by

4.417 Napi di Sulsel Dapat Remisi, Tiga Bebas

KalbarOnline.com, MAKASSAR — Ribuan warga binaan yang selama ini mendekam di balik jeruji besi, mendapat remisi dari pemerintah. Totalnya berjumlah 4.417 orang. Hal itu melalui pertimbangan atas perilakunya yang membaik selama menjadi warga binaan.

Pemberian remisi khusus (RK) tersebut diberikan atas perayaan hari raya Idul Fitri bagi narapidana yang beragama Muslim. Kepala Divisi Permasyarakatan, Taufiqurrakhman mengapresiasi seluruh warga binaan yang disiplin dan menunjukkan dedikasinya selama dalam penjara.

“Ada 4.417 yang mendapat RK I. Tiga diantaranya warga binaan yang mendapat RK II dinyatakan bebas,” katanya, Rabu (27/5/2020).

Tiga orang yang mendapat RK II itu telah siap dikembalikan ke keluarganya masing-masing, berdasarkan ketentuan yang ada. Semua narapidana yang mendapat remisi telah melalui prosedur. Yakni usulan dari Unit Pelaksana Teknis lalu Kantor Wilayah Kemenkumkam melakukan verifikasi. Setelah dinyatakan lolos, barulah diteruskan ke Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kemenkumham RI.

Pemberian remisi tersebut, lanjut dia, adalah merupakan hak bagi setiap warga negara yang menjalani masa hukuman dalam rutan ataupun lapas serta memenuhi syarat administratif dan substantif.

“Remisi adalah pengurangan masa menjalani pidana yang diberikan kepada narapidana, yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan,” tutupnya. (ishak/fajar)

Comment

News Feed