by

Usung Berbagai Kebijakan, Bupati Muda : Menghindari Kepanikan Masyarakat

KalbarOnline, Kubu Raya – Ada satu konsep penanganan menarik yang diusung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, yakni menjaga masyarakat dari kepanikan. Menurut Muda Mahendrawan, sikap kewaspadaan menyikapi wabah tidak boleh malah memunculkan kepanikan berlebihan. Sebab kepanikan hanya akan mengakibatkan turunnya imunitas atau kekebalan tubuh menghadapi penyakit.

“Kalau orang cemas, otomatis bisa turun imunitasnya dan mudah tertular,” ujarnya di sela penyerahan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 beberapa waktu lalu.

Karena itu, tambah Bupati, berbagai kebijakan diambil Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan tujuan memberikan ketenangan di masyarakat. Selain mendistribusikan masker cuma-cuma untuk seluruh masyarakat Kubu Raya, Pemerintah kabupaten juga menggelar lomba daring bagi para siswa. Yakni lomba azan, baca Quran, dan menulis-membacakan surat untuk Bupati Kubu Raya. Selain dapat membangun pola pikir dan sikap anak, berbagai lomba tersebut juga menjadi cara mencegah anak dari stres.

“Mudah-mudahan ini cukup menyenangkan anak-anak supaya tidak stres. Nah, yang stress ini mudah ketularan. Soalnya wabah ini yang lebih berbahaya itu stres dan kepanikan,” ucap Muda Mahendrawan.

Contoh lain dari upaya meminimalkan kepanikan, jelas Bupati, ditunjukkan tim medis Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Misalnya pada saat melakukan penjemputan orang dalam pemantauan (ODP), tim tidak langsung menggunakan atribut alat pelindung diri (APD) lengkap. Atribut baru dipakai ketika sudah berada di lokasi.

“Nanti sesampainya di lokasi penjemputan, barulah tim berganti baju APD lengkap. Ini supaya tidak menimbulkan kepanikan dari masyarakat. Itu memang strategi yang sudah kita atur,” terang Bupati Muda.

Bupati Muda menilai kengerian hanya akan memunculkan kepanikan dan stres. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya punya cara pandang lain dalam upaya penanganan Covid-19.

“Makanya strategi-strategi kita selalu berusaha dengan cara-cara yang lebih soft dan tidak menimbulkan kepanikan,” tuturnya. (ian)

Comment

News Feed