beratnya hanya 31 gram dan terbuat dari silicon, yang lembut dan ramah di kulit, dan tidak mudah pudar atau kotor.

Dalam paket penjualan, smartwatch ini hadir dengan aksesori lain berupa dock charger magnetik ditambah dengan buku panduan dan kartu garansi. Boks atau kotak penjualannya sendiri berbentuk persegi panjang dan berwarna kuning cerah persis seperti kotak penjualan smartphone Realme. Sementara bicara angka, jam tangan pintar ini secara dimensi hadir dengan ukuran 36,5 mm x 11,8 mm x 256 mm (Lebar x Tinggi x Panjang) dengan berat keseluruhan hanya 31 gram saja.

Wujud Realme Watch (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Spesifikasi
Arloji pintar ini untuk mendukung performa harian penggunanya hadir dengan sokongan baterai 160 mAh. Dengan ukuran baterai segitu pada sebuah perangkat arloji pintar, berdasarkan pengujian mampu bertahan dalam masa pakai selama 7-9 hari dengan berbagai fitur di dalamnya aktif dan terkoneksi smartphone menggunakan aplikasi cerdas pendaming Realme Link. Sementara kalau hanya fungsi jam tangan saja, perangkat ini sanggup bertahan hingga 20 hari penggunaan.

Spesifikasi lainnya dari perangkat jam tangan pintar Realme ini adalah 3-axis accelerometer, Heart rate sensor, Rotor Vibration motor sampai ketahanan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan sertifikasi IP68 Water Resistance Rating. Selain itu, untuk kebutuhan koneksi, jam pintar ini sudah dibekali dengan teknologi Bluetooth 5.0, Realme Link APP dan berjalan pada sistem operasi (OS) Android 5.0+.

Penggunaan
Saat menggunakan jam tangan pintar ini, penggunaan awalnya terbilang mudah. Ada satu tombol fisik di area samping kanan pada perangkat ini. Cukup ditekan selama tiga detik untuk mengaktifkan Realme Watch. Namun saat pertama kali digunakan, pastikan untuk mengisi daya jam tangan untuk mengaktifkannya dan sudah mengunduh aplikasi Realme Link di smartphone yang akan dipasangkan dengan jam tangan ini. Kalau sudah, penggunaan bisa dilakukan dengan cukup banyak mengeksplor fitur-fitur jam ini.

Tampilan standar watch face pada Realme watch dapat menampilkan enam data utama yakni waktu, tanggal, cuaca, langkah, detak jantung, dan kalori yang merupakan hal yang paling diinginkan oleh pengguna. Sementara itu, pengguna juga dapat memilih satu di antara 12 watch face indah bawaan perangkat.

Pengguna juga dapat mengunduh tambahan watch face yang trendi dari aplikasi Realme Link untuk tampilan segar dan lebih personal setiap kali Anda menyalakan jam tangan. Pada update Over The Air (OTA) nantinya, Realme menjanjikan akan menyediakan lebih dari 100 watch face yang baru.

Seperti halnya smartwatch kekinian lainnya, arloji pintar Realme hadir dengan sensor detak jantung optik PPG presisi tinggi mendukung pemantauan detak jantung 24 jam tanpa gangguan, dan mengukur detak jantung pengguna secara cepat dan tepat. User juga akan diberitahu jika detak jantung terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk melindungi kesehatan Anda sepanjang hari.

Realme Watch juga membawa sensor PPP tingkat tinggi dari Goodix. Pemantauan detak jantung dicapai dengan memancarkan cahaya hijau, dengan panjang gelombang spesifik ke kulit, dan kemudian mendeteksi cahaya yang dipantulkan. Sensor di Realme Watch berkinerja baik dalam berbagai faktor utama seperti akurasi, kompatibilitas warna kulit, dan konsumsi daya.

Saat KalbarOnline.com kenakan, Realme Watch mendeteksi detak jantung setiap 5 menit sekali selama 24 jam 7 hari saat memang benar-benar tidak dilepas sama sekali. Jika dalam kondisi khusus, detak jantung lebih rendah atau lebih tinggi dari batas aman, perangkat ini akan mengirimkan alarm detak jantung untuk mengingatkan user untuk selalu memperhatikan kesehatan fisik.

Kemudian, arloji pintar ini juga ternyata memiliki fitur pemantau tingkat oksigen dalam darah. Ini menarik, biasanya deteksi oksigen dalam darah membutuhkan peralatan medis tertentu, tapi sekarang dengan mudah dapat hadir di perangkat wearable semisal Realme Watch. Dengan fitur tersebut, user dapat memantau kondisi oksigen dalam darah setiap saat.

Realme Watch juga memiliki fungsi kesehatan yang komprehensif dan praktis lainnya seperti pemantauan langkah, pengingat beristirahat, pemantauan tidur, pengingat minum air, dan meditasi relaksasi. Selain itu, jam tangan pintar ini juga hadir dengan fitur non medis lainnya yang menurut kami cukup fungsional seperti Smart Notification, membuka kunci ponsel otomatis saat jam didekatkan, menerima atau menolak panggilan telepon, kontrol perangkat ponsel (yang dipasangkan) seperti memutar musik, kamera dan banyak lagi termasuk Intelligent Activity Tracker.

Bagi yang senang berolahraga, jam tangan pintar ini juga menyediakan sebanyak 14 mode olahraga yang bisa dimanfaatkan untuk memantau kondisi tubuh dan capaian berolahraga pengguna. Berlari di luar ruangan, berjalan, berlari di dalam ruangan, bersepeda di luar ruangan, aerobik, latihan kekuatan, sepak bola, basket, tenis meja, bulu tangkis, bersepeda dalam ruangan, sepeda statis, yoga dan kriket ada pada mode olahraga perangkat ini. Jam tangan ini juga mengidentifikasi apakah berjalan atau berlari, dan algoritma perhitungan langkah yang akurat membuat setiap langkah dapat dihitung, begitupun setiap mode olahraga lainnya.

Kesimpulan
Selama beberapa waktu menggunakan perangkat arloji pintar ekonomis ini cukup memuaskan. Sebagai salah satu pengguna yang tak terlalu sering berolahraga, jam tangan cerdas ini menurut KalbarOnline.com tetap bisa maksimal fungsinya karena ada fitur-fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan pengguna pada umumnya.

Dari segi desain, Realme Watch cukup bisa dibanggakan mengingat desainnya yang trendi. Tak main-main, Realme Watch diposisikan Realme sebagai ‘The first smart watch for the healthy lifestyle of the young’ atau jam tangan pintar trendi dan sehat untuk anak muda. Apa lagi, Realme juga menjanjikan akesori seperti strap atau tali jam yang bisa dipersonalisasi akan membuat tampilan jam ini lebih stylish.

Sebagai pengguna umum atau tidak terlalu sering berolahraga, jam pintar ini efektif. pemantau aktivitas harian, detak jantung dan oksigen dalam darah cukup bisa memberikan sinyal kapan bagi pengguna harus beristirahat, banyak minum air putih dan jumlah langkah yang sudah dicapai. Umur pakai jam terbilang awet. Ini memungkinkan untuk lebih leluasa seperti memakai jam pada umumnya yang tidak terlalu direpotkan dengan urusan pengecasan.

Comment

News Feed