by

Mums, Begini Tipsnya Memberikan Obat untuk Anak

Melihat si Kecil lemas dan rewel karena sakit rasanya bagai mimpi buruk ya untuk Mums. Kalau sudah begini, tentu saja harapan Mums adalah agar ia bisa segera sembuh dari penyakitnya. Salah satu upaya untuk mendukung kesembuhannya adalah dengan memberikan si Kecil obat secara rutin sesuai dengan anjuran dari dokter. Sayangnya, memberikan obat untuk anak tidak semudah ketika Mums memberikan es krim padanya. Nah, untuk membantu Mums, berikut ini tips memberikan obat untuk anak yang bisa dilakukan.

Baca juga: 5 Imunisasi Wajib untuk Anak

Tips Memberikan Obat untuk Anak

Memberikan obat yang telah dianjurkan oleh dokter merupakan upaya terbaik untuk mendukung kesembuhan anak dari penyakitnya. Nah, jika Mums termasuk orang tua yang sering ‘berperang’ dengan anak ketika ingin memberikan obat, berikut ada beberapa tips yang bisa Mums lakukan.

1. Tunjukkan sikap tenang

Saat ingin memberikan si Kecil obat, pastikan Mums harus tenang terlebih dulu. Anak-anak yang berusia lebih besar biasanya akan banyak bertanya alasan mengapa ia harus minum obat. Berikan penjelasan dan juga yakinkan dirinya bahwa meminum obat bukanlah sesuatu yang buruk.

Sedangkan, bagi anak yang berusia lebih kecil, mereka akan bersikap berdasar isyarat emosi yang ditunjukkan orang tua.

“Semakin frustasi orang tua saat memberikan obat, semakin anak-anak akan berusaha melawan dan menolaknya,” ujar Deb McMaster, salah satu orang tua dari seorang anak yang tinggal di Mansfield, Massachusetts.

2. Berikan anak pilihan dan kebebasan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, anak-anak yang lebih besar umumnya akan sibuk menanyakan alasan dari minum obat. Jadi, jelaskan padanya bagaimana obat dapat membantunya cepat sembuh. Persiapkan mereka terlebih dulu. Jika obat yang digunakan memiliki pilihan rasa, biarkan anak yang memilih.

3. Minta bantuan dari dokter

Beberapa jenis obat ada yang memiliki rasa lebih ‘bersahabat’ dengan lidah si Kecil. Selain itu, ada pula dosis obat yang bisa diberikan hanya 2 kali sehari, bukan 4 kali sehari. Jadi, cobalah mintalah bantuan dan saran dari dokter untuk merekomendasikan jenis obat yang sekiranya lebih mudah diterima oleh anak dan tidak memerlukan dosis terlalu sering.

Baca juga: 7 Tips Memberikan Obat Sirup pada Anak

4. Tambahkan obat ke dalam makanan si Kecil

Dalam sejumlah kasus, beberapa obat memang ada yang diperbolehkan untuk dihancurkan, sehingga Mums dapat mengakalinya dengan memasukkan ke dalam makanan si Kecil.

Namun, untuk melakukan ini, bicarakan terlebih dulu dengan dokter. Pasalnya, tidak semua obat boleh dihancurkan. Selain itu, pastikan anak menghabiskan semua makanannya untuk mendapat dosis penuh obat yang dianjurkan.

5. Bermain dengan indera pengecapnya

Beberapa jenis obat meninggalkan rasa pahit atau asam yang membuat anak-anak tidak menyukainya. Untuk mengakalinya, segera berikan air sirup atau cokelat untuk membantu menghilangkan rasa tidak enak tersebut.

6. Berikan pujian atau hadiah

Anak-anak sangat menyukai jika dirinya diberi pujian atau hadiah. Dengan memperoleh imbalan berupa pujian atau hadiah, anak akan merasa dihargai.

Nah Mums itulah beberapa tips untuk memberikan obat pada anak. Seringkali, meski Mums sudah melakukan beberapa cara di atas, si Kecil mungkin masih akan menolak atau merengek ketika diberi obat. Jika hal ini terjadi, tak perlu langsung memarahi anak. Sebaliknya, tetap jelaskan padanya tujuan dari meminum obat secara perlahan dan peluk dirinya dengan penuh kasih sayang untuk membuatnya lebih tenang. Semoga membantu dan selamat mencoba ya, Mums! (BAG)

Baca juga: Pentingnya Memilih Dokter Anak yang Tepat

Sumber:

Every Day Health. “10 Ways to Get Kids to Take Medicine.”

Comment

News Feed