by

Review MSI Alpha 15: Arsitektur 7nm untuk Gaming, Editing & Rendering

KalbarOnline.com – Laptop gaming terus berevolusi. Kali ini, MSI menggandeng AMD untuk menghadirkan laptop gaming pertama yang menggunakan arsitektur 7nm. Yakni, MSI Alpha 15 yang dipersenjatai dengan Prosesor AMD Ryzen 3750H dan Kartu Grafis Radeon RX 5500M.

Kombinasi antara prosesor AMD Ryzen dan Radeon seri RX memang memberikan jaminan bahwa laptop ini cukup baik menjadi teman bermain game. Di atas kertas, berbagai game mainstream bisa dimainkan dengan baik oleh laptop ini dan hemat daya.

Untuk informasi, AMD Ryzen 7 3750H memiliki jumlah 4 Core dan 8 thread. Rating TDP 35W yang dijanjikan mampu memberikan performa lebih untuk beban ekstra. Sedangkan Radeon RX 5500M, adalah kartu grafis pertama di dunia untuk platform mobile yang menggunakan Arsitektur 7nm.

Dengan arsitektur 7nm, dipastikan efisiensi daya yang lebih baik tanpa mengorbankan kinerja. Apalagi, Radeon RX 5500M sudah menggunakan teknologi GDDR6 yang bisa memberikan bandwidth lebih optimal. Muaranya, gaming jadi lebih lancar.  Seperti apa detilnya?

Desain

Seperti laptop gaming pada umumnya, MSI Aplha 15 juga menghadirkan desain yang gahar meski sederhana. Dibalut warna hitam dengan beberapa aksen merah. Dilengkapi dengan logo kepala burung dan sayapnya yang mencolok dengan warna hijau.

Sesuai dengan angka 15 yang melekat pada nama laptop, itu menunjukkan lebar layar. Yakno, 15,6 inch IPS Full HD. Dilengkapi dengan keyboard yang memiliki backlight. Menariknya, backlight tidak hanya menawarkan satu warna. Lantaran RGB, maka backlight keyboard MSI Alpha 15 bisa diatur sedemikian rupa.

MSI Alpha 15 punya port HDMI, USB type C, dan USB 3.2

Untuk mendukung keasyikan bermain game atua multimedia, MSI Alpha 15 dilepngkapi dengan speaker khusus. Klaimnya, suara yang dihasilkan 5x lebih besar dari suara keras biasanya. Rahasianya, terdapat pada 2 speaker yang memiliki kekuatan 2 watt.

Di sisi kiri laptop, MSI memberikan port yang cukup lengkap untuk laptop gaming kekinian. Ada dua jack audio untuk mic dan headphone. Lalu, ada RJ45, HDMI, Mini Display Port, satu USB Type C, dan satu USB 3.2 Gen1. Sedangkan di sisi kanan, ada colokan power, dua USB 3.2 Gen1, dan SD Card Reader.

Performa

Untuk mendukung kinerja AMD Ryzen 3750H dan Kartu Grafis Radeon RX 5500M, MSI Alpha 15 melengkapi diri dengan RAM 8 Gb. Kalau kurang puas, website MSI menyebut jika RAP laptop ini bisa diupgrade hingga 64 Gb. Untuk memastikan kecepatan laptop ini makin kencang, menggunakan penyimpanan NVME. M.2 SSD 512Gb.

NVME M.2 yang lebih cepat dari SSD konvensional, kinerja laoding jauh lebih cepat. MSI Alpha 15 datang dengan pre-installed Windows 10 Home. MSI memastikan laptopnya layak untuk bermain game termasuk esports karena layarnya memiliki refresh rate hingga 144Hz. Plus AMD FreeSync, AMD FidelityFX, dan Radeon Anti-Lag.

Bagaimana bisa laptop ini memberikan kualitas bermain game yang lebih baik? Kuncinya ada pada prosesor dan kartu grafis. Seperti diketahui, prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen 7 3750H yang integrated dengan Radeon RX Vega 10.

Sedangkan kartu grafis diskritnya, menggunakan Radeon RX 5500M yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm pertama di dunia. Klaimnya, teknologi ini bisa dimana memberikan performa dan efisiensi daya yang optimal untuk gaming, editing dan rendering.

Perpaduan kinerja antara prosesor Ryzen 7 3750H, Radeon RX 5500M serta AMD FreeSync, membuat bermain game jadi lebih lancar. Apalagi, sasaran dari pengguna laptop ini adalah gamers yang suka bermain game dengan resolusi Full HD.

Saat dicoba dengan Cinebench R15, MSI Alpha 15 berhasil mendapatkan skor 786 point. Sedangkan saat diuji PC Mark 10, mendapat skor 4414 point. Skor setinggi ini, sudah cukup untuk menjalankan program program berat seperti Adobe Photoshop CC ataupun Adobe Premier dengan lancar.

Saat diuji dengan real apps blender 2.80, merender gambar 3D bisa diselesaikan dengan waktu 8 menit 20 detik.

Untuk urusan gaming, 3DMark memberikan angka yang bagus. Firestrike bisa dilewati dengan skor yang tergolong tinggi untuk kartu grafis mobile. Yakni, 12.361. Jika dibandingkan dengan Nvidia GTX 1650, skor Radeon RX 5500M masih lebih tinggi.

Ketika menjalankan berbagai game populer seperti Battlefield V, Shadow of the Tomb Raider, Ghost Reacon, ataupun Borderland, skor yang didapat saat bermain dalam resolusi Full HD dan kualitas tinggi, mampu mendapatkan nilai di atas 60 FPS.

Angka yang lebih tinggi didapat ketika memainkan beberapa game esport mainstream. Seperti PUBG, Fortnite, Dota2, bahkan CS GO. Nilai yang tercatat, mampu mendapatkan di atas 90 FPS.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru