by

Hindari Kepanikan Tangani ODP

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengapresiasi kinerja gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kubu Raya ditingkat Kecamatan maupun tingkat Desa yang dapat membangun koordinasi terpadu antara TNI dan Polri dalam penanganan Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pegawasan (PDP).

Menurut Bupati Muda dengan upaya-upaya protokol kesehatan untuk menimalisir penyebaran Covid-19 dilingkungan masyarakat tidak luput juga dari segi pemantauan petugas kesehatan.

“Terutama masyarakat yang berstatus ODP datang dari pulau Jawa, DKI, Bali, Sumatra, Serawak, serta daerah yang berkategori zona merah. Alhamdulilah penanganan dari petugas puskesmas sigap begitu dapat informasi dari jajaran pemerintah desa, yang dibantu oleh Babinsa, dan Babinkamtibmas,” jelas Bupati Muda disela-sela rapat terbatas antara kepala SKPD serta seluruh Camat melalui Vidcon di ruang rapat Kantor Bupati Rubu Raya, Selasa (26/5/2020).

Dijelaskan Bupati dalam penanganan ODP dan PDP para petugas kesehatan telah sepakat tetap menjaga privasi warga yang bersangkutan agar tidak menimbulkan kepanikan dikalangan masyarakat.

“Dengan mendatangi ODP tidak menggunakan APD. Setelah di rumah ODP barulah memakai APD agar tidak menimbulkan keresehan bagi warga sekitar,” terang Bupati.

Muda merasa ODP bukan berarti positif namun karena baru datang dari wilayah zona merah. Sehingga tidak perlu menimbulkan panik antara warga. Disamping hal tersebut, ODP akan tidak merasa tertekan saat melaksanakan isolasi mandiri.

“Oleh karena itu dalam mengatasi sektor kesehatan kita memaksimalkan puskesmas karena lebih efektif serta terjangkau dengan wilayah-wilayah pedalaman,” imbuhnya.

Berdasarkan data terupdate (26/5/2020) Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kubu Raya tentang sebaran Covid-19 di sembilan kecamatan bahwa ODP berjumlah 185 orang sedangkan PDP 42 orang meliputi dari Kecamatan Sui Ambawang 13 PDP 5, Rasau ODP 3 PDP 2, Sui Kakap ODP 43 PDP 5, Sui Raya ODP 75 PDP 28, Terentang ODP 9 PDP 0, Batu Ampar ODP 13 PDP 1, Kubu ODP 14 PDP 0, Kuala Mandor B ODP 6 PDP 0 dan Teluk Pakedai ODP 9 PDP 1. (ian)

Comment

News Feed