by

Hasil Swab Negatif, Satu Pasien yang Dirawat di Rumah Singgah Covid-19 Ketapang Dipulangkan

KalbarOnline, Ketapang – Satu orang pasien yang menjalani karantina dan perawatan medis di rumah singgah pengawasan Covid-19 Ketapang telah dinyatakan negatif Covid-19 dan dipulangkan ke kediamannya pada Rabu (27/5/2020) lalu.

Pasien yang bersalah dari Kecamatan Sungai Laur berusia 14 tahun ini merupakan orang tanpa gejala atau OTG itu dipulangkan lantaran pemeriksaan laboratorium swabnya sebanyak dua kali menunjukan hasil negatif.

“Sudah kita serahkan kepada pihaknya keluarganya dan dipulangkan kerumahnya dengan diantar menggunakan ambulan,” kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Ketapang, Rustami, Kamis (28/5/2020).

Rustami menyebut kalau pasien yang menjalani karantina dan perawatan medis di rumah singgah pengawasan Covid-19 Ketapang, baru bisa di perbolehkan pulang ke rumah apabila pemeriksaan laboratorium swab mereka dua kali berturut turut menunjukkan hasil negatif.

“Jika hasil pemeriksaan swab masih positif, berarti masih dikarantina. Misalnya sebanyak 12 orang yang terkonfirmasi positif Covid 19, belum dipulangkan karena hasil pemeriksaan laboratorium swab mereka masih positif,” ungkapnya.

Ia menjelaskan kalau pasien yang sedang menjalani karantina di rumah singgah pengawasan Covid-19 Ketapang dengan masa karantina hitungan harinya sudah lebih dari satu bulan atau lebih dari masa karantina yakni 2 kali 14 hari namun kalau hasil pemeriksaan swabnya masih positif maka masih akan menjalani karantina.

“Kalau hasil pemeriksaan swabnya sebanyak 2 kali negatif pasti dipulangkan,” ujarnya.

“Jadi mereka yang menjalani karantina baik karena hasil pemeriksaan Rapid Test reaktif maupun karena terkonfirmasi positif Covid 19, pengakhiran masa karantina, bukan didasarkan hitungan hari karantina, tetapi didasarkan hasil pemeriksaan laboratorium atas swab,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

News Feed