Sering Merasa Insecure? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Apakah Kamu merasa cemas, ragu, dan kurang percaya diri, Gengs? Perasaan tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar dialami. Namun, jika Kamu terus-menerus merasa cemas, ragu, dan kurang percaya diri terhadap diri sendiri bisa saja itu tanda dari rasa insecure. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi rasa insecure?

Penyebab Rasa Insecure

Ada berbagai faktor yang bisa membuat seseorang merasa insecure, seperti trauma pada masa lalu, merasa gagal, mengalami penolakan, kesepian, cemas, punya pandangan yang negatif tentang diri, perfeksionis, atau bahkan memiliki pasangan dan orang tua yang suka mengkritik. Berikut penyebab rasa insecure menurut Melanie Greenberg, Ph.D, psikolog klinis asal Amerika Serikat!

1. Mengalami Kegagalan atau Penolakan

Kejadian yang kita alami dapat memengaruhi suasana hati dan perasaan kita mengenai diri kita sendiri. Kehilangan pekerjaan, pasangan, memiliki kondisi medis tertentu yang berat, atau mengalami penolakan dapat memengaruhi rasa percaya diri seseorang.

2. Merasa Cemas dengan Kondisi Sosial

Seseorang yang merasa insecure dengan kondisi sosial biasanya akan menghindari situasi sosial karena merasa tidak nyaman. Perasaan cemas ini bisa dipengaruhi oleh pengalaman bullying atau merasa terintimidasi di masa lalu atau bahkan karena orang tua yang terlalu sering mengkritik, menghakimi, hingga menuntut. Dengan begitu, mereka yang insecure ini akan merasa rendah diri.

Baca Juga :  Cara Mempersiapkan Mental Selama Promil

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan Mental

3. Terlalu Perfeksionis

Beberapa dari kita memiliki standar yang tinggi terhadap hal-hal tertentu. Kita mungkin ingin punya nilai yang tinggi di sekolah, punya pekerjaan yang tinggi, rumah idaman, atau pasangan ideal. Namun, apa yang diinginkan terkadang tidak bisa tercapai walau sudah bekerja keras. Terlalu perfeksionis justru akan membuatmu kecewa dan menyalahkan diri sendiri. Dengan demikian, akan muncul perasaan insecure dalam diri.

Cara Mengatasi Rasa Insecure

Setelah mengetahui berbagai penyebab rasa insecure, sekarang saatnya Kamu mengenali berbagai cara untuk mengatasi atau menghadapinya. Berikut cara mengatasi rasa insecure yang bisa Kamu terapkan!

1. Tulis dan Baca Jurnal Harianmu

Saat merasa insecure, Kamu bisa menuliskan perasaanmu dalam jurnal dan jangan lupa tuliskan kata-kata yang positif. Dengan begitu, saat merasa insecure dan membaca jurnal harian kembali, Kamu akan merasa lebih baik. Cobalah tulis kata-kata, seperti “Aku bisa, kok!”, “Keluarga dan sahabatku mencintaiku”, “Aku cinta diriku sendiri”, atau “Setiap orang punya jalan dan caranya sendiri”.

Baca juga: Mengenal Istilah Kesehatan Mental

2. Cari Tahu Kelebihan Diri Sendiri

Tanpa disadari, kita sering kali berfokus pada kekurangan dalam diri. Padahal, hal tersebut justru akan membuat Kamu insecure. Oleh karena itu, cobalah mencari, melihat, dan menuliskan kelebihanmu selama ini. Sewaktu Kamu merasa insecure, Kamu bisa mengingat atau membaca kembali kelebihan yang telah Kamu tulis.

Baca Juga :  7 Cara Mengubah Kebiasaan Makan yang Buruk, Menjadi Lebih Sehat

3. Kelilingi Diri dengan Orang-orang yang Mendukungmu

Setiap orang tentu membutuhkan orang-orang yang dapat mendukung dirinya saat merasa insecure, tidak nyaman, atau tidak percaya diri. Saat merasa insecure, cobalah ceritakan pada orang-orang yang bisa Kamu percaya untuk mendukungmu, seperti sahabat atau bisa juga salah satu anggota keluarga.

4. Konsultasikan dengan Ahli

Tidak ada yang lebih mengenal diri sendiri selain dirimu sendiri. Kalau Kamu merasa insecure terus-menerus dan merasa sudah berlebihan, tidak ada salahnya kok berkonsultasi dengan ahli, seperti psikolog. Ingat Gengs, kesehatan mentalmu juga penting. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli, ya!

Baca juga: Terobsesi Upload Selfie, Benarkah Gangguan Mental?

Itulah penyebab dan cara mengatasi rasa insecure. Semoga cara-cara di atas bisa Kamu terapkan ya Gengs!

Referensi

Psychology Today. 2015. The Most Common Causes of Insecurity and How to Beat Them.

Healthline. 2019. How to Stop Being Insecure and Build Self-Esteem.

Comment