by

Kehidupan Bersama

Oleh : Itji Diana Daud

“Barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”
QS. Al Maidah 32. Tawaf TV.

Pada tanggal 3 April 2020, Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian (Mentan), telah melakukan kerja sama dengan rintisan Gojek dalam penyaluran bahan pangan untuk masyarakat.

Tidak perlu keluar rumah! Setiap keluarga di Jakarta bisa memesan 11 komoditas pangan secara on line di toko tani atau mitra tani dan gojek siap mengantar. Gojek ini akan mengantar ke rumah pemesan secara gratis selama pandemic. Kementan yang akan membayar Gojek. Bahan pangan tersebut adalah daging ayam, daging sapi, telur, jagung, bawang, cabe, gula, beras , minyak goreng, sayuran dan terigu .

Mentan mengemukakan bahwa ketersediaan produk pangan dasar di 34 provinsi cukup sampai 3 bulan yang akan datang.
Setiap keluarga tidak perlu panic membeli, dianjurkan membeli sesuai kebutuhan. Mentan juga sudah menghimbau pengusaha produk tani atau pedagang agar tidak mengambil keuntungan dalam situasi pandemic ini. Mentan dan jajarannya focus menjaga kestabilan harga terutama pada bulan ramadhan. Harga 11 bahan pokok tersebut tidak akan naik. Dan yang menarik boleh pesan via gojek pada toko tani yang ada di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi.

Pemenuhan kebutuhan pangan telah terpenuhi dengan mudah, semua hanya melalui HandPhone. Kita tidak usah ke pasar atau mall atau toko untuk belanja

dirumahsaja ! Jangan keluar, jangan tertular dan jangan nularin.

Bukan kah QS Maidah 32, mengatakan jika kita jaga hidup orang lain maka kita seakan menjaga hidup manusia seluruhnya ?
Mentan telah membuat kebijakan pemenuhan pangan bagi keluarga dengan cara tinggal di rumah saja.

Dengan tinggal di rumah kita putuskan rantai penyebaran virus Covid-19, dan itu cukup bagi kita untuk mendapatkan amal.

Tetapi kenyataan tidak semua orang bisa tinggal di rumah, ada yang keluar karena memang wajib kerja. Disinilah perlu pakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain 1 sampai 2 meter.
Kalau pemerintah benar – benar mengharuskan masyarakat di rumah tanpa kecuali , maka pemerintah sudah mempertimbangkan keputusannya. Jadi mari kita ikuti saja demi kebaikan bersama . Pemerintah sudah berbuat terbaik untuk rakyatnya, seperti yang dilakukan oleh Mentan dan jajarannya. (*)

Comment

News Feed