Viral Video Kucing Freezing, Ini Penjelasan Dokter Hewan

KalbarOnline.com – Ada-ada saja memang tingkah seekor kucing yang selalu membuat gemas.  Kali ini, sebuah video viral di media sosial milik akun @hasmyrifani, memperlihatkan tingkah aneh seekor kucing.

Dalam video itu, kucing tersebut diam tak bergerak sambil berdiri kaku alias freezing. Matanya tajam menuju ke satu arah dan tak bergeming meski diganggu. Video tersebut mengklaim kucing itu diam tak bergerak selama 10 menit.

Apa sebetulnya yang terjadi pada si kucing? Netizen justru bercanda menganggap kucing tersebut terkena hipnotis. Tapi, Dokter Hewan Rozaliana Rizal punya penjelasan yang ilmiah.

“Sebenarnya kalau menurut saya nge-freeze kayaknya tidak terjadi pada kucing saja. Tapi beberapa hewan lain pun suka begini,” katanya tertawa kepada KalbarOnline.com, Rabu (17/6).

Baca Juga :  Ibu-ibu yang Mengamuk Saat Salat Jumat di Masjid Mujahidin Pontianak Punya Riwayat Gangguan Kejiwaan, Ini Penjelasan Dokter…

Menurutnya, kebiasaan kucing melakukan itu mungkin disebabkan ada sesuatu hal yang membuatnya fokus. Bisa karena ada musuh atau hewan lain yang menarik perhatiannya

“Mungkin sedang fokus sesuatu hal. Ada lihat kecoa lewat. Atau serangga. Jadi diam saja,” ungkapnya.

Meski begitu, dokter Rozaliana tak yakin durasi freezing itu dilakukan si kucing selama 10 menit. “Iya kayaknya enggak akan selama itu,” katanya.

Kemungkinan lain dari sisi kesehatan hewan, bisa saja kucing yang melakukan freezing karena tubuhnya sedang tak sehat. Atau bisa juga ada masalah pada saraf lantaran usia yang susah tua.

Baca Juga :  Shawn Mendes dan Camila Cabello Putus Lagi, Padahal Baru 6 Minggu Balikan

“Kalau kondisi sehat tidak sehat biasanya akan nge-freeze. Tapi kalau bermasalah pada saraf bisa jadi karena faktor usia yang udah tua atau lain hal,” ungkapnya.

Jika memang benar freezing dilakukan selama 10 menit, maka kejadian itu langka terjadi. “Saya belum pernah menemukan kasus seperti ini dalam waktu cukup lama nge-freeze 10 menit. Taoi dari video kayaknya kucing itu dalam kondisi sehat ya. Ada-ada saja ya videonya,” ujarnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment