by

Bisakah Orang Kurus Terkena Diabetes?

Bisakah orang kurus terkena diabetes tipe 2? Penyakit ini umumnya identik dengan obesitas. Jadi, banyak orang kurus yang menganggap dirinya tidak akan terkena diabetes, sehingga terlalu santai dan tidak memerhatikan gaya hidupnya.

Padahal, orang kurus bisa kena diabetes, lho. Orang kurus juga bisa punya kadar gula darah tinggi. Bahkan, 10%-15% penderita diabetes tipe 2 adalah orang dengan berat badan sehat.

Menurut dokter, orang kurus bisa kena diabetes karena mereka tidak memproduksi insulin yang cukup atau tidak memiliki renspon insulin yang baik. Penyebab lain orang kurus bisa kena diabetes karena otot yang mereka miliki kemungkinan banyak mengandung lemak.

Namun, sejauh ini dokter belum tahu pasti apa penyebab orang kurus bisa kena diabetes. Yang baru diketahui hanyalah sejumlah faktor risikonya.

Baca juga: Protein Nabati Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2

Bagaimana Orang Kurus bisa Kena Diabetes?

Gemuk dan kurus tidak bisa dilihat hanya dari penampakan seseorang. Indeks massa tubuh adalah alat yang akurat untuk mengukur apakah Kamu obesitas, normal atau terlalu kurus. Indeks massa tubuh tidak bisa digunakan untuk melihat komposisi tubuh, misalnya komposisi lemak dan otot.

Meskipun Kamu kurus, bisa saja kondisi tubuh tidak terlalu sehat jika Kamu punya penumpukan lemak di bagian perut, meskipun tidak kentara. Lemak di pinggang inilah yang lebih cenderung memproduksi hormon yang tidak baik untuk pembuluh darah. Penumpukan lemak yang ada di perut dan pinggang inilah yang bisa menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Faktor genetik dan gaya hidup sangat memengaruhi bagaimana orang kurus bisa kena diabetes. Kamu memiliki 40% risiko terkena diabetes jika salah satu dari orang tua Kamu memiliki diabetes.

Faktor lain dari bagaimana orang kurus bisa kena diabetes adalah kurangnya asupan nutrisi sebelum lahir ataupun di masa kecil. Menurut data, risiko orang kurus terkena diabetes lebih tinggi pada beberapa ras, termasuk ras Asia.

Faktor laing menyebabkan orang kurus bisa kena diabetes di antaranya:

  • Merokok
  • Suka minum alkohol berlebihan
  • Berjenis kelamin pria
  • Tidak memiliki tidur yang cukup
  • Diet tidak sehat
Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Gula Aren?

Gejala Diabetes pada Orang Kurus

Orang kurus bisa kena diabetes, namun gejalanya sulit dideteksi. Banyak penderita diabetes yang tidak sadar sebelumnya bahwa ia terkena diabetes. Namun, gejala paling umum biasanya adalah lebih sering buang air kecil atau lebih sering merasa haus.

Namun, kalau sekadar gejala itu saja, kemungkinan dokter tidak akan mempertimbangkannya sebagai gejala diabetes, apalagi jika Kamu memiliki berat badan normal. Satu-satunya cara untuk mendeteksinya adalah melakukan skrining kadar gula darah satu kali setahun.

Bagaimana mengelola diabetes pada orang kurus? Penderita diabetes yang obesitas biasanya diberikan obat oral metformin dulu untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, metformin saja biasanya tidak cukup untuk diabetes pada orang kurus.

Dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 2 yang obesitas, orang kurus yang terkena diabetes biasanya membutuhkan suntik insulin, meskipun usianya muda ataupun baru terdiagnosis.

Hal tersebut disebabkan karena, beberapa sel di dalam pankreas yang disebut sel beta mengalami kerusakan fungsi secara dini dan cepat. Hal ini biasanya disebabkan oleh genetik. Namun, faktor gaya hidup seperti merokok dan minum alkohol bisa memperparah kondisinya.

Untuk mencegah diabetes, rutin berolahraga tetap diperlukan, meskipun tubuh Kamu sudah kururs. namun kemungkinan dokter tidak akan menyuruh Kamu untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, mungkin Kamu tidak punya massa otot yang cukup. Kalau melakukan olahraga aerobik berlebihan, Kamu bisa kehilangan lebih banyak massa otot. Ini tidak baik untuk kadar gula darah dan tulang.

Dibandingkan dengan lemak, otot memiliki fungsi kerja yang lebih baik dalam mengeluarkan gula dari dalam darah. Inilah kenapa otot sangat penting. Jadi, beberapa ahli merekomendasikan orang kurus yang terkena diabetes untuk latihan kekuatan ketimbang olahraga kardio, untuk mengontrol kondisinya.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Hati untuk Penderita Diabetes

Sumber:

WebMD. Can You Get Diabetes if You’re Thin?. Oktober 2019.
World Journal of Diabetes. Lean diabetes mellitus: An emerging entity in the era of obesity. Mei 2015.

Comment

News Feed