by

Berbagai Manfaat Ikan Teri, Salah Satunya untuk Kesuburan Pria

Sejak dahulu kala, ikan teri sudah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai macam olahan masakan. Ikan teri mudah didapat dan rasanya lezat. Rupanya, ikan teri mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari membantu kesuburan pria sampai melawan kanker. Nah, penggenar ikan teri, wajib baca penjelasan berikut ini!

Ikan teri itu bukan ikan yang masih kecil Gengs! Ia adalah spesies ikan yang memang ukurannya kecil. Nama latin ikan teri Engraulis spp atau Anchovies dalam bahasa Inggris. Ikan teri merupakan ikan laut yang memiliki lebih dari 20 jenis spesies berbeda.

Karakteristik umum ikan teri adalah berwarna abu-abu dan bermata besar. Mereka hidup berkelompok. Meskipun kebanyakan jenis ikan teri berukuran mini, namun beberapa spesies dari ikan ini dapat tumbuh sampai ukuran 20 cm.

Tidak sulit untuk mendapatkan ikan ini karena jumlahnya berlimpah di lautan. Ikan teri banyak ditemukan di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik hampir sepanjang tahun.

Baca juga: Jangan Dibuang, Banyak Manfaat Tinta Cumi untuk Kesehatan!

Aman Dikonsumsi dan Menyehatkan

Seperti yang kita ketahui di masa modern ini banyak sekali limbah kimia berbahaya terutama merkuri dibuang ke laut sehingga menyebabkan biota laut tercemar. Banyak ikan yang juga tercemar merkuri sehingga berbahaya jika kita konsumsi.

Namun, ternyata Ikan teri aman dikonsumsi bahkan oleh ibu hamil dan termasuk pilihan ikan terbaik menurut FDA (badan POM di Amerika) karena mengandung jumlah merkuri yang sedikit dibanding ikan laut lain.

Selain mengandung Omega 3, manfaat Ikan teri datang dari fakta bahwa selain rendah kalori tinggi dan tinggi protein, ikan teri juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, serta vitamin A, B, dan D.

Baca juga: 10 Makanan Ibu Hamil Muda agar Anak Cerdas

Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

Mengingat kandungan nutrisinya yang lengkap, maka ikan teri memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat ikan teri untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan mata

Orang sering percaya bahwa berkurangnya penglihatan akibat penuaan adalah hal yang tak terhindarkan. Sebenarnya, gaya hidup sehat mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti ikan teri dapat secara signifikan mengurangi risiko masalah kesehatan mata karena kandungan vitamin A dan omega 3 pada ikan teri.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Ikan teri mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang dapat membantu tubuh menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan pertumbuhan tulang.

3. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

Ikan teri memiliki jumlah asam lemak omega-3 yang tinggi, salah satu lemak tak jenuh sehat yang membantu mencegah peradangan dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, ikan ini memiliki jumlah kalsium dan magnesium yang baik, mineral penting yang mengatur tekanan darah dan sirkulasi. Kandungan niasin mereka juga berkontribusi terhadap penurunan kolesterol dan trigliserida.

Baca juga: Sayangi Jantung dengan Perhatikan 8 Hal Ini!

4. Membantu perbaikan jaringan dan sel

Ikan Teri memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 100 gram ikan teri terdapat sekitar 20 gram protein yang dapat dipecah menjadi asam amino dan berguna dalam perbaikan jaringan dan sel.

5. Membantu penurunan berat badan

Seperti yang sudah diketahui ikan teri merupakan ikan tinggi protein. Jumlah protein yang tinggi membantu memicu respon tubuh yang membuat Kamu merasa cepat kenyang sehingga membatasi asupan kalori. Kandungan kalori dalam 100 gram ikan teri pun terbilang sedikit, hanya sebesar 131 kalori.

6. Membantu pertumbuhan janin

Konsumsi omega-3 dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan perkembangan motorik janin. Para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi omega-3 selama 3 bulan terakhir kehamilan dapat meningkatkan perkembangan sensorik, kognitif, dan motorik pada janin.

7. Meningkatkan kesuburan pria

Sebuah studi melaporkan bahwa asam lemak omega-3 diperlukan untuk membuat lengkung yang mengubah sel sperma yang bulat dan belum matang menjadi perenang super berkepala runcing dengan ekor yang ekstra panjang sehingga meningkatkan kemungkinan pembuahan sel telur.

8. Melawan kanker

Istilah makanan melawan kanker mengacu pada makanan yang dapat menurunkan risiko terkena kanker. Sebuah studi menemukan bahwa makanan yang memiliki kandungan omega-3 dan kalsium dapat menurunkan risiko kanker prostat. Penelitian lain menyebutkan konsumsi minyak ikan setidaknya empat kali seminggu menurunkan risiko kanker usus besar hingga 63 persen dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Setelah mengetahui berbagai manfaat ikan teri tersebut, apakah Kamu tertarik untuk mengonsumsinya sebagai menu sahur dan berbuka?

Baca juga: 10 Makanan Penambah Vitalitas Pria

Sumber

FDA. Advice about Eating Fish. For Women Who Are or Might Become Pregnant, Breastfeeding Mothers, and Young Children https://www.fda.gov/food/consumers/advice-about-eating-fish

Torfadottir, J. E., Valdimarsdottir, U. A., Mucci, L. A., Kasperzyk, J. L., Fall, K., Tryggvadottir, L., Steingrimsdottir, L. 2013. Consumption of fish products across the lifespan and prostate cancer risk. PLoSONE, 8(4),e59799 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3629172/

Fish and omega-3 fatty acids. 2016.
http://www.heart.org/HEARTORG/HealthyLiving/HealthyEating/HealthyDietGoals/Fish-and-Omega-3-Fatty-Acids_UCM_303248_Article.jsp#.WWidTtPyvUp

Sekikawa, A., Curb, D., Ueshima, H., El-Saed, A., Kadowaki, T., Abbott, R. D., Kuller, L. H. 2008. Marine-derived n-3 fatty acids and atherosclerosis in Japanese, Japanese Americans, and Whites: a cross-sectional study. Journal of the American College of Cardiology 52(6), 417–424

Comment

News Feed