Tiga Warga Sekadau Positif Covid-19

Tiga Warga Sekadau Positif Covid-19

KalbarOnline, Sekadau – Bertempat dikantor dinas Kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau, Plt kepala dinas Kesehatan, PP dan KB Henry Alpius yang juga juru bicara tim gugus tugas covid-19 pada Senin (25/5) 2020 sore melaksanakan konfrensi pers terkait penyebaran covid-19.di kabupaten Sekadau.

Henry.Alpius menjelaskan sampai dengan sore ini Senin (25/5) 2020, kasus positif covid -19 berdasarkan hasil swab  oleh Laboratorium Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengedalian Penyakit Jakarta Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) terhadap

1. Laki-Laki. Kasus 01 Umur 21 Tahun asal Sungai Asam Kecamatan Belitang Hilir Terkomfirmasi Covid 19 .

2. Perempuan Kasus 02 Umur 18 Tahun Asal Sungai Asam Kecamatan Belitang Hilir Terkomfirmasi Covid 19

3. Laki-Laki .Kasus 03 Umur 39 Tahun Warga Pal.4 Sekadau Kecamatan Sekadau Hilir Terkomfirmasi Covid 19

Ketiga Kasus orang tersebut adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) oleh karena mereka tidak menunjukan keluhan namun berpotensi menularkan dan mereka tersebut merupakan merupakan Cluster Jemah Tabligh Kuala Lumpur yang hasil Repid Test 7 April 2020 Reaktif dan telah di ambil swab untuk di periksa pada tanggal 5 dan tangal 6 Mei 2020 kata Henry.

Baca Juga :  Pemkab Terima Kunker Komisi I DPRD Kalbar Bahas Tapal Batas

Lebih lanjut Henry mengatakan Cluster terkomfirmasi ini merupakan cluster jemah tablig di kuala lumpur. Untuk clauster yang sama, 2 orang lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan Swab.

Pada  pengambilan swab yang sama oleh Laboratorlum balai benih Tehnlk Kesehatan Llngkungan dan Pengendalian Penyaklt Jakarta Dlrjen Pencegahan dan Pengendalian Penyaklt (BBTKLPP) juga terdapat hasil negatif atau bukan covld 19.

Masing-masing :

l. Lakl-lakl umur 44 Tahun warga pal 4 Sekadau kecamatan Sekadau Hlllr.
2. Lakl-Lakl Umur 40 Tahun warga Sungai Ayak kecamatan Belitang Hlllr
merupakan tenaga Kesehatan.
3. Perempuan 44 Tahun Warga Sungai Asam Kecamatan Belitang Hlllr

Dengan hasil pemeriksaan Swab oleh Laboratorlum Balal Besar Tehnlk Kesehatan Llngkungan dan Pengedalian Penyaklt Jakarta Dlrjen Pencegahan dan Pengendallan Penyaklt (BBTKLPP) di kabupaten
Sekadau, pada hari inibterdapat  3 kasus Torkomflrmasl Covld 19 atau Positlf Covld 19  dan 3 lainnya dinyatakan negatlf Covld 19.

Dengan melihat hasil tersebut maka langkah- langkah yang akan dilaksanakan kedepan adalah:

1. Mengajukan penetapan status kabupaten Sekadau inl menjadl Kejadian Luar Biasa Covld 19 (Bukan Lagi Siaga Darurat). Oleh karena ada 3 Kasus terkomfirmasl

2. Kepada 3 OTG yang terkomfirmasi akan kita lsolasi ketat di rumah Sakit Umum Daerah Sekadau.

Baca Juga :  Pemkab Sekadau Siap Audit Laporan Keuangan Secara Online

3. Dinas Kesehatan PP dan KB akan melakukan tracing terutama orang
kepada masyarakat kabupaten Sekadau kami menghimbau untuk tidak panic namun mari kita sama-sama terus melakukan upaya upaya pencegahan penyebaran wabah virus Covid 19 dan tetap waspada melalui:

1. Tetap taat kepada himbuan pemerintah : Jangan kumpul-kumpul piknik, terutama moment saat ini kita sedang merayakan idulfltri cukup dirumah saja.

2. Hindari Keramaian dan jaga Jarak (Sosial distancing dan Phisik Distancing)

3. Tetap Tinggal dirumah . jika ada keperiuan medesak harus keluar pergunakan masker. 4. Cuci Tanggan pakai sabun diair mengalir

5. Tingkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat: Makan makanan yang bergizi perbanyak kosumsi buah dan sayur

6. Bantu Pemerintah dengan cara Lapor ke Petugas Kesehatan bila ada keluarga dan sanak family yang datan dan‘ daerah terjangkit.

Dengan Demikian dat hari ini sampai Pukul 17.00 keadaan Covid 19 di Kabupaten Sekadau

ODP  187 orang, OTG 32 orang,  PDP 1 orang. hasil laboratorium RL.PCR : Terkomflrmasi 3.

Negatif 5 . dan sedang menunggu hasil Pemeriksaan Laboratorium PCR = 2 orang pungkas Henry.

Comment