by

Tenaga Medis Positif Covid-19, Empat Puskesmas Ditutup Sementara

Tenaga Medis ,Positif Covid-19, Puskesmas Ditutup Sementara , Jateng

KalbarOnline.com– Wali Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, empat puskesmas pembantu (Pustu) di Kota Solo ditutup sementara tidak melayani pasien. Sebab, empat tenaga medisnya dari hasil pemeriksaan swab dinyatakan positif Covid-19.

”Empat Pustu yang ditutup sementara itu di Kecamatan Mojosongo dan Semanggi Solo. Karena empat tenaga kesehatan dinyatakan positif Covid-19,” kata Wali Kota Hadi Rudyatmo seperti dilansir dari Antara di Solo pada Selasa (2/6).

Menurut Rudyatmo, sebenarnya ada lima karyawan yang dinyatakan positif. Yakni, empat tenaga medis dan satu lainnya dari Dinas Sosial Kota Surakarta. Rudyatmo mengatakan, penutupan Pustu tersebut karena dilakukan penyeprotkan disinfektan sesuai protokol kesehatan.

Protokol kesehatan, kata Rudyatmo, dimulai dari pintu masuk pemeriksaan suhu badan dengan thermogun, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer masing-masing akan berlangsung secara rutin selama protokol kesehatan wajib dilaksanakan menuju new normal.

Menyinggung penerapan new normal di Solo, Rudyatmo mengatakan, evaluasi dilaksanakan setelah 7 Juni pencabutan status kejadian luar biasa (KLB). Penerapan new normal khusunya untuk tempat ibadah, sedangkan kegiatan di mal atau pusat perbelanjaan dengan batasan sesuai protokol kesehatan sudah dimulai.

”Evaluasi penerapan new normal akan ditentukan Rabu (3/6), dengan aturan Peraturan Wali Kota Surakarta (Perwali) sudah dibuat drafnya tinggal pengesahan saja,” terang Rudyatmo.

Rudyatmo yakin, Pemkot Surakarta akan mencabut KLB Covid-19 pada 7 Juni. Terutama tempat ibadah mulai digunakan, sedangkan lainnya sudah mulai diterapkan new normal.

”Pusat perbelanjaan atau mal sudah diterapkan new normal. Jika pengunjung masuk mengenakan masker, penjualnya juga sudah, tinggal kami memantau supaya protokol kesehatan betul-betul dijalankan dengan baik,” ujar Rudyatmo. (JPC)

Comment

News Feed