by

Tampilan Toyota Hilux Black Bison Edition Tak Seperti Biasa

KalbarOnline.com –  Salah satu tuner asal Jepang Wald International merombak Hilux yang merubah tampilannya lebih “sangar” sebagai mobil off road. Bisa dibilang hal ini salah satu penyebab munculnya paket Sports Line Black Bison Edition Toyota Hilux.

Tampilannya sangat garang sebagai penguasa mobil off road dengan ciri khas Wald yang sangat kental. Bukan hanya itu balutan warna hitam yang menyelimuti seluruh bodi memancarkan sisi kemewahan.

Seperti halnya fokus Wald yang biasa merombak mobil-mobil premium. Bila Toyota akan menjadikan mobil ini sebagai versi hardcore Hilux, pastinya akan menciutkan nyali Ford Ranger Raptor.

Perubahan utama Wald dalam Black Bison Edition adalah dengan dipasangkannya body kit agresif dengan penambahan fender membuat postur menjadi sekit lebih lebar 2,16 inci. Sedangkan pada bumper diberikan airdam besar mempunyai kesan seperti wajah marah.

Belum lagi ditambahkannya air scoop besar sebagai asupan udara bagi mesin bertenaga besar. Pada atap bertengger LED bar dan roof spoiler. Tidak tampak lagi kosmetik kromium, kecuali hanya skid plate depan dan tailgate spoiler di ujung bak.

Pada sektor kaki tentu harus mengikuti ubahan bodi yang dibuat lebih jenjang lewat tambahan lifter, namun tidak diketahui pasti peningkatannya. Disediakan dua ukuran roda untuk disesuaikan dengan fender, bila menggunakan fender standar lebih cocok menggunakan velg custom Jarret 1PC 20-inci berkelir Bronze.

Pastinya akan terlihat lebih gahar bila fender diperlebar, sehingga ruang roda ekstrabesar bisa menggunakan velg 22-inci beserta ban pacul masif. Terkait kapabilitas melibat medan off-road otomatis bertambah. Pada bagian tepat di bawah pijakan kaki terpasang 3 lubang knalpot yang seolah menggambarkan performa super.

Pada bagian tepat di bawah pijakan kaki terpasang 3 lubang knalpot yang seolah menggambarkan performa super. (Jepang Wald International)

Akan tetapi sangat disayangkan tak ada ada foto interior, namun semestinya mendapat sentuhan yang lebih mewah juga. Wald International juga belum merilis informasi, apakah ada tuning untuk mesin di balik bonnet Hilux. Kemungkinan besar tak disentuh, seperti kebiasaan Wald yang konsentrasi pada penampilan saja.

Intinyanya ada dua pilihan mesin yang dimungkinkan terpasang pada di Hilux ini. Sebagai info, di Jepang Hilux mengandalkan mesin 1GD-FTV 2.8-liter turbodiesel dengan torehan tenaga 175 hp dan torsi 450 Nm. Ini sedikit berbeda dengan Hilux yang dijual di Indonesia, ditenagai 2GD-FTV 2.4-liter turbodiesel berdaya 148 hp dan torsi maksimum 408 Nm.

Harus diakui kalau urusan tenaga Hilux tak sama dengan Ranger Raptor, standarnya saja menghasilkan 210 hp dan 500 Nm dari jantung 2.0 -liter twin-turbodiesel. Kemampuannya adalah melahap 0-100 km/jam dalam 105 detik dan kecepatan max di angka 106 km/jam. Namun bila bicara mesin sebenarnya Hilux masih berpotensi bisa ditingkatkan tenagannya.

Comment

News Feed