by

Selain Indonesia, Nissan Juga Tutup Pabrik Di Barcelona

KalbarOnline.com – Beberapa hari lalu, Nissan mengumumkan akan menutup pabriknya di Indonesia yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Rumor penutupan pabrik Nissan sendiri sudah berembus sejak lama. Bahkan pabrik yang berlokasi Purwakarta itu tak lagi memproduksi kendaraan dimana terakhir membuat mobil berlogo Nissan pada Januari 2019 dan merek Datsun di Januari 2020.

Selain di tanah air, rupanya Nissan juga menutup pabriknya yang berlokasi di negara lain misalnya yang terletak di Barcelona, Spanyol. Namun, untuk penutupan pabrik di Barcelona, alih-alih dapat menghemat dalam upaya merestrukturisasi bisnisnya agar lebih profit, Nissan justru harus kehilangan uang tak sedikit atas rencana penutupan pabrik di Barcelona.

Nissan dilaporkan telah menghitung biaya penutupan pabriknya di Barcelona, ​​Spanyol yang mendekati EUR 1,5 miliar atau berkisar Rp 24,1 triliun. Mengutip sumber serikat pekerja, Reuters melaporkan bahwa biaya penutupan pabrik Barcelona saat ini sedang dalam perdebatan di Spanyol, karena pemerintah mengklaim bahwa lebih murah bagi Nissan untuk menjaga pabrik mereka tetap terbuka dan berjalan.

Pengumuman fasilitas yang ditutup datang minggu lalu sebagai bagian dari rencana perubahan haluan Nissan, menyebabkan protes dari pekerja sementara pemerintah Spanyol mengatakan bahwa mereka akan mencoba meyakinkan pembuat mobil Jepang itu untuk menjaga fasilitas tetap terbuka.

Sebuah laporan dari surat kabar La Vanguardia yang berbasis di Barcelona mengatakan, Nissan telah mengatakan kepada para pekerja, bahwa biaya penutupan tiga pabrik lokal mereka angkanya bisa setinggi yang sudah kami jelaskan di atas. Namun, menurut sumber serikat pekerja, seorang eksekutif Nissan mengatakan pada hari penutupan diumumkan bahwa biayanya akan jauh lebih rendah, yaitu EUR 700-800 juta atau berkisar antara Rp 11,2-12,8 triliun.

Sumber-sumber lainnya mengatakan, bahwa estimasi kedua mungkin tidak realistis, karena itu hampir tidak akan menutupi pembayaran redundansi untuk pekerja. Selain itu, Nissan juga harus menanggung biaya terkait pemasok dan pembongkaran pabrik, dengan salah satu sumber mengatakan biayanya akan menelan lebih dari , EUR 1,5 miliar dan justru menjadi tidak mudah bagi Nissan untuk menutup pabriknya.

Menurut surat kabar Spanyol, Nissan memperkirakan bahwa akan memakan waktu hampir tujuh tahun untuk pulih dalam penghematan harga penutupan fasilitas Barcelona, demikian dikutip KalbarOnline.com dari Carscoops, Rabu (4/6).

Comment

News Feed