Mengenal Lebih Dalam Honda BR-V Prestige Sebelum Memboyong ke Rumah

KalbarOnline.com –  Di lini barisan mobil Honda salah satu jagoan di segmen Low SUV adalah BR-V. Mobil yang mengambil basis dari Mobilio ini sengaja dirancang berbeda dimana dibekali dengan beberapa spesifikasi tangguh dikelasnya.

Mobil yang bermain disegmen segmen LSUV ini berbagi basis dengan Mobilio, tapi lebih mampu melintasi bermacam jalur. Disuguhkan dalam tiga varian, Prestige menjadi opsi termahal. Dibanderol dengan harga Rp 291,3 juta (OTR DKI Jakarta). Sebagai varian termahal tentunya, ia mendapat sejumlah kelengkapan.

Sebagai informasi kalau BR-V terakhir mendapatkan penyegaran pada 2019, dimana banyak diberikan sentuhan aksen krom  di berbagai area.  Sedangkan palang hitam besar menempel di gril yang dipadukan dua garis kromium langsung di bawahnya.

Meskipun mobil ini masih menggunakan headlamp proyektor yang masih pakai bohlam standar namun sudah dibekali daytime running light (DRL) LED. Pada varian Prestige, bumper bawah dengan gaya sporty dilengkapi under spoiler silver yang melintang sepanjang lebar mobil.

Adanya side under spoiler menyempurnakan pelek 16 inci two-tone, bermotif tegas dengan bagian terang dominan. Warna gagang krom di pintu depan dan belakang. Sementara spion terintegrasi dengan sein yang bisa dilipat dan cerminnya dapat diatur secara elektrik.

Nuansa SUV  terbangun dengan adanya roofrail perak di atap. Pada bagian belakang rear under spoiler yang juga selebar mobil menciptakan aura kaku, menemani ujung knalpot yang dilapisi finisher krom.

Sedangkan desain bumper atraktif dengan reflektor vertikal yang dibungkus siluet melengkung di tepian. Tailgate terpasang spoiler bongsor dan tebal, yang bertengger di atas bersama antena radio bentuk sirip hiu.

Baca Juga :  Cetus, Kode Smartphone Lipat Xiaomi Yang Sedang Dikerjakan

Honda BR-V hadir dengan beberapa pilihan warna diantaranya Tafetta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic dan Crystal Black Pearl. Adapun dua warna tambahan yang membedakan,yaitu Coffee Cherry Red Metallic dan Premium Amber Metallic.

Desain Interior

Masuk dalam kabin tersaji interior serba hitam, ini makin atraktif dengan sedikit sentuhan merah gelap pada armrest pintu, corak garis di semua jok dan pola jahitan. Desain dasbornya modern serta beragam fitur yang disematkan.

Menggunaka  setir palang tiga CIVIC FD1 yang dibalut kulit, dengan tengah bulat menonjol dan dikombinasikan aksen perak. Dibalik kemudi terdapat panel instrumen perpaduan analog dan digital.

Pada area tengah terpajang head unit layar sentuh 8 inci yang bisa dihubungkan ke smartphone, baik menggunakan bluetooth atau kabel USB. Pengaturan juga bisa dilakukan lewat tombol di kemudi. Sementara output suara disebar ke speaker yang ditempatkan di depan sampai belakang.

Masih ditambah dua tweeter yang terbenam di pilar A. Kemudian di bawah head unit, ada pengontrol AC berupa tombol dan layar digital. Fitur ini sudah termasuk fungsi auto dan double blower.

Ragam Fitur

Varian Prestige lebih canggih dengan menggunakan Smart Entry System untuk mengakses mobil. Jadi Anda tak perlu anak kunci konvensional untuk membuka atau mengunci pintu. Tentunya ini dipadu fitur One Push Ignition System berupa tombol untuk menyalakan-mematikan mesin.

Faktor keselamatan dan keamanan seluruh penumpang, maupun orang sekitar bagi BR-V terjaga. Struktur tubuhnya ditopang G-CON dan ACE, serta side impact beam. Dampak dari tabrakan bisa diminimalisir dengan baik. Ini masih ditopang dual SRS airbags di baris depan. Dilengkapi juga dengan sabuk pengaman yang menganut pretensioner dan load limiter, sehingga mengurangi potensi cedera serius akibat tertekan seatbelt.

Baca Juga :  Ini Dia, Flagship Terbaru Xiaomi Mi 10 Ultra

Pengendaliannya dipastikan stabil karena didukung Vehicle Stability Assist (VSA). Risiko understeer dan oversteer dapat terkendali. Selanjutnya, guna mempermudah melewati tanjakan yang padat kendaraan, pengemudi bisa memanfaatkan Hill Start Assist (HSA). Sistem pengereman juga mantap, karena dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Terakhir kamera belakang menjaga keamanan dan keselamatan serta fitur immobilizer dan alarm.

Dapurpacu

Honda BR-V dibekali dengan mesin L15Z1 yang sama dengan Mobilio. Konfigurasinya SOHC 4 silinder berkubikasi 1.5 liter plus teknologi katup i-VTEC. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 PS di putaran 6.600 rpm.

Torsi tertinggi 145 Nm yang keluar di 4.600 rpm. Distribusi energi ke roda depan memercayakan transmisi CVT untuk Prestige tanpa pilihan manual. Jelas pengalaman berkendara yang lebih nyaman, karena CVT tak terasa jeda pergantian gigi seperti jenis konvensional.

Rasa berkendara BR-V dimaksimalkan agar tetap nyaman melewati medan semi off-road. Konfigurasinya sama seperti Mobilio, MacPherson Strut untuk roda depan dan H-Shape Torsion Beam di belakang. Setelannya dibuat lumayan keras, ini untuk mengantisipasi gejala limbung.

Sedangkan sistem pengereman mengandalkan cakram berventilasi di depan dan tromol di buritan. Sudah cukup untuk menghela putaran roda berbalut ban 195/60 di tiap sisi. Setelah membaca uraian di atas serasa belum lengkap bila Anda ingin membeli tanpa melakukan test drive lebih dulu untuk mengeksplorasi lebih dalam.

Comment