by

Desa Payak Kumang Ketapang Salurkan BLT Dana Desa Secara Door To Door

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Desa Payak Kumang, Kecamatan Delta Pawan , Kabupaten Ketapang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 132 orang warga kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19. Secara simbolis BLT-DD diserahkan oleh Kepala Desa Payak Kumang kepada perwakilan penerima manfaat di aula kantor Desa Payak Kumang, Jumat (29/5/2020).

Kepala Desa Payak Kumang, Hadi Supratman mengatakan kalau kalau pihaknya telah menyalurkan BLT-DD kepada warganya yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan BLT-DD yang dianggarkan dari Dana Desa tahun 2020.

Desa Payak Kumang Ketapang Salurkan BLT Dana Desa Secara Door To Door 2

“Setiap warga penerima BLT-DD tersebut mendapatkan Rp600 ribu selama tiga bulan, dimulai dari bulan April, Mei dan Juni tahun ini,” ujarnya.

Ia menyebut kalau Pemerintah Desa Payak Kumang sendiri telah mengalokasikan anggarkan untuk BLT-DD bagi 132 orang warganya yang berhak sebagai penerima manfaat senilai Rp356.400.000.

“Totalnya setiap orang mendapat Rp2,7 juta selama 6 bulan, untuk tahap pertama sebesar Rp600 ribu hingga bulan Juni. Untuk tahap kedua bulan Juli, Agustus dan September sebesar Rp300 ribu per orang,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan kalau pihaknya berinisiatif untuk menyalurkan BLT-DD itu secara langsung ke rumah rumah warganya atau door to door. Menurutnya hal itu dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan antrean masa saat proses pembagian.

“Secara simbolis kita lakukan dikantor Desa dengan dihadati oleh Muspika Delta Pawan. Sedangkan penyerahan langsung kita melalui Tim Covid-19 di Desa ke tiap tiap rumah penerima, untuk tetap menjaga sosial distancing,” ungkapnya.

Ia berharap kepada warganya yang menerima BLT-DD agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan pokok hidupnya. Khususnya bagi pelaku usaha kecil bisa digunakan sebagai tambahan untuk modal usahanya.

“Kami berharap yang pasti bantuan ini bukan untuk memenuhi gaya hidup, tetapi untuk memenuhi kebuhan hidup. Jadi manfaatkan semanfaat mungkin, bisa saja untuk modal usaha kecil atau kebutuhan pokok,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

News Feed