X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia

KalbarOnline.com – Realme meluncurkan smartphone flagship pertamanya di Indonesia pada November 2019. Perangkat yang dimaksud adalah Realme X2 Pro yang ditopang spesifikasi mumpuni dan beragam fitur ala perangkat kelas atas lainnya.

Realme X2 Pro boleh dibilang berhasil mencuri pasar smartphone kelas atas saat itu. Betapa tidak, sebagai perangkat flagship, spesifikasi mumpuni dengan chip Snapdragon 855 Plus kelas atas namun dilego dengan harga yang terjangkau. Ini mengingat spesifikasi yang dibawanya yakni di harga Rp 7 jutaan, terbilang murah untuk perangkat flagship.

Terbaru, keluarga Realme seri X kedatangan penerusnya. Adalah smartphone Realme X3 SuperZoom yang kini dihadirkan Realme di tanah air. Perangkat tersebut melenggang dengan spesifikasi flagship yang menggiurkan seperti kemampuan kamera zoom tinggi, chip kelas atas Snapdragon 855 Plus dan dijuluki sebagai perangkat “Super Zoom, Super Speed”.

KalbarOnline.com sudah menjajal handset tersebut jauh sebelum Realme mengumumkan secara resmi akan menghadirkan perangkat tersebut di tanah air. Simak ulasannya.

Kelengkapan
Dari sisi kelengkapan produk, kemasan dan aksesori penunjang Realme X3 SuperZoom masih sama seperti model-model sebelumnya. Hanya kali ini, kemasan datang dengan warna kuning cerah, beda dengan seri X terdahulu yakni X2 Pro yang melenggang dengan kemasan putih cerah.

Di dalamnya terdapat satu buah charger yang sudah support pengisian cepat 30 W Dart Flash Charge 55 menit untuk mengisi 100 persen baterai termasuk kabel berdaya 5V/6A,USB cable Type-C, kitab-kitab panduan termasuk kartu garansi, SIM card tool ejector, screen protect film (langsung terpasang di perangkat Realme X3 SuperZoom), serta satu buah jelly case untuk melindungi casing belakangnya.

Produk dan kelengkapan smartphone Realme X3 SuperZoom (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Dalam paket penjualan Realme X3 SuperZoom, selain yang disebutkan di atas, tidak ada lagi aksesori penunjang lainnya. Earphone seperti yang sudah-sudah masih absen dari kotak penjualannya. Meski mengurangi penilaian untuk aspek kelengkapan, Realme mengobatinya dengan adanya jelly case langsung di dalam paket penjualannya.

Selain itu, sudah terpasangnya screen protector atau antigores langsung ke dalam perangkat bisa dijadikan nilai tambah untuk aspek kelengkapan produk. Ini juga melengkapi perlindungan Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang.

Desain dan Layar
Wujud Realme X3 SuperZoom berwarna putih atau dengan penamaan arctic white. Varian warna lain ada juga yang disebut sebagai glacier blue. Warna putihnya menarik, bercampur warna kebiruan mengkilat nan menyala.

Kesan pertama melihat Realme X3 SuperZoom masih mirip dengan perangkat terdahulunya. Konsep pewarnaannya mirip-mirip. Pewarnaannya menarik, cantik, dengan finishing ala material keramik, bersinar tapi tak berlebihan. Tak perlu takut kotor atau rusak, jelly case yang ada di dalam boks penjualan bisa langsung dipakai membungkus smartphone ini tanpa mengurangi kecantikannya.

Dari aspek desain, Realme X3 SuperZoom masih tampil menawan, khas Realme X Series terdahulu. Kesan smartphone premium cukup kental terasa pada perangkat terbaru ini. Realme X3 Pro sendiri mengusung konsep unibodi dengan baterai yang tidak bisa dilepas, sehingga perangkat ini memiliki kesan konstruksi yang kokoh.

Desain belakang yang tampak berkilauan dengan polesan ala material kaca membuat Realme X3 Pro nyaman dilihat. Di bagian belakang, desain kaca melengkung 3D hadir menambah kesan tersendiri pada perangkat ini.

X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 1
Perangkat smartphone Realme X3 SuperZoom (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Realme mengklaim permukaan kaca diproses oleh AG Technology yang terkemuka di industri dan dicapai dengan sistem high precision abrasive, sehingga membawa tingkat kematangan dan kesatuan yang belum pernah terjadi sebelumnya, alhasil keduanya seimbang secara visual dan halus saat disentuh. Realme juga memilih haze sebesar 25 persen untuk mengurangi dengan emisi cahaya dari 8 persen menjadi kurang dari 1 persen dari kaca biasa.

Efek cahaya semacam itu sangat cocok untuk Arctic White dan Glacier Blue. Sementara itu, kekasaran permukaan berada pada 0,15 mikron, yang membuat permukaan matte menghasilkan nuansa genggaman yang lembut namun hangat, sekaligus nyaman untuk sidik jari.

Pada bagian belakang tampak logo dan kamera disusun secara vertikal. Hal yang sama dilakukan pada perangkat terdahulu yakni Realme X2 Pro. Kebiasaan desain belakang demikian dalam jangka pendek membuat perangkat mudah dikenali.

Selain itu, desain belakang Realme X3 SuperZoom yang menjadi identitas perangkat tersebut adalah detail di kameranya. Jika diperhatikan saksama, detail pengerjaannya yang biasanya terdapat sebuah ring berwarna yellow iris yang menjadi ciri khas Realme kini berganti dengan desain square atau kotak.

Detail lainnya adalah tepian bernuansa chrome mengkilap yang melingkari area kamera. Di atas LED Flash Light ada juga aksen tambahan dengan tulisan ‘AI Quad Camera’ yang menjadi identitas tersendiri perangkat ini.

Beralih ke bagian lain, pada sisi kanan Realme X3 SuperZoom hanya terdapat satu tombol yang sekaligus menjadi tombol power dan tombol pengunci. Tombol ini juga merupakan area pemindai sidik jari fisik. Sedangkan pada bagian kiri, hanya ada tombol volume up and down sementara untuk slot kartu SIM ada di bagian bawah sejajar dengan area lubang USB Type-C microphone dan speaker yang sudah mendukung 1216 Super Linear Speaker dengan Dolby Atmos dan Hi-Res Certification.

X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 2
Perangkat smartphone Realme X3 SuperZoom (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Yang tak biasa dari Realme X3 SuperZoom adalah absennya jack headphone pada perangkat ini. Selain itu, ruang penyimpanan juga tidak bisa diekspansi mengingat tidak mendukungnya fitur slot MicroSD. Slot penyimpanan kartu SIM sendiri hanya muat dua kartu berukuran nano dengan metode penggunaan bertumpuk.

Baca Juga :  Mengenal Kelebihan Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series

Pada bagian layar, Realme X3 SuperZoom hadir dengan bezel yang cukup tipis, baik di kiri-kanan maupun atas-bawah. Tidak seperti Realme X yang membawa layar penuh tanpa notch karena mengusung kamera selfie pop-up atau seperti Realme X2 Pro yang masih memiliki notch atau takik untuk kamera selfie-nya. Layar Realme X3 SuperZoom kini tampil penuh namun beda lantaran menggunakan konsep kamera selfie ganda di balik layar di sudut kiri atas layar dengan 32 MP Dual In-display Selfie Camera dengan lensa 105 derajat Ultra Wide-angle.

Bicara spesifikasi layar, Realme X3 SuperZoom hadir dengan bentang layar keseluruhan berukuran 6,6 inci 120 Hz Ultra Smooth Display dan 90,5 persen screen-to-body ratio. Layar dari Realme X3 SuperZoom sendiri memiliki resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel).

Pengalaman selama menggunakan smartphone ini di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya tampil dengan sangat baik. Pada bagian depannya tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home dan Back tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual. Untuk sistem operasinya menggunakan Android 10 dengan user interface (UI) Realme UI yang kini menjadi identitas Realme.

Performa
Dari sektor performa, Realme X3 SuperZoom seperi taglinenya, handset ini membawa bekal prosesor bustsn Qualcomm dan kombinasi jeroan yang kuat. Prosesor yang dibawanya adalah Snapdragon 855 Plus, sebuah chipset yang ditingkatkan performanya jika dibandingkan dengan 855 biasa.

Sebagai informasi, Snapdragon 855 Plus dri Qualcomm sendiri diproduksi dalam fabrikasi 7 nm dan arsitektur delapan inti (Octa-core) Kryo. Dengan fabrikasi segitu, Realme X2 Pro dapat mencapai kecepatan clock hingga 2,96 GHz. Performa prosesornya dipadupadankan dengan pengolah grafis atau GPU Adreno 640 (700 MHz).

Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa disimulasikan dalam uji benchmark. Uji benchmark lewat aplikasi populer kini juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 3
Screenshot uji benchmark smartphone Realme X3 SuperZoom (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, Realme X3 SuperZoom dengan spesifikasi chipsetnya dan RAM 12 GB (LPDDR4X) serta ROM 256 GB UFS 3.0 + Turbo Write + HPB mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan yang fantastis dengan angka 502186. Perolehan skor yang demikian bahkan mengalahkan catatan pada perangkat sebelumnya dengan jeroan yang hampir mirip yang hanya bisa menyentuh angka 468833.

Skor demikian membuat handset ini merupakan perangkat dengan skor AnTuTu Tertinggi dengan Qualcomm Snapdragon 855 Plus Mobile Platform. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme X3 SuperZoom berhasil membukukan skor yang tak kalah besar yakni 11864.

Dengan perolehan skor segitu, Realme X3 SuperZoom di atas kertas terbukti bisa membuktikan slogannya sendiri yakni Super Zoom, Super Speed yang mengacu pada aspek kecepatan dan performa dan terbukti membawa peningkatan ketimbang pendahulunya. Realme X3 SuperZoom juga jelas sangat bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan dan multitasking banyak aplikasi sekaligus, seperti bersosial media maupun mengolah gambar dan layak diandalkan sebagai perangkat harian.

X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 4
Screenshot uji benchmark smartphone Realme X3 SuperZoom (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Dibandingkan dengan Snapdragon 855, ada peningkatan 5 persen untuk inti CPU tunggal dan peningkatan untuk kinerja rendering GPU. Lebih lanjut chipset ini mendukung Snapdragon Elite Gaming dan tampilan Quad HD Plus untuk pengalaman gaming yang luar biasa dan ditingkatkan. Chip pemrosesan AI juga tiga kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, tangkas, dan cerdas menjalankan operasi inti.

Selain bisa dibanggakan di sektor jeroan, Realme X3 SuperZoom juga semakin andal dalam mengawal kebutuhan daily driven penggunanya berkat kehadiran fitur Near Field Communication (NFC) multifungsi. Selain wajib sebagai fitur khas perangkat flagship, hal tersebut lantaran kini tren pembayaran mobile tanpa uang cash atau cashless semakin populer.

Hadirnya NFC saat ini jelas sangat membantu. Di beberapa aplikasi belanja online dan online payment, dengan smartphone yang mendukung NFC kini bisa mudah melakukan top-up saldo kartu uang elektronik. Kartu uang elektronik sendiri kini semakin masif digunakan untuk metode pembayaran parkir, layanan jalan tol, dan banyak lagi. Dengan smartphone yang mendukung NFC, kamu tak perlu takut kehabisan saldo uang elektronik karena dapat dengan mudah melakukan top-up.

Gaming
Aspek gaming tak luput dari perhatian. Gaming saat ini juga penting bagi konsumen. Bagi mereka yang gemar bermain game, smartphone dengan kemampuan tersebut kini banyak diminati. Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, smartphone ini sudah sangat-sangat capable untuk diajak bermain game. Sekali pun dengan ukuran dan kebutuhan grafis yang agak berat.

Handset Realme X3 SuperZoom untuk kebutuhan gaming kami jajal dengan beberapa game sekaligus. Ada game FPS, Arcade, dan game beraliran Racing tentunya. Untuk game FPS, kami menjajal Realme X3 SuperZoom dengan game populer terbaru yakni Call of Duty Mobile yang popularitasnya menyusul PUBG Mobile.

Lewat game ini, perangkat sanggup menjalankan tugasnya dengan sangat-sangat baik. Temba-menembak, aksi bidik musuh dari kejauhan, menghindar dari serangan hingga efek visual lainnya mampu berjalan smooth tanpa kesan patah-patah.

Bagaimana dengan setting grafis? Tentu saja dibuat rata kanan. Secara default, saat pertama masuk ke dalam game, grafis juga sudah menyesuaikan sendiri kebutuhannya hingga pengaturan paling mentok atau sangat tinggi dan sanggup mengatasinya tanpa kendala sama sekali. Grafisnya memukau berpadu dengan layar beresolusi FHD Plus dengan ukuran yang luas.

Baca Juga :  Realme 7 Pro Resmi Hadir di Indonesia, Unggulkan Kemampuan Pengecasan
X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 5
Screenshot uji coba gaming dengan smartphone Realme X3 SuperZoom (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Untuk game berat seperti Call of Duty Mobile, perangkat ini sanggup berjalan tanpa kendala. Game yang lebih ringan tentu dapat dilibas dengan sangat mudah. Seperti game Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, kami tidak menemui kendala sama sekali. Respons layar dan performa berjalan dengan sangat baik tanpa cacat sama sekali. Pun dengan game Arcade semisal game War Robots.

Perangkat ini mampu menjalankan kewajibannya dengan baik. Ketika diajak main game pun Realme X3 SuperZoom juga tidak terasa panas pada sektor bodinya. Apalagi ditambah dengan hadirnya aksesori jelly case tambahan yang ada dalam kotak penjualan.

Rahasia di balik sangarnya performa gaming Realme X3 SuperZoom selain sokongan chip, layar 120 Hz ultra smooth dan GPU terkini adalah hadirya Liquid Cooling Technology 3.0 yang menggantikan teknologi pendinginan perangkat sebelumnya yakni VC liquid cooling. Dengan demikian, temperatur dapat dikurangi secara siginfikan untuk menjaga kinerja prosesornya bisa tetap optimal.

Daya Tahan Baterai dan Fitur Keamanan
Sektor selanjutnya ada daya tahan baterai dan fitur keamanan dengan Realme X3 SuperZoom membawa baterai yang terbilang besar, yakni 4.200 mAh yang lebih besar ketimbang pendahulunya. Dengan daya baterai segitu, ponsel ini sanggup bertahan hingga sehari lebih pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun, jika digunakan full untuk bekerja, menjalankan banyak aplikasi chatting, sosial media, push email tethering hotspot, bermain game, menonton video, mendengar musik, hingga berfoto ria, Realme X3 SuperZoom sanggup bertahan seharian penuh.

Hal menarik lainnya dari Realme X3 SuperZoom adalah pada sektor daya perangkat sudah mengusung teknologi pengisian daya cepat 30 W Dart Flash Charge 55 menit untuk mengisi 100 persen. Keawetan baterai juga kami uji melalui simulasi benchmark PC Mark Work 2.0 Battery Life dan berhasil mencatat skor waktu penggunaan nonstop di angka 17 jam 33 menit.

Sementara untuk keamanannya, Realme X3 SuperZoom hadir dengan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Kamera
Saat ini kamera menjadi nilai penting konsumen untuk menjatuhkan pilihan membeli sebuah smartphone. Kamera bahkan dijadikan sebagai objek ‘perang’ antarvendor untuk saling unjuk kemampuan.

Di aspek kamera, Realme X3 SuperZoom menggunakan konfigurasi quad camera flagship super zoom terbaru, yang secara berurutan dari atas ke bawah terdiri dari 8 MP 5x periscope telephoto lens, 2 MP macro lens, 64 MP main camera, dan 8 MP 119 derajat ultra wide-angle.

Kamera utama Realme X3 SuperZoom membawa sensor 1/1.72-inch Samsung GW1 64 MP, aperture besar f/1.8, dan lensa 6P. Smartphone ini juga membawa Quad Bayer 4-in-1 intelligent pixel binning mechanism yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar 1,6 mikron untuk meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dan mewujudkan serangkaian detail yang sensasional.

Sementara lensa 5x periscope zoom dipasangkan dengan lensa ultra-wide dan kamera utama. Hal ini memberikan Realme X3 SuperZoom focal length dari 16 mm ke 124 mm, atau setara dengan smooth zoom dari 0.5X ke 60X hybrid zoom. Kehadiran Optical image stabilization (OIS) menstabilkan preview foto, sehingga membuatnya mudah untuk mengambil foto tajam dan cerah, bahkan dari jarak 100 meter dan di bagian depan, Realme X3 SuperZoom hadir dengan kamera selfie ganda yang berkonfigurasi 32 MP wide-angle camera f/2.5 dengan sensor Sony IMX 616 dan lensa satunta lagi 8 MP ultra wide-angle Lens f/2.2.

X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 6
Kamera smartphone Realme X3 SuperZoom (Rian Alfianto/KalbarOnline.com)

Pengalaman menggunakan kamera smartphone Realme X3 SuperZoom cukup menyenangkan, seperti perangkat terdahulunya. Apalagi ada mode nightscape-nya dan kamera utama 64 MP SuperZoomnya yang menurut kami cukup oke walaupun kami tidak terlalu suka melakukan foto zoom menggunakan ponsel

Dengan fitur nightscape, pemotretan malam hari jadi tak memiliki masalah. Walaupun smartphone ini sudah disematkan LED flash light, bagi sebagian orang, menjepret malam menggunakan lampu LED seperti menghilangkan detail. Karenanya banyak vendor berlomba-lomba menghadirkan fitur atau mode terbaru untuk mengakomodir jepret-menjepret foto malam hari.

Hadirnya fitur nightscape sangat meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup yang ekstrem, sehingga meningkatkan kegunaan ponsel dalam kondisi seperti itu. Nightscape juga mampu mengontrol kinerja eksposur lebih baik dengan meningkatkan bagian yang redup untuk menampilkan detail yang lebih jelas. Termasuk secara efektif mencegah noise untuk membuat foto lebih bersih. Realme dengan teknologi pengambilan gambar malam harinya menurut kami adalah yang terbaik yang kini dilengkapi dengan Starry Mode dan Nightscape Pro.

Kesimpulan
Perangkat Realme X3 SuperZoom memuaskan dengan semua sajian yang ada. Pengalaman menggunakan smartphone Realme X3 SuperZoom sama halnya dengan flagship Realme terdahulu, sangat memuaskan. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, Realme X3 SuperZoom juga menawarkan banyak peningkatan. Sebut saja area kamera, chip mumpuni Snapdragon 855 Plus, layar yang kini mendukung 120 Hz ultra smooth, pengecasan cepat, dan tentunya kehadiran NFC juga fitur kamera zoom.

Smartphone Realme X3 SuperZoom sangat pantas disebut sebagai flaagship-nya Realme di Indonesia dengan positioning “The Most Powerful Flagship Phone with 60X Periscope Zoom”.

Berikut hasil jepretan kamera smartphone Realme X2 Pro dalam berbagai skenario:

X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 7

X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 8

X3 SuperZoom, Perangkat Terkuat dan Tercanggih Realme di Indonesia 9

Foto-foto dengan kamera smartphone Realme X3 SuperZoom: Rian Alfianto/KalbarOnline.com

Comment