by

Tips Makan Sehat Saat Lebaran Menurut Ahli

Setelah berpuasa selama 1 bulan, kita sampai juga di penghujung bulan Ramadan, Gengs. Sekarang, waktunya kita merayakan Idul Fitri. Selain bermaaf-maafan, Idul Fitri identik dengan makanan, seperti ketupat, opor ayam, rendang, kue manis, dan banyak lagi.

Namun, setelah berpuasa selama periode waktu yang lama, akan lebih baik jika Geng Sehat makan dengan hati-hati supaya lambung tidak kaget. Nah, ada sejumlah tips makan sehat saat lebaran dari pakar nutrisi nih, untuk membantu Geng Sehat.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Geng Sehat bisa makan enak, namun tetap sehat saat lebaran. Yuk, simak tips makan sehat saat lebaran ini!

Baca juga: Survei: Setelah Idul Fitri, Berat Badan Orang Indonesia Bertambah 6 Kg!

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Berikut tips makan sehat saat lebaran dari Courtney Ferreira, pakar nutrisi dari University of Maryland Medical Center, dan Tim Spector, pakar nutrisi dari Kings College London.

1. Makan sarapan kecil

Mulailah Idul Fitri dengan mengonsumsi sarapan kecil. Sebagai contoh, Kamu bisa makan kurma, pudding (ataupun kue lain yang menyegarkan), serta sedikit roti atau mungkin bihun.

Menurut ahli, memulai hari dengan mengonsumsi sarapan kecil merupakan salah satu tips makan sehat saat lebaran. Tujuannya agar makanan masuk ke tubuh secara perlahan dan bertahap, serta mencegah konsumsi makanan terlalu banyak di waktu makan besar.

2. Jangan konsumsi semua jenis makanan dalam satu waktu

Saat merayakan Idul Fitri, biasanya sangat banyak makanan yang disajikan. Mungkin sulit menahan diri untuk menyicipi semuanya, namun hindari mengonsumsi semua jenis makanan dalam satu waktu.

Salah satu kunci dari makan sehat saat lebaran adalah memberi jeda pada setiap jenis makanan yang kita makan, bukannya mengonsumsinya dalam satu waktu sekaligus.

3. Konsumsi makanan dalam porsi kecil

Masalah pencernaan, khususnya masalah lambung, merupakan salah satu kondisi kesehatan yang umum menyerang di hari lebaran. Masalah ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil.

Makan terlalu banyak menyebabkan lambung stres, apalagi karena kita baru saja melewati periode puasa selama 1 bulan. Jadi, Kamu boleh menyicipi semua jenis makanan di hari lebaran, namun makanlah dalam porsi kecil. Ini merupakan salah satu tips terpenting makan sehat saat lebaran untuk mencegah kekenyangan yang tidak nyaman.

Baca juga: Waspada! Penyakit Ini Sering Muncul Pasca Lebaran

4. Jangan konsumsi gula berlebihan

Hari lebaran juga identik dengan kue-kue dan minuman manis. Meskipun enak dan menyegarkan, jangan mengonsumsi makanan manis dan gula berlebihan, ya. Kita barus saja melewati periode satu bulan menahan lapar dan haus setiap hari. Kalau mengonsumsi terlalu banyak gula di hari lebaran, maka bisa membuat Kamu merasa mual akibat kadar gula darah tinggi.

5. Konsumsi makanan yang beragam

Di hari lebaran, asupan diet seimbang tetap harus dilakukan. Jadi, konsumsilah makanan yang beragam di hari lebaran. Ahli menyarankan agar Kamu mengonsumsi protein, karbohidrat, buah segar, dan sayuran di hari lebaran.

Buah dan sayuran mengandung mineral yang selama bulan puasa kemungkinan menurun asupannya. Jadi, hari lebaran bisa menjadi kesempatan bagi Kamu untuk memenuhi nutrisi yang kemungkinan kurang selama bulan puasa.

6. Minum air putih cukup

Dehidrasi merupakan salah satu masalah umum di bulan puasa. Jadi, Idul Fitri bisa menjadi waktu yang tepat untuk kembali memenuhi asupan cairan tubuh kita. Jadi, minum air putih termasuk salah satu tips tetap sehat saat lebaran.

7. Konsumsi probiotik

Selama bulan puasa, kadar bakteri baik di dalam usus meningkat. Ini merupakan salah satu manfaat kesehatan dari berpuasa. Jadi, di hari lebaran, ahli merekomendasikan konsumsi probiotik seperti keju dan yogurt, dan makanan yang kaya akan polifenol seperti bawang bombay, buah berry yang berwarna merah. Pasalnya, makanan-makanan tersebut dapat memberikan energi kepada bakteri baik di dalam usus yang kadarnya sedang meningkat ini. (UH)

Baca juga: Tips Makan Sehat untuk Penderita Hipertensi Saat Lebaran

Sumber:

CNN Health. A perfect feast: the healthy way to celebrate Eid. Juni 2018.
Doctor NDTV. Eid 2018: Healthy Ways to Celebrate Eid al-Fitr. 2018.

Comment

News Feed