by

Tips Parkir Mobil Paling Aman Saat di Area Tanjakan atau Turunan

KalbarOnline.com – Saat melakukan parkir di garasi rumah maupun ditempat lain yang kondisinya tanjakan atau turunan harus dibedakan perlakuannya dengan parkir di tempat datar. Seperti diketahui, gaya gravitasi bumi mengakibatkan mobil yang diparkir di jalan menurun atau menanjak cenderung bergerak ke arah yang lebih rendah.

Bila Anda melakukan sembarangan saat memarkir, bisa dimungkinkan mobil akan meluncur. Ini akan dapat mengenai benda apa saja di bawahnya atau bahkan yang lebih berbahaya lainnya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Pertama, pastikan rem tangan telah aktif dengan maksimal. Agar kendaraan tidak bergerak sedikitpun baik maju atau mundur. Pada posisi parkir menanjak ataupun menurun, usahakan menarik lebih kuat rem tangan (hand brake) karena rem tangan akan bekerja lebih extra untuk menahan roda agar tidak berputar.

Kedua, posisikan perseneling pada gigi 1 atau mundur (pada transmisi manual) atau di ‘P’ (pada transmisi otomatis). Kedua posisi ini sangat di sarankan ketika mobil diparkir di tanjakan atau turunan. Agar roda yang bertugas sebagai penggerak akan terkunci.

Langkah ketga, ketika parkir di tanjakan, putar roda depan hingga sisi bagian belakang salah satu roda depan menyentuh trotoar atau bidang yang lebih tinggi dari jalan. Agar ketika hal buruk terjadi, yaitu kendaraan Anda berjalan turun tiba tiba ke arah yang lebih rendah, posisi ban tadi menjaga kendaraan tidak bergerak karena ditahan oleh trotoar tersebut.

Selanjutanya untuk antisipasi, jika lokasi parkir sangat terjal dan licin, tambahkan dengan ganjalan pada bagian roda depan dan belakang secara menyilang. Misalkan roda yang diganjal adalah roda bagian depan kiri dan bagian roda belakang kanan agar posisi parkir mobil lebih kuat dan aman.

Sebaiknya Anda lakukan keempat hal di atas, agar mobil tidak meluncur tiba-tiba ketika parkir pada posisi menanjak ataupun menurun. Semoga bermanfaat.

Comment

News Feed