Edi Kamtono Minta Warga Biasakan Diri dengan Kehidupan Normal Baru

Edi Kamtono Minta Warga Biasakan Diri dengan Kehidupan Normal Baru

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta masyarakat mulai membiasakan diri dengan tatanan kehidupan normal baru. Diakuinya, selama ini memang pembatasan aktivitas di Kota Pontianak telah dilakukan sejak Maret hingga Mei 2020. Hal tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

“Hingga saat ini yang kita lakukan sudah baik, karena tingkat ketertularan sampai hari ini landai, bahkan cenderung menurun,” ujarnya, Selasa (2/6).

Baca Juga :  Alasan Kabar Kevin Positif Covid-19 Baru Dirilis Hari Ini

Menurutnya, masyarakat juga harus dibiasakan untuk tidak berdempetan sehingga bisa terbiasa dengan pola kehidupan baru. Dengan demikian diharapkan perekonomian akan bergerak.

“Kita akan kerahkan semua unsur untuk terus mengedukasi masyarakat, tujuannya supaya masyarakat memahaminya,” tuturnya.

Diakuinya, pihaknya gencar menggelar rapid test sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19. Dengan tujuan untuk mengetahui sebaran pandemi Covid-19 di Kota Pontianak. Meskipun banyak hasil rapid test menunjukkan hasil reaktif, akan tetapi setelah dilakukan terapi dengan kedisiplinan hasilnya menunjukkan non reaktif.

Baca Juga :  Edi Kamtono: Data Harus Selalu Diperbaharui

“Jika ditemukan hasil rapid test reaktif maka akan diminta untuk isolasi mandiri. Sehingga penyebaran Covid-19 di Kota Pontianak bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Saat ini, lanjutnya, tinggal bagaimana penerapan tatanan hidup normal yang baru terkait rumah makan, restoran, warung kopi dan sekolah serta lokasi olahraga masyarakat. Tentu kuncinya adalah kedisiplinan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

“Jika hal tersebut diterapkan penyebaran pandemi Covid-19 diharapkan tidak meluas,” pungkasnya. (jim/prokopim)

Comment