by

Belum Lama Dikenalkan, GM Hentikan Produksi Sepeda Listrik ARIV

KalbarOnline.com – Februari 2019 lalu, General Motors (GM) resmi mengenalkan sepeda listrik atau E-Bike produksinya yang bernama ARIV. Sepeda listrik GM ini diracik dan dibangun di fasilitas GM di Michigan dan Ontario, Amerika Serikat (AS).

Baru seumur jagung, sepeda listrik ARIV kini dikabarkan berhenti diproduksi. Padahal, di AS, E-Bike ini dikatakan laris dan banyak diminati konsumen karena kepraktisannya.

Sejak Sabtu (23/5), konsumen yang ingin membeli di situs web resmi ARIV diarahkan ke halaman pembuat mobil. The Verge, dilansir KalbarOnline.com pada Jumat (22/5), mengonfirmasi pada GM dan dipastikan produksi dan penjualan sepeda listrik ARIV telah dihentikan.

Keputusan menghentikan produksi ARIV ditentukan oleh efek dari krisis kesehatan internasional. Seperti kebanyakan pembuat mobil, GM mencari cara untuk memotong biaya untuk mengimbangi penurunan penjualan mobil yang mengejutkan dan dampak ekonomi karena harus menutup operasi selama beberapa minggu. Dan, sepeda listrik ARIV akhirnya diputuskan untuk “diamputasi”.

Meski demikian, GM menjanjikan kepada konsumen, setelah semuanya membaik, mereka akan kembali hadir dengan sesuatu yang lebih besar lagi. “ARIV telah menghasilkan wawasan yang signifikan tentang mikromobilitas untuk General Motors, dan kami berencana untuk menggunakan wawasan tersebut untuk mendapatkan keuntungan di masa depan,” kata Brian Tossan, Direktur Inovasi Global GM, menjelaskan kepada TheVerge.

Selain nama mewah dan embel-embel GM di belakangnya, ARIV datang dengan baterai yang memberikan kisaran perkiraan 64 km (40 mil) dengan sekali pengisian daya, dan kecepatan tertinggi 25 kpj (15,5 mpj). Dalam pengembangannya sepeda yang bisa dilipat ini juga mendapat perangkat lunak untuk membuatnya lebih efisien dalam penggunaan.

Meskipun lahir sebagai E-Bike, model sepeda ini tetap menggunakan pedal sebagai penggerak tenaga yang menawarkan empat tingkat daya. Sepeda ini juga tidak membutuhkan waktu lama untuk pengecasan karena hanya butuh 3,5 jam untuk mengisi baterai hingga penuh.

E-Bike ini dibuat dalam dua model yakni ARIV Merge dan Meld yang menawarkan komponen keselamatan standar seperti lampu keselamatan LED depan dan belakang yang terintegrasi dan dapat diisi ulang serta rotor rem besar.

Sepeda listrik ini memiliki desain yang kompak yang memungkinkan untuk transit lebih mudah dan penyimpanan lebih nyaman, terutama ARIV Merge yang bisa dilipat dan digulung pada dua roda. Kedua E-Bike memiliki fitur mode berjalan yang dapat membantu pengguna dalam mengayuh sepeda di medan curam dengan melibatkan motor.

Sepeda listrik yang juga diluncurkan di beberapa negara Eropa seperti Belanda dan Jerman, dengan segala kelebihannya dibanderol dengan harga USD 2.970 atau setara dengan Rp 43 jutaan untuk Meld. Sedangkan Merge ditawarkan dengan harga USD 3.625 atau berkisar Rp 53,4 jutaan.

Sebagian besar pengecer E-Bike ini di Eropa melaporkan peningkatan penjualan yang cukup besar, karena lebih banyak orang beralih ke alat transportasi alternatif. Beberapa pengecer bahkan menghadapi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika staf meminta pengurangan jam kerja. Jelas, jenis peningkatan penjualan sementara ini tidak cukup bagi GM untuk menjaga proyek ARIV tetap pada jalurnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed