by

Polres Kubu Raya Deklarasikan Lintas Etnis

KalbarOnline, Kubu Raya – Polres Kubu Raya gelar silahturahmi antar tokoh masyarakat lintas etnis di Aula Kantor Mapolres Kubu Raya, Rabu (3/6/2020). Kegiatan dengan tema deklarasi kerukunan umat beragama untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif serta mendukung percepatan penanganan Covid-19  turut dihadiri Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan serta stakeholder terkait.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi inisiasi Kapolres kubu Raya beserta seluruh etnis dan agama dalam rangka menjalin tali silahturahmi sebagai upaya perekat antar etnis.

“Dan kita mempunyai tekad bahwa Kubu Raya menjadi tempat multi etnis. Dan ini telah menjadi tekad bersama, bahwa kita sadar betul dengan menghadapi pandemi ini perlu ketenangan,” ucap Bupati ditemui usai deklarasi lintas etnis.

Bupati menilai dengan adanya kondusifitas dilingkungan masyarakat maka rasa kepanikan serta kecemasan dalam menyikapi pandemi Covid-19 dapat dikontrol. Menurut Bupati apabila rasa kepanikan meluas maka daya tahan imunitas tubuh dapat menurun.

“Makanya saya ucapkan terimakasih kepada Pak Kapolres dengan inisiatif ini. Sungguh luar biasa, walaupun beroperasinya Polres baru sekitar tujuh bulan namun dapat menyatukan lintas etnis serta organisasi baik dari Kemenag, MUI, Muhammadiyah semua berjibaku dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” terangnya.

Sementara di kesempatan yang sama, Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan Kubu Raya merupakan daerah heterogen yang memiliki kemajemukan yang terdiri dari ras serta etnis, dengan adanya jalinan silahturahmi maka kemajemukan dapat menjadi satu kesatuan.

“Kita juga mengantisipasi dengan adanya deklarasi antar etnis merupakan upaya menimalisir adanya konflik-konflik sosial antar etnis. Karena hal tersebut tidak boleh terjadi, makanya kita bersama-sama menjaga kebhenikaan ini,” tegas Yani. (ian)

Comment

News Feed