by

PABBSI: Kalau Sekarang (Olimpiade), 1 Emas dan 1 Perunggu di Tangan

KalbarOnline.com – Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR, Wakil Ketua Umum PB PABBSI Djoko Pramono berharap program pelatnas tetap berjalan meski Olimpiade 2020 dan kejuaraan dunia lainnya ditangguhkan akibat pandemi korona baru.

Djoko memaparkan, ada beberapa kesulitan yang dialami PB PABBSI dalam menjalankan pelatnas. Seperti atlet merasa bosan akibat berkurangnya kegiatan mereka.

“Atlet sudah kebosanan, padahal kejuaraan-kejuaraan untuk menentukan kuota Olimpiade sebetulnya belum selesai. Masih ada tiga yang ditunda atau dibatalkan, sehingga kami mohon agar pelatnas agar bisa dipertahankan sambil menunggu kualifikasi yang masih mungkin dilaksanakan tahun ini,” kata Djoko dalam teleconference dengan DPR.

PB PABBSI optimistis bisa menghadapi Olimpiade dengan baik berbekal tiga atlet yang dipastikan lolos ke ajang olahraga terbesar di dunia itu.

Ketiga atlet tersebut yaitu Eko Yuli Irawan, Windy Cantika Aisah, serta Nurul Akmal.

PB PABBSI memperkirakan, jika Olimpiade ditunda dan pelatnas tetap berjalan, maka para atlet lebih punya banyak waktu berlatih sehingga potensi perolehan target medali pun bisa meningkat.

“Kalau sekarang (Olimpiade) pasti satu emas dan satu perunggu di tangan. Tapi kalau ditunda ke 2021, Insyaallah Eko bisa lebih meyakinkan merebut emas, Cantika yang sekarang justru ditargetkan perunggu bisa emas,” jelasnya.

Sementara Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan, menyebut persiapan timnas angkat besi jelang Olimpiade Tokyo sudah mencapai 95 persen. Eko menilai, karena persiapan sudah 95 persen, pelatnas jangan sampai berhenti agar tahun depan bisa mencapai 100 persen.

“Dengan mundurnya Olimpiade, menjadi keuntungan buat kami. Karena waktu persiapan lebih panjang,” ucapnya.

Pernyataan ini dikemukakan Eko Yuli karena sempat muncul wacana dari Kemenpora untuk menghentikan sementara pelatnas, terkait pandemi korona.

“Latihan angkat besi jalan terus karena jika dihentikan sementara (dua minggu, Res), berarti kami harus mengulang materi latihan bisa sampai 3 bulan ke depan,” terangnya.

Comment

News Feed