by

Takut Postingan Lama Facebook Dimanfaatkan Orang? Gunakan Manage Activity

Khawatir ada orang iseng “menggali” postingan Facebook Anda bertahun-tahun lalu, lantas menyebarkannya kembali? Jangan takut, kini ada fitur yang baru diluncurkan Facebook. Namanya Manage Activity. Dengan fitur ini, Anda bisa mencari dan mengumpulkan lagi postingan lama, dan menghapusnya sekaligus. Fitur ini, seperti dikutip The Verge, akan tersedia di versi aplikasi mobile (smartphone).

Kadang memang kita terlupa pada postingan lama. Apalagi buat pengguna yang sudah bertahun-tahun memakai Facebook. Dan termasuk rajin pula mem-posting aneka status. Entah itu sekadar teks, atau disertai foto dan juga video. Masalahnya, mungkin saja di antara postingan lama itu ada yang “isinya” bisa membuat Anda malu. Atau sesuatu yang sensitive yang bisa digunakan orang untuk menjatuhkan kredibilitas Anda.

Dan Anda baru teringat sekarang. Misalnya, postingan kemesraan dengan mantan, sementara Anda kini sudah punya pasangan lain. Yang kalau foto-foto itu diumbar lagi, bisa menyulut “perang dunia” dengan pasangan Anda, ya kan? Lalu Anda berniat menghapus postingan semacam itu. Apa yang akan Anda lakukan? Menelusuri satu-satu content yang pernah Anda post? Butuh berapa lama mencarinya di antara, mungkin saja, ribuan postingan Anda selama ini.

Facebook sendiri bilang, kehadiran fitur baru ini ditujukan membantu pengguna untuk “Mempermudah pengguna merefleksikan diri karakter Anda saat ini”. Jadi, kalau ada postingan yang kira-kira tidak pas lagi dengan karakter Anda sekarang, bisa dihilangkan dengan mudah via fitur Manage Activity. Tapi ya sebenarnya juga bisa dipakai untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan tadi.

Manage Activity memungkinkan pengguna mencari dengan cepat postingan di time line Anda, dengan menyediakan pilihan filtering. Seperti, opsi postingan dengan orang-orang tertentu, atau berdasarkan rentang waktu. Kalau sudah ketemu dan dikumpulkan, tersedia opsi untuk melenyapkannya dari timeline dengan cara memindahkannya ke trash saat itu juga, yang artinya tak dapat lagi dilihat public, tapi belum terhapus sama sekali dari database.

Postingan yang diremove baru benar-benar terhapus secara permanen setelah rentang waktu 30 hari. Tapi kalau Anda ingin dihapus lebih cepat, bisa dilakukan dengan cara manual. Alternatif lain, postingan dapat dimasukkan ke arsip, yang tak bisa dilihat public tetapi bisa dilihat hanya oleh pemilik akun.

Facebook mengatakan fitur baru ini akan tersedia di versi aplikasi mobile. Dan seperti kebiasaan sebelumnya, ketersediaan fitur baru ini akan dilakukan bertahap per wilayah atau negara. Manage Activity merupakan upaya Facebook paling mutakhir dalam rangka memberikan kontrol data lebih banyak bagi pengguna. Tahun lalu, Facebook juga meluncurkan Clear History Tool, yang memungkinkan pengguna memutus data web browsing mereka dari akun Facebook.

The post Takut Postingan Lama Facebook Dimanfaatkan Orang? Gunakan Manage Activity appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed