by

Tangani Covid-19, Bupati Muda Susun Pengalihan Anggaran Serta Libatkan CSR

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan mengikuti arahan dari Presiden Jokowi yakni mengalihkan sejumlah anggaran untuk pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 atau virus corona.

“Untuk memangkas dan mengalihkan anggaran untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 ini, kita tidak perlu gegabah. Harus tepat sasaran dan tepat waktu,” kata Muda Mahendrawan, usai mengikuti Musyawarah Perencanaaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2020 melalui video konferensi, Kamis (30/4/2020).

Untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, Muda menegaskan akan memangkas dan mengalihkan peruntukan sejumlah anggaran dengan tepat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga memaksimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang ada di Kubu Raya.

“Kita bekerja sama dengan banyak pihak. Perusahaan-perusahaan juga kita minta untuk melakukan rapid test di lingkungan masing-masing, atau memberikan bantuan berupa peralatan. termasuk kita sendiri dan juga lembaga-lembaga lainnya,” terang Bupati Muda.

Sedangkan program social safety net atau jaring pengaman sosial, jelas Muda, dilakukan dengan pengklasteran dari kelompok masyarakat. Khususnya kepada orang-orang yang terdampak langsung.

“Seperti juru parkir, kuli pelabuhan, penambang sampan, supir oplet, ojek tradisional dan sebagainya,” imbuhnya.

Di saat pembagian berbagai jenis bansos untuk masyarakat yang terdampak secara ekonomi, Muda mengajak sekaligus memperbaiki data masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Saya berpesan kepada semua Kepala desa serta RT, saat ini adalah peluang terbaik untuk memperbaiki data. Apabila ada data by name by adrees yang tidak cocok kita bisa langsung mengusulkan perubahan ke Dinas sosial dengan berbasis NIK,” jelas Bupati Muda Mahendrawan. (ian)

Comment

News Feed