by

Ranking Dunia Beku, Turnamen Batal, Tapi Format Baru Belum Menentu

KalbarOnline.com – Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menetapkan periode kualifikasi Olimpiade Tokyo berlangsung hingga 29 Juni 2021. Keputusan itu diambil setelah banyaknya penundaan hingga pembatalan babak kualifikasi berbagai cabang olahraga karena pandemi virus korona.

Olimpiade Tokyo telah dijadwalkan ulang untuk bergulir pada 23 Juli-8 Agustus 2021. Itu mundur dari jadwal sebelumnya yakni pada 24 Juli-9 Agustus 2020.

IOC juga memberi kebebasan bagi setiap federasi internasional cabor untuk menentukan format lanjutan kualifikasi, selama tidak melampaui tenggat yang telah ditetapkan.

“Menyusul penundaan Olimpiade Tokyo, periode kualifikasi diperpanjang hingga batas waktu yang telah ditentukan, yakni pada 29 Juni 2021,” demikian pernyataan IOC seperti dilansir Reuters.

Selain itu, IOC juga telah menetapkan batas waktu federasi internasional untuk menyetor daftar kontestan yang akan berlaga pada Olimpiade 2020 maksimal pada 5 Juli 2021. IOC sebelumnya juga menegaskan bahwa para atlet yang telah memastikan lolos tetap mendapat tempat di Olimpiade Tokyo 2020.

Sistem kualifikasi akan diselesaikan secepat mungkin untuk memberikan kepastian kepada para atlet dan Komite Olimpiade Nasional (NOC). “Kami paham, tak mungkin untuk memasukkan rincian tanggal maupun lokasi secara lengkap saat ini. Sebab, pandemi Covid-19 berdampak pada proses kualifikasi,” katanya.

Tercatat, sudah ada sekitar 57 persen dari total 11 ribu atlet yang lolos ke Olimpiade Tokyo. Sementara kurang lebih 5.000 kuota tersisa akan dialokasikan dan diperebutkan melalui turnamen kualifikasi lanjutan yang digelar oleh masing-masing Federasi Internasional.

Sementara itu, federasi bulu tangkis dunia atau BWF masih belum menentukan bagaimana format kualifikasi Olimpiade. Pada 17 Maret lalu, ranking dunia baik senior dan junior telah dibekukan.

Ranking dunia itu akan kembali dicairkan jika kejuaraan kembali berlangsung. Yang pasti, sampai tengah Juli mendatang, tidak ada turnamen bulu tangkis internasional. BWF membatalkan karena pandemi Covid-19 belum ada tanda-tanda berakhir.

Turnamen besar yang terdampak adalah Indonesia Open Super 1000. Ajang itu harusnya berlangsung pada 16 sampai 21 Juni 2020.

Comment

News Feed