by

Madrid Keluarkan Rp 7 Triliun Untuk Pemain Muda, Bagaimana Hasilnya?

KalbarOnline La Liga – Dalam satu dekade terakhir, Real Madrid getol berinvestasi di pesepakbola muda berusia dibawah 21 tahun. Dana triliunan rupiah pun sudah digelontorkan. Bagaimana hasilnya?

Berdasarkan catatan Marca, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Los Blancos sudah mengucurkan dana tak kurang dari 400 juta euro, tepatnya 438,8 juta euro atau setara Rp 7 triliun lebih.

Disebutkan bahwa strategi merekrut pemain muda yang dilakukan Real Madrid didasari oleh beberapa faktor. Namun salah untuk tiga tahun terakhir, salah satunya karena harga pesepakbola yang makin menggila pasca Neymar ditebus Paris Saint-Germain dari Barcelona dengan memecahkan rekor transfer pemain.

Selain itu, direktur tim scout atau pemantau bakat Real Madrid, Juni Calafat juga menjadi sosok yang bertanggung jawab dibalik berubahnya kebijakan transfer pemain El Real dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Marca, tak kurang ada 24 pemain muda yang sudah didatangkan Madrid sejak 10 tahun terakhir. Sergio Canales menjadi pemain pertama yang mengawali tren ini saat direkrut seharga 6 juta euro pada 2010, hingga terakhir Reinier Jesus Carvalho yang baru berusia 18 tahun didatangkan pada Januari 2020 lalu.


Baca Juga:



Marca
mengestimasi bahwa dari 400 juta yang sudah dikeluarkan Madrid untuk investasi pemain muda usia, tak kurang dari 119,5 juta euro yang sudah masuk ke kas mereka berkat keuntungan dari penjualan pemain yang bersangkutan.

Mesut Oezil misalnya, didatangkan beberapa bulan sebelum ulang tahun ke-21 pada musim panas 2010, setelah tiga musim bermain di Santiago Bernabeu, ia lalu dilepas pada 2013 silam dengan keuntungan sebesar 29 juta euro.

Lalu ada Mateo Kovacic yang direkrut di usia 20 tahun, dan setelah tiga musim, ia dilepas ke Chelsea dengan keuntungan mencapai 17 juta euro. Namun, tak semua investasi pemain muda itu berakhir positif.

Contoh yang paling nyata adalah Sergio Diaz yang sempat dijuluki sebagai Sergio Aguero-nya Paraguay, direkrut tahun 2016 dengan banderol sebesar 5 juta euro, hingga musim kemarin ia lebih banyak dipinjamkan sebelum akhirnya didaftarkan ke Real Madrid Castilla.

Ada juga Lucas Silva yang diboyong pada 2015 namun lebih banyak berstatus pemain pinjaman sebelum akhirnya kontraknya habis pada awal musim panas 2019 kemarin dan direkrut Gremio dengan status free agent. Jesus Vallejo turut mengikuti jejak pemain muda yang gagal di Real Madrid dan kini sedang dipinjamkan ke Granada.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di KalbarOnline.com

The post Madrid Keluarkan Rp 7 Triliun Untuk Pemain Muda, Bagaimana Hasilnya? appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed