by

Boston Marathon Diputuskan Batal, Ganti Virtual Run

KalbarOnline.com − Meski mulai beradaptasi dengan era normal baru pascapandemi Covid-19, pembatalan demi pembatalan event olahraga dunia belum bisa dihindarkan.

Penyelenggara Boston Marathon akhirnya menyerah dan memutuskan untuk membatalkan penyelenggaraan event mayor tersebut tahun ini. Ketua Asosiasi Atletik Boston (BAA) Thomas Grilk mengatakan, ini adalah kali pertama lomba lari tahunan itu gagal dilangsungkan sejak 124 tahun terakhir.

Pada 1918, ketika Perang Dunia I berkecamuk dan terjadi pandemi flu Spanyol, Boston Marathon tetap berlangsung. Namun, hanya diikuti 10 tim putra estafet dari peserta militer.

Sebelumnya, race tahun ini dijadwalkan berlangsung pada 20 April 2020. Namun, penyelenggara menunda hingga 14 September karena pandemi Covid-19.

Wali Kota Boston Martin Walsh mengatakan, perkembangan penanganan pandemi virus korona baru saat ini belum memungkinkan untuk mengadakan lomba pada jadwal baru yang ditentukan.

”Potensi gelombang (Covid-19) kedua bisa terjadi kapan saja antara Agustus dan Oktober,” terang Walsh dilansir Boston Herald.

Selanjutnya, BAA selaku penyelenggara event menyiapkan acara pengganti, yakni virtual run. Ajang alternatif tersebut juga menjadi sejarah dalam penyelenggaraan Boston Marathon.

Nanti peserta yang sudah terdaftar tahun ini berkesempatan mengikuti ajang itu pada 7−14 September mendatang.

”Kami berharap bisa membawa semangat Boston Marathon ke seluruh dunia,” kata Glirk. Dia menambahkan, siapa pun yang mampu finis di bawah enam jam akan tetap mendapatkan medali.

Boston Marathon merupakan race bergengsi di jajaran WMM (World Marathon Major). Untuk lolos kualifikasi, peserta harus punya catatan waktu tertentu yang sudah ditetapkan penyelenggara, mengacu kelompok usia peserta.

Namun, Glirk menyebut peserta tahun ini tidak perlu khawatir. Sebab, kualifikasi waktu edisi 2020 bisa digunakan untuk kembali mendaftar tahun depan.

Biaya pendaftaran tahun ini juga akan dikembalikan. Boston Marathon 2020 menjadi ajang WMM kedua setelah Berlin Marathon yang juga dibatalkan karena alasan yang sama.

Comment

News Feed