by

5 Masalah Ini Kerap Terjadi pada Mobil LCGC yang Harus Ditangani

KalbarOnline.com – Saat ini populasi mobil low cost green car (LCGC) sudah ribuan jumlahnya. Kemunculan awal mobil di segmen ini memang sangat menarik perhatian masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Bukan hanya murah dan terjangkau dalam segi harga, tapi mobil ini juga terbilang ramah lingkungan. Namun, seiring perkembangan dan banyaknya pengguna mobil ini, muncul masalah yang sering dijumpai para pengguna mobil LCGC.

Seperti dilansir dari laman Auto2000, ada beberapa hal yang harus Anda pahami tentang “penyakit” mobil ini sebelum Anda memilikinya.

Pertama, bila AC mobil kurang dingin Anda bisa lakukan pengecekan kembali apakah ada kebocoran freon. Bisa juga hal ini disebabkan oleh extra fan tidak berputar dengan sempurna. Sebaiknya hindari parkir di bawah terik matahari agar bisa cepat mendinginkan ruang kabin saat AC dihidupkan.

Masalah kedua adalah suara mesin berubah jadi kasar, hal ini sebenarnya tidak hanya terjadi di mobil LCGC saja, namun semua mobil bisa mengalami hal ini. Penyebab utamanya adalah penggunaan bahan bakar dengan oktan di bawah standar yang ditentukan pabrik.

Sebaiknya Anda membuka kembali buku panduan kendaraan dan cek berapa oktan yang dianjurkan oleh pabrik untuk mobil LCGC. Penggunaan BBM yang sesuai yang disarankan pabrikan akan bisa membuat awet mesin dalam bekerja.

Ketiga, adalah masalah rem mobil berbunyi dan bergetar. Dalam jangka waktu yang lama, terkadang rem mobil kamu berbunyi dan bergetar saat diinjak, hal ini sering terjadi di mobil LCGC.

Bila Anda mengalami hal ini, sebaiknya jangan menunda untuk memeriksakannya ke bengkel resmi. Bisa saja kampas rem sudah habis atau ada masalah pada cakram rem mobil Anda.

Masalah keempat, mobil sering overheat, ini tentu akan berbahaya bagi mesinnya. Karena biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki akan sangat mahal.

Jika sudah pernah mengalami overheat, Anda harus cek apakah fan pendingin mesin berputar normal atau tidak, serta cek juga kondisi radiator apakah airnya masih penuh atau terjadi kebocoran.

Sebaiknya mengganti air radiator secara berkala bisa dilakukan untuk mencegah overheat. Karena air radiator yang gak pernah diganti bisa menimbulkan kerak yang menghambat saluran radiator dan mesin menjadi panas.

Kelima, bila merasakan mobil LCGC terlalu bergetar saat dipacu dalam RPM tinggi maka itu adalah hal wajar karena kebanyak LCGC menggunakan mesin 3 silinder. Yang mana akan bekerja keras jika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Anda juga bisa mengecek engine mounting mobil kamu jika sudah terasa getaran yang terlalu keras dan mengganggu. Disarankan Anda bisa memasang peredam tambahan di mobil untuk mengurangi efek rasa getaran dan suara berisik dari luar kabin.

Comment

News Feed