by

Anies Sebut Peristiwa Covid-19 Jadi Cerita Untuk Anak dan Cucu

KalbarOnline.com – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengakui lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini memang berbeda, karena kebiasaan momen hari raya sebagai pertemuan dengan keluarga, tetangga dan masyarakat luas.

Akan tetapi, Anies menegaskan, kondisi di tengah pandemi Covid-19 mengharuskan pertemuan itu tidak dilakukan untuk mencegah penularan wabah Covid-19.

“Ini menjadi pengalaman yang nanti sampai kakek dan nenek, mereka akan bisa menceritakan bahwa saat mereka SD, saat mereka SMP, tahun 2020, terjadi pandemi sampai kita semua tidak bisa salat Id di masjid atau di lapangan,” kata Anies dalam keterangannya, Minggu (24/5).

“Ingat ini sebagai sebuah peristiwa yang kita ambil hikmahnya. Anak-anak yang disiplin dan tidak pergi, dia di kemudian hari bisa menceritakan pada generasi berikutnya bahwa saya termasuk yang memutus mata rantai karena saya di rumah,” sambungnya.

Anies menyampaikan, tradisi open house dan halal bihalal ditiadakan untuk Idulfitri tahun ini. Pernyataan Anies terkait open house dan halalbihalal tersebut juga sudah diberitahukan kepada tetangga sekitar rumahnya dan masyarakat secara luas agar mata rantai penularan Covid-19 dapat terkendali dan kondisi pandemi dapat segera selesai.

“Jadilah keluarga-keluarga yang bertanggung jawab. Jadilah orang-orang yang bertanggung jawab. Kalau kita melindungi diri sendiri dengan cara di rumah, itu artinya melindungi orang lain,” tegas Anies.

Anies juga menyebut, pandemi Covid-19 membawa hikmah agar masyarakat terbiasa memanfaatkan teknologi digital. Anies pun mencontohkan video conference sebenarnya bukan barang baru yang sebelumnya tidak digunakan secara maksimal dan kini dimanfaatkan sebagai kegiatan sehari-hari selama masa pandemi.

“Dulu rasanya tidak puas kalau tidak ketemu langsung. Tidak lega kalau tidak ketemu langsung. Sekarang karena diharuskan, terjadilah, dan terbiasalah. Nah, inilah yang menurut saya ke depan kita akan punya kebiasaan-kebiasaan baru yang dulu tidak pernah terbayangkan,” tukasnya. (jpc)

Comment

News Feed