by

Mobil Usia 5 Tahun Lakukan Perawatan Suspensi Seperti Ini

KalbarOnline.com – Harus diketahui kalau mobil yang berusia 5 tahun atau lebih, perlu dilakukan pengecekan suspensi (kaki-kaki) mobil agar mobil tetap nyaman dikendarai. Pastinya daya jelajah mobil yang sudah melewati usia 5 tahun rata-rata tergolong tinggi. Artinya pada komponen suspensi perlu dilakukan pengecekan sekaligus pergantian jika ditemukan komponen yang lemah atau rusak.

Meskipun begitu hal tersebut tidak menjadi acuan agar komponen pada suspensi dilakukan penggantian setelah pengecekan. Pada beberapa kasus, terdapat komponen yang masih layak dan aman untuk digunakan walaupun usia mobil sudah cukup tua. Hal itu tergantung dari perawatan dan penggunaan mobil sebelumnya.

Pada sisi penggunaan mobil yang mempengaruhi kondisi suspensi adalah beban yang sering diangkut, jalan yang sering dilalui dan riwayat terjadinya tabrakan. Jika penggunaannya masih dalam kategori normal, suspensi tidak akan mengalami kerusakan yang berat.

Bila dalam pemakaian sering membawa beban berat serta jalan yang dilalui berbatuan atau tidak rata, tentu kondisi suspensi akan lebih cepat rusak. Hal tersebut dapat menyebabkan penggantian bagian kaki-kaki walaupun usia mobil belum mencapai 5 tahun.

Perawatan mobil khususnya bagian suspensi juga sangat mempengaruhi kondisi akhir. Karena jika terdapat kerusakan namun tidak secepatnya diperbaiki, maka maka dapat menimbulkan kerusakan pada komponen lain.

Kerusakan pada sistem suspensi mempunyai efek secara langsung yang dapat dirasakan oleh penumpangnya saat kendaraan sedang berjalan. Suspensi yang rusak menyebabkan kemampuan untuk meredam kejutan menjadi sangat minim sehingga kenyamanan penumpang akan berkurang.

Bila terjadi kerusakan pada suspensi dapat menimbulkan bunyi di bagian bawah mobil, terutama saat melewati jalan yang tidak rata. Kemampuan untuk handling steer juga menurun seperti saat kondisi kecepatan tinggi, steer akan terasa melayang. Lalu saat melewati jalan tidak rata lingkar kemudi sulit dikendalikan dan tidak dapat lurus di jalan yang rata.

Kalau menemukan gejala tersebut pada kendaraan Anda maka segeralah membawanya ke bengkel untuk melakukan pengecekan komponen kaki-kakinya. Komponen suspensi yang diganti pada mobil berusia 5 tahun akan berbeda-beda, ini tergantung dari keluhan yang dialami. Jika keluhannya berupa bunyi saat melewati jalan tidak rata kemungkinan besar terdapat kerusakan pada shock absorber, karet support shock absorber, ball joint dan karet bushing arm & stabilizer.

Kerusakan pada karet bushing ini juga menyebabkan kendaraan tidak dapat berjalan lurus pada saat melaju di jalan yang lurus. Pada keluhan steer melayang dapat disebabkan karena tie rod, long tie rod yang sudah kendor atau oblak.

Bila setelah dilakukan perbaikan pada komponen kaki-kaki yang rusak, jangan lupa untuk melakukan pengecekan bearing pada tiap roda dan selanjutnya lakukan penyetelan untuk keselarasan kaki-kaki dengan cara di spooring. Nah, ini sangat penting diketahui karena sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan Anda saat berkendara.

Comment

News Feed