by

Dimasa Pandemi Covid-19 Pembelian Mobil Secara Tunai Meningkat

KalbarOnline.com – Dalam situasi pandemi Covid-19, rupanya ada pergeseran cara transaksi konsumen dalam pembelian kendaraan roda empat. Ya, informasi yang di dapat dari beberapa Agen Pemegang Merek (APM) salah satunya adalah merek Daihatsu.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah mencatat kalau saat ini meskipun dalam masa sulit situasi pandemi covid-19, konsumen lebih cenderung membeli secara tunai. Hal ini diungkapkan Marketing dan CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.

Menurut Hendrayadi, sebelum ada pandemi, cara pembelian mobil memang lebih banyak dilakukan secara kredit. Bila diprosentase sebanyak 80% konsumen lebih memilih kredit mobil dan sisanya 20% secara tunai pada waktu itu.

“Saat ini yang melakukan pembelian cash meningkat. Yang kredit 75 persen dan 25 persen cash,” ujarnya Hendrayadi belum lama ini.

Bukan tanpa sebab, meningkatnya pembelian secara tunai kali ini tentu tak bisa dilepaskan dari beberapa faktor. Diantaranya dikarenakan pihak leasing yang kabarnya mulai memperketat terkait dengan penerimaan angsuran. Ini dikhususnya selama pandemi virus Covid-19 berlangsung.

Menurut Hendrayadi, pembeli mobil Daihatsu selama corona adalah pembeli lama. Ini terlihat indikator pola pembelian yang bisa dilihat merupakan pembeli lama.

Sebagai informasi, penjualan mobil, khususnya di wilayah DKI Jakarta mengalami penurunan yang cukup signifikan dikarenakan adanya peraturan PSBB. Tercatat penjualan di wilayah DKI Jakarta mengalami penurunan hingga 26%.

Akan tetapi di wilayah Sumatera Utara justru mengalami peningkatan penjualan. Dimana sebelumnya hanya berkontribusi sebanyak 16% kini menjadi 20% dari total keseluruhan penjualan.

Selama masa PSBB pihak Daihatsu tetap setia dalam pelayanan kepada konsumen, mulai layanan home service hingga membuka diler didaerah tertentu yang tak tekena zona merah.

Comment

News Feed