Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan

KalbarOnline.com – Selain meluncurkan perangkat smartphone flagship X3 SuperZoom di Indonesia pada Selasa (16/6), Realme turut menghadirkan model smartphone baru lainnya. Kali ini adalah Realme Narzo. Nama baru yang dihadirkan brand pecahan Oppo itu ke tanah air.

Berdasar itu, Narzo boleh dibilang adalah entri baru Realme di Indonesia. Perangkat tersebut digadang-gadang sebagai handphone (HP) gaming terbaik di segmen Rp 2 jutaan. Sama halnya dengan Realme X3 SuperZoom, Narzo sudah berada di meja kerja KalbarOnline.com cukup lama bahkan sebelum diumumkan hadir di tanah air. Hp gaming Rp 2 jutaan? Penasaran seperti apa performanya? Simak ulasannya.

Kelengkapan
Hal yang biasa dilakukan untuk pengujian smartphone adalah kelengkapan produk. Aspek ini bisa jadi urusan serius untuk pengalaman bagi pembeli perangkat yang bersangkutan.

Realme Narzo yang membawa slogan ‘Feel The Power’ dan diklaim sebagai smartphone gaming paling powerful di segmen Rp 2 jutaan ini dari segi kelengkapan penjualan hadir dengan paket yang cukup lengkap. Meski begitu, seperti halnya smartphone Realme terdahulu, kekurangan seperti tak adanya earphone tetap ada di paket penjualan Realme Narzo.

Produk dan kelengkapan smartphone Realme Narzo (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Dari segi kelengkapan paket penjualan Realme Narzo, di dalam kotaknya terdapat satu buah 30W Flash Charge yang bisa mengisi daya baterai hanya 60 menit sampai penuh. USB Type-C cable, buku-buku panduan termasuk kartu garansi, SIM card tool ejector, screen protect film yang langsung terpasang di perangkat, dan satu buah Jelly Case seperti biasa untuk melindungi casing belakangnya. Realme Narzo sebagai entri baru saat ini juga hadir dengan kemasan berwarna kuning cerah khas Realme.

Tidak ada lagi aksesori tambahan lain. Earphone absen dari kotak penjualan Realme Narzo dan diganti dengan sudah terpasangnya screen protector atau antigores plus Jelly Case tambahan.

Desain dan Layar
Perangkat yang KalbarOnline.com jajal berwarna putih kebiruan atau disebut sebagai warna Just White. Pilihan warna lain adalah hitam yang disebut sebagai Just Black. Dari aspek desain, Realme Narzo tak ubahnya perangkat Realme 6 yang meluncur Maret 2020 lalu. Banyak juga yang bilang Narzo adalah rebranding dari Realme 6 atau mungkin perangkat Realme lainnya nanti yang datang dengan perbedaan spesifikasi khusus.

Meski demikian, seperti halnya perangkat ekonomis Realme tedahulu, Narzo juga masih tampil menawan. Smartphone yang sengaja diletakan di segmen menengah ke bawah ini desainnya tampak diperhatikan dan terus mengalami pembaruan.

Pada bagian belakang tampak logo dan kamera disusun secara vertikal. Di belakang ada empat kamera utama yang semuanya mumpuni. Desain belakang Realme Narzo juga masih mirip dengan Realme 6 dan jika diperhatikan dengan saksama, detail pengerjaannya masih begitu kentara dan tampak dibuat dengan sangat serius kendati segmennya adalah perangkat Rp 2 jutaan.

Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan 1
Perangkat smartphone Realme Narzo (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Pada sisi kirinya terdapat slot SIM-Card dan MicroSD yang bisa ditampung semua dalam satu laci. Laci tempat menyimpan SIM-Card dan MicroSD-nya dibuat dapat menelan dua kartu SIM dan MicroSD semua dalam satu tempat (dedicated slot). Masih di sisi kiri, terdapat tombol volume ‘Up and Down’. Sementara di bagian kanan, hanya ada tombol power.

Tombol power-nya menarik, di area ini sekaligus disematkan area kapasitif untuk fungsi pemindai sidik jari atau fingerprint scanner. Area fingerprint yang semula berada di bagian belakang kini dipindahkan ke area tepi kanan. Fitur tombol power sekaligus fitur pemindai sidik jari ini juga hadir di flagship Realme X3 SuperZoom.

Berada di bagian bawah ada barisan elemen penting lainnya seperti slot USB Type-C, microphone, jack headphone, dan tak lupa lubang speaker sebagai pengeras suara. Sementara pada bagian atas polos. Bagian sisi-sisi kanan, kiri atas, dan bawah Realme Narzo secara keseluruhan hampir mirip dengan Realme 6 yang tak luput dari sentuhan detail.

Pada bagian layar, Realme Narzo menggunakan panel layar yang memiliki kemampuan refresh rate 90 Hz Ultra Smooth Display 6,5 inci. Dengan refresh rate 90 Hz dan laju pengambilan sampel 120 Hz, perangkat mampu menghasilkan 90 frame per detik dan layar 90 Hz memiliki refresh rate 50 persen lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar 60 Hz konvensional.

Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan 2
Perangkat smartphone Realme Narzo (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Layar Realme dilengkapi dengan rasio 20:9, resolusi Full HD Plus 2.400 x 1.080 piksel dan screen-to-body fitment mencapai 90,5 persen dengan kecerahan 480 nits. Dengan layar besar 6,5 inci dan rasio screen-to-body demikian, Realme Narzo menghadirkan pengalaman visual yang immersif dan pengalaman visual yang mulus dan halus dengan setiap gesekan layar. Perlindungan Corning Gorilla Glass 3 juga sudah hadir melindungi area layar Realme Narzo dan semakin siap pakai karena sudah dibekali dengan anti gores pelindung tambahan yang sudah terpasang.

Baca Juga :  Galaxy M51 Punya Baterai 7000 MAh, Apa Saja Kelebihannyaa?

Pengalaman KalbarOnline.com selama menggunakan smartphone ini di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya tampil dengan baik. Namun brightness atau kecerahan harus di-setting ke mode penuh atau maksimal agar layarnya bisa semakin maksimal. Interaksi di dalam layar juga terbilang baik dan responsif.

Pada bagian depan tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home dan Back tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual bersama sistem operasi Realme UI Berbasis Android 10 dengan banyak fitur baru.

Pada sisi layar, Realme Narzo semakin menarik lantaran hadir dengan konsep punch hole display kekinian untuk rumah dari kamera selfienya dengan 16 MP In-Display Selfie Camera. Konsep demikian sebelumnya hadir hanya pada model smartphone flagship misalnya saja pada Samsung Galaxy S Series dan Note Series terbaru di rentang harga di atas Rp 6 jutaan.

Performa
Berlanjut ke sektor performa, Realme Narzo di sektor jeroan membawa bekal prosesor buatan MediaTek yakni Helio G90T dengan kinerja tinggi. Chip MediaTek Helio G90T sendiri dirancang khusus untuk menjadi inti dari pengalaman gaming smartphone yang luar biasa namun di segmen harga yang relatif terjangkau. Prosesor ini dibuat menggunakan proses fabrikasi 12 nm, membuatnya lebih kuat namun tetap efisien. Dia juga dilengkapi dengan dua core Cortex-A76 kinerja tinggi hingga 2.05 GHz serta enam core Cortex-A55 berefisiensi tinggi hingga 2 GHz, bersama dengan GPU 800 MHz Mali-G76.

Dengan kombinasi CPU terbaru, GPU, RAM super cepat dan AI yang kuat, Realme Narzo menghadirkan pengalaman yang lancar bagi pencinta game mobile. Keseluruhan aspek tersebut juga semakin mumpuni dengan ditopang kombinasi RAM dan ROM besar.

Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan 3
Screenshot uji benchmark smartphone Realme Narzo (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Untuk performa selain percaya pada kinerja perangkat untuk kebutuhan harian, seperti biasa disimulasikan dalam uji benchmark. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone dengan melakukan browsing di internet.

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme Narzo berhasil membukukan skor sebesar 10280. Sementara saat dijajal menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu, handset realme Narzo membukukan skor sebesar 292679.

Dengan hasil benchmark demikian, menjawab kalau Realme Narzo benar-benar cukup bisa diandalkan untuk segmen harganya yang ekonomis. Perbedaan sangat terasa jika dibandingkan dengan model terdahulu.

Gaming
Aspek pengujian selanjutnya adalah kebutuhan gaming yang dibangga-banggakan Realme menjadi keunggulan perangkat ekonomis ini. Bagi mereka yang gemar bermain game, smartphone dengan kemampuan tersebut kini banyak diminati. Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, smartphone cukup kapabel untuk diajak bermain game. Sekali pun dengan ukuran dan kebutuhan grafis yang agak berat.

Handset Realme Narzo untuk kebutuhan gaming dijajal dengan beberapa game sekaligus secara simultan. Ada game FPS, MOBA, dan game beraliran Racing tentunya. Untuk game FPS, kami menjajal Realme Narzo masih dengan game Call of Duty: Mobile yang sedang hits. Lewat game ini, perangkat sanggup menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan 4
Screenshot uji coba gaming dengan smartphone Realme Narzo (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Untuk bermain game tersebut, setting grafisnya secara default diatur langsung ke mode high atau mode tinggi. Hal ini membuktikan kalau secara sistem perangkat Realme Narzo memang benar bisa diandalkan untuk sektor performa dalam hal ini kebutuhan gaming. Game lainnya seperti aksi ngebut di jalan raya dengan Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, juga tidak mengecewakan tanpa gejala lag.

Selain aspek performa, keandalan perangkat ini menangani kebutuhan gaming adalah karena hadirnya layar dengan refresh rate 90 Hz. Grafis yang disajikan di layar jadi kian terasa apik. Ketika diajak main game pun Realme Narzo pun tidak terasa panas pada sektor bodinya.

Daya Tahan Baterai dan Keamanan
Keunggulan lainnya pada Realme Narzo selain aspek performa adalah sektor baterai. Di sektor catu daya, Narzo kini dibekali dengan baterai 4.300 mAh sementara pada model sebelumnya hanya 4.035 mAh. Dengan daya baterai segitu, ponsel ini cukup sanggup bertahan hingga sehari lebih pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun, jika digunakan full untuk bekerja, menjalankan banyak aplikasi chatting, sosial media, push email tethering hotspot, bermain game, menonton video, mendengar musik, hingga berfoto ria, Realme Narzo hanya sanggup bertahan seharian penuh. Dari pagi hingga malam atau dini hari dayanya masih belum habis.

Realme Narzo dari sektor baterai juga dibekali dengan cukup banyak fitur. Yang paling menarik dari Realme Narzo selain performa adalah di sektor daya dengan perangkat sudah mengusung teknologi pengisian daya 30W Flash Charge baru sementara pada model terdahulu hanya membawa teknologi pengisian 20W (5V4A).

Baca Juga :  Review Realme C3 Anyar, Smartphone Harga Sejutaan yang Bisa Diandalkan
Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan 5
Produk dan kelengkapan smartphone Realme Narzo (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Dengan teknologi ini, perangkat tersebut berdasarkan pengujian kami juga dayanya bisa diisi penuh dari nol hanya dalam waktu 60 menit atau 1 jam saja. Pada model sebelumnya yakn Realme 5 Pro dengan teknologi pengisian VOOC 3.0, perangkat tersebut dengan baterai 4.035 mAh hanya dapat diisi hingga 50 persen dalam 30 menit, dan 100 persen dalam 80 menit. Lebih lama 20 menit ketimbang Realme Narzo.

Sementara untuk keamanannya, Realme Narzo hadir dengan fitur yang komplet. Fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Fitur face unlock-nya juga cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Sementara fingerprint-nya yang multifungsi dan kini dipindah ke area tepi juga masih sangat responsif. Fitur tersebut masih dapat membuka Realme Narzo dengan sangat cepat.

Fitur-fitur keamanan tersebut tak hanya bisa digunakan mengunci layar smartphone. Fitur keamanan itu juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjadi brankas pribadi untuk melindungi files yang ada di dalamya. Ini termasuk pula yang kami suka. Dengan fitur keamanan demikian, smartphone ini bisa dikontrol penggunaannya bila mana user memiliki anak kecil yang aktif dengan smartphone. Penggunaan bisa dibatasi dengan mengunci aplikasi.

Kamera
Sektor kamera Realme Narzo untuk menangkap momen apik hadir dengan quad camera di bagian belakang. Secara angka-angka MP-nya, Realme Narzo ditopang kamera utama berkekuatan 48 MP f/1.8 AI Quad Camera dengan 119 derajat ultra wide-angle lens, 8 MP ultra wide-angle lens f/2.3, 2 MP black & white lens dan 2 MP lensa macro f/2.4. Di bagian depan, seperti sudah disinggung di atas, Realme Narzo hadir dengan in-display selfie camera dengan ukuran 16 MP f/2.0.

Terkait fitur, kamera Realme Narzo kendati ukuran kamera utamanya lebih kecil dari Realme 6 yang sebelumnya 64 MP menjadi 48 MP juga tak kalah menarik dengan dibekali dengan banyak mode pemotretan. Mode 48 MP, Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion dan Bokeh Effect Control hadir pada perangkat ini.

Saat menggunakan kamera smartphone Realme Narzo seperti halnya menggunakan handset Realme lainnya yang kami suka adalah mode nightscape-nya dan kamera utama 48 MP-nya. Pemotretan malam hari jadi tak memiliki masalah. Kendati smartphone ini sudah disematkan LED flash light, bagi sebagian orang, menjepret malam menggunakan lampu LED seperti menghilangkan detail. Karenanya banyak vendor berlomba-lomba menghadirkan fitur atau mode terbaru untuk mengakomodir jepret-menjepret foto malam hari.

Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan 6
Kamera smartphone Realme Narzo (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Hadirnya fitur nightscape atau mode malam masih sangat meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup yang ekstrem, sehingga meningkatkan kegunaan ponsel dalam kondisi seperti itu. Nightscape juga mampu mengontrol kinerja eksposur lebih baik dengan meningkatkan bagian yang redup untuk menampilkan detail yang lebih baik. Termasuk secara efektif mencegah noise untuk membuat foto lebih bersih. Penggunaan nightscape mirip dengan kamera long exposure. Dengan timing selama tiga detik, kamera akan menangkap cahaya lebih lama untuk membuat gambar menjadi lebih terang namun tidak over.

Hal lain yang membantu kamera Realme Narzo lebih unggul adalah chroma boost-nya. Realme Narzo ditambahkan dengan mode chroma boost yang menggunakan teknologi AI dapat membuat pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan rentang dinamis yang lebih besar.

Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan berdasarkan adegan agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik serta mengurangi gejala noise pada pemotretan low-light. Secara keseluruhan, kami suka dengan hasil kamera Realme Narzo dan bisa diandalkan. Lihat saja pada hasil jepretan kamera Realme Narzo pada bagian akhir artikel.

Kesimpulan
Selama menggunakan smartphone Realme Narzo, handset ini memang benar membawa performa yang sesuai janjinya. Main game, memproduksi konten foto, dan video dengan kamera yang digendong cukup bisa diandalkan.

Smartphone Realme Narzo untuk kebutuhan daily driven sangat cukup untuk meng-cover kebutuhan pengguna yang beragam. Bagi kamu penyuka fotografi smartphone yang mengejar kepraktisan perangkat namun masih cukup bisa diandalkan, Realme Narzo bisa menjadi pilihan setelah Maret lalu menghadirkan perangkat Realme 6 dan 6 Pro.

Urusan kantong, perangkat ini juga dilego dengan harga yang relatif terjangkau melihat spesifikasi yang ditawarkan. Tidak terlalu menguras kantong. Sebagai tambahan juga, yang membedakan seri Narzo dengan Realme 6 kemarin adalah perangkat ini fokus pada penjualan online saja.

Berikut hasil foto-foto dengan Realme Narzo dalam berbagai skenario dan penggunaan:

Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan 7

Realme Narzo, Entri Baru Realme di Indonesia, HP Gaming Rp 2 Jutaan 8

Foto-foto dengan kamera smartphone Realme Narzo: Rian Alfianto/KalbarOnline.com

Comment